Sukses

12 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Cegah Mual sampai Bantu Pertumbuhan Janin

Liputan6.com, Jakarta Semangka adalah buah yang memiliki cita rasa yang unik dan sangat berair. Buah ini tentu sangat cocok untuk dinikmati di siang hari yang panas. Namun siapa yang menyangka jika buah ini tidak hanya nikmat tapi juga kaya manfaat, antara lain adalah manfaat semangka untuk ibu hamil.

Dikutip dari Healthline, manfaat semangka untuk ibu hamil bahkan sudah dibuktikan berdasarkan penelitian ilmiah. Manfaat semangka untuk ibu hamil tentu saja tidak lepas dari kandungan nutrisinya.

Semangka mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Semangka juga terdiri dari sekitar 91% air, yang membuatnya menjadi buah yang sangat menghidrasi.

Semangka juga kaya akan lutein dan lycopene, dua antioksidan yang membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan dan penyakit. Misalnya, antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan mata, otak, dan jantung, serta berpotensi memberikan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan spesifik ini juga dapat membantu menurunkan risiko kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan lainnya. lalu apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil? Berikut ulasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

1. Mengurangi Risiko Preeklampsia

Salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah mengurangi preeklampsia. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, peningkatan pembengkakan, dan hilangnya protein dalam urin. Ini adalah kondisi serius dan penyebab utama kelahiran prematur.

Berdasarkan temuan bahwa suplementasi likopen dapat mengurangi risiko preeklampsia. Sementara itu, semangka kaya likopen yang dapat mengurangi risiko preeklampsia selama kehamilan.

2. Mencegah Dehidrasi, Wasir dan Sembelit

Manfaat semangka untuk ibu hamil antara lain adalah dapat mencegah dehidrasi. Sebab, selama kehamilan kebutuhan cairan harian seorang wanita meningkat untuk membantu mendukung sirkulasi darah yang optimal, tingkat cairan ketuban, dan volume darah yang lebih tinggi secara keseluruhan. Pada saat yang sama, pencernaan cenderung melambat.

Kombinasi dari kedua perubahan ini dapat meningkatkan risiko hidrasi yang buruk pada seorang wanita. Pada gilirannya, ini meningkatkan risiko sembelit atau wasir selama kehamilan. Hidrasi yang kurang optimal selama kehamilan juga dapat dikaitkan dengan pertumbuhan janin yang buruk, serta risiko kelahiran prematur dan cacat lahir yang lebih tinggi.

Kandungan air semangka yang kaya dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan lebih baik, yang dapat mengurangi risiko sembelit, wasir, dan komplikasi kehamilan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

3. Mengurangi Rasa Mual

Selama masa kehamilan, wanita sering mengalami masalah dengan rasa mual. Manfaat semangka untuk ibu hamil adalah sifatnya yang cukup ramah dengan perut. Semangka memiliki sifat mendinginkan yang membantu meringankan masalah ini, memberikan kelegaan instan.

4. Mencegah Edema

Edema atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan, sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka dengan kandungan airnya yang tinggi mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot sehingga membantu mencegah edema.

5. Mengurangi Morning Sickness

Rasa mual di pagi hari adalah kondisi yang umum dirasakan oleh para ibu hamil. Namun Anda tidak perlu khawatir karena manfaat semangka untuk ibu hamil salah satunya dapat menghilangkan gejala tersebut. Semangka yang dikonsumsi di pagi hari akan dapat mengurangi rasa mual. Ini karena semangka merupakan buah segar dan cukup ringan untuk dikonsumsi sebagai sarapan.

Semangka juga mengandung nutrisi dan energi yang mencegah terjadinya mual di pagi hari. Sebaiknya ibu hamil memulai hari dengan segelas jus semangka segar.

4 dari 5 halaman

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

6. Mencegah Kram

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami banyak perubahan. Berat ekstra dan hormon menyebabkan otot dan tulang terasa sakit, serta mengalami kram. Mengkonsumsi semangka dalam bentuk apa pun membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik dan meredakan kram otot.

7. Mencegah Pigmentasi

Salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah mencegah pigmentasi. Banyak wanita hamil menderita kulit berpigmen. Masalah yang menjengkelkan ini bisa menghilangkan kegembiraan selama kehamilan.

Semangka menjaga pergerakan usus halus dan memperlancar pencernaan makanan. Ini, pada gilirannya, mempengaruhi tekstur kulit untuk selamanya. Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh diminimalkan dengan pembersihan tubuh secara teratur.

8. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat ibu hamil, ibu harus berupaya untuk menjaga kesehatan untuk dua jiwa, maka tidak mengherankan jika daya tahan tubuh kadang menurun. Setiap penurunan kesehatan dapat secara langsung memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda yang belum lahir. Jangan khawatir! Makan semangka secara teratur dapat membantu memperkuat kekebalan Anda.

Buah ini mengandung likopen, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna merahnya, yang membantu mengurangi kemungkinan preeklampsia hingga 50 persen. Ini juga memainkan peran penting dalam membangun kekebalan Anda yang mungkin menurun selama kehamilan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

9. Meredakan Ruam

Kehamilan juga membuka jalan bagi lebih banyak panas tubuh, mengakibatkan biang keringat yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Manfaat semangka untuk ibu hamil adalah mengatasi masalah ini. Dengan daya hidrasi dan sifat pendinginannya yang tinggi, semangka adalah solusi yang sangat baik untuk ruam ini.

10. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Manfaat semangka untuk ibu hamil antara lain adalah dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih. Pada tahap awal kehamilan, banyak wanita mengeluhkan infeksi saluran kemih (ISK). Ini adalah masalah umum namun menjengkelkan yang berlipat ganda dengan ketidakmampuan kita untuk menjalani pengobatan yang tepat selama kehamilan.

Berikut adalah formula alami yang telah dicoba dan diuji untuk mengakhiri gangguan ini. Semangka! Buah berair ini sangat cocok karena kandungan airnya yang tinggi dan sifat antibakterinya. Dengan cara ini semangka membantu mengeluarkan bakteri stagnan dari saluran kemih, membebaskan Anda dari buang air kecil yang terus-menerus dan menyakitkan.

11. Menyehatkan Mata

Salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah menyehatkan mata. Semangka mengandung beta-karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A, dalam jumlah yang melimpah. Dengan cara ini membantu mengais radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel.

Vitamin A juga terkait dengan penglihatan yang sehat, karena membantu melindungi lapisan luar mata (kornea). Ini juga memfasilitasi transmisi saraf optik yang sehat.

12. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Manfaat semangka untuk ibu hamil antara lain adalah mendukung pertumbuhan tulang janin. Ini Karena semangka mengandung kalsium dan potasium, mineral yang secara langsung terkait dengan perkembangan tulang bayi yang belum lahir.

Jadi jangan lupa untuk menyertakan dosis harian semangka untuk ibu hamil!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS