Sukses

15 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat yang Mudah dan Aman Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang alami sebenarnya mudah dilakukan. Mulai dari mengoleskan madu, lidah buaya, mengompres dengan es, memperbaiki pola makan, dan rajin berolahraga.

Lubang bekas jerawat umumnya terbentuk karena kesalahan dalam perawatan kulit wajah berjerawat, seperti memencet dan lainnya. Lubang bekas jerawat disebut pula sebagai jaringan parut, yang terbentuk dari proses penyembuhan luka.

Pada penelitian terbitan Dermatology Research and Practice, dijelaskan bekas luka atropik seperti lubang, bopeng, cekung, dan membulat lebih sering muncul pada jerawat yang sudah sembuh. Ini masalah kulit yang sebenarnya cukup serius.

Beberapa perawatan rumahan memang baik dicoba, tetapi hasilnya akan kurang maksimal jika lubang bekas jerawatnya parah. Mayo Clinic merekomendasikan cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman dengan perawatan filler hingga botox.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, Senin (14/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat yang Mudah dan Aman Dilakukan

1. Mengoleskan Madu

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, bisa dengan mengoleskan madu. National Center for Biotechnology Information (NCBI), menyebut madu dapat mempercepat penyembuhan luka, mengurangi potensi jaringan parut seperti lubang bekas jerawat.

Ini termasuk cocok digunakan untuk pengobatan luka bakar, bekas luka, dan herpes. Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang aman, cukup oleskan madu secara rutin setiap hari. Madu mampu melawan infeksi mencegahnya jerawat baru muncul.

2. Mengoleskan Lidah Buaya

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, bisa dengan mengoleskan lidah buaya secara rutin. Menurut Annals of Plastic Surgery, melansir dari NCBI mengoleskan lidah buaya langsung ke luka mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut.

Health Line merekomendasikan cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman sebagai berikut:

- Buang kulit hijau tua dari sisi daun lidah buaya.

- Ambil gel hijau muda yang bening.

- Oleskan gel langsung ke lubang bekas jerawat, sambil dioleskan dengan gerakan memutar.

- Diamkan selama 30 menit, lalu bilas gel dengan air dingin.

- Ulangi cara menghilangkan lubang bekas jerawat ini dua kali setiap hari.

3. Mengompres dengan Es

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang aman, direkomendasikan dengan es. Mengapa ini akan berhasil? Health Line menjelaskan es cukup efektif dalam mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan kemerahan.

Itu artinya, jerawat yang timbul bisa dicegah menjadi jaringan parut seperti lubang bekas jerawat jika dikompres dengan es. Es juga bisa menutup pori-pori. Cara menghilangkan lubang bekas jerawat ini direkomendasikan untuk dilakukan tiga kali sehari.

4. Memperbaiki Pola Makan

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, lakukan dengan memperbaiki pola malan. Pola makan sangat memengaruhi kesehatan kulit wajah. Health Line menyarankan untuk menghindari konsumsi produk susu, termasuk susu, keju, yogurt.

Lakukan diet ini selama 3 minggu, kemudian pantau kulit wajah. Apabila dalam 3 minggu tidak ada jerawat baru yang muncul, itu merupakan indikasi produk susu adalah pemicu atau penyebab jerawat. Selain susu, ahli pun merekomendasikan untuk menghindari konsumsi gula rafinasi untuk pemulihan yang lebih cepat.

5. Melakukan Olahraga Teratur

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, lakukan olahraga secara teraturChiu-Ling Yang dan Chung-Hey Chenmana melakukan studi pada tahun 2018, terbukti olahraga bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Kedua masalah ini sangat berdampak pada kesehatan kulit wajah, termasuk mengatasi atau membersihkan masalah bruntusan, jerawat, dan bekas jerawat mudah dipulihkan atau dicegah kemunculannya kembali.

Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan orang dewasa baiknya berolahraga atau melakukan dua jenis aktivitas fisik setiap minggu selama 150 menit. Misalnya, berjalan, berlari, mengangkat beban dan hiking.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat yang Mudah dan Aman Dilakukan

Perawatan di klinik kecantikan juga diperlukan sebagai cara menghilangkan lubang bekas jerawat, pasti aman dilakukan. Mayo Clinic merekomendasikan cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman sebagai berikut:

6. Home Skin Care

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, cobalah dengan home skin care. Mulai dari menggunakan sunscreen. Kemudian menggunakan krim yang mengandungi asid azelaik atau asid hidroksil.

7. Soft Tissue Fillers

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman adalah menyuntik kolagen, lemak atau bahan lain di bawah kulit boleh menggebukan kulit di atas parut yang berlekuk. Ini membantu menyamarkan jaringan parut.

8. Steroid Injection

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman adalah menyuntik steroid ke dalam beberapa jenis jaringan parut.

9. Laser Resurfacing

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman, cobalah laser resurfacing. Pengobatan ini semakin popular dan sering digunakan pada parut yang pernah dirawat dengan dermabrasion.

10. Other Energy-Based Procedures

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman adalah mengandalkan perawatan dengan sumber cahaya berdenyut dan peranti frekuensi radio. Perawatan ini membantu menghilangkan bekas luka tanpa merusak lapisan luar kulit. Hasilnya tidak kentara, dan perlu dilakukan berulang.

11. Dermabrasion

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman dengan dermabrasion, cocok untuk pemilik jaringan parut yang sangat parah. Dokter akan mengangkat lapisan atas kulit dengan sikat atau alat lain yang berputar cepat.

Bekas luka permukaan atau lubang jerawat dapat dihilangkan seluruhnya, dan bekas jerawat yang lebih dalam mungkin tampak kurang terlihat. Potensi efek samping yang parah, akan ada jaringan parut baru dan perubahan warna kulit.

12. Chemical Peel

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman adalah pakai chemical peel. Dokter akan mengoleskan larutan kimia ke jaringan parut untuk menghilangkan lapisan atas kulit dan meminimalkan munculnya bekas luka yang lebih dalam.

Efek samping potensial termasuk perubahan warna kulit, terutama dengan pengelupasan dalam yang digunakan pada kulit gelap.

13. Skin Needling

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman dengan skin needling. Dokter akan menggulung perangkat bertabur jarum di atas kulit untuk merangsang pembentukan kolagen di jaringan di bawahnya.

Ini adalah cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang aman, sederhana, dan efektif untuk jaringan parut jerawat. Ini memiliki risiko minimal mengubah warna kulit. Hasilnya tidak kentara, dan memerlukan perawatan berulang.

14. Pembedahan

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman adalah pembedahan atau operasi. Prosedur kecil yang disebut eksisi pukulan, dokter memotong bekas jerawat dan memperbaiki luka dengan jahitan atau cangkok kulit. Ini teknik yang disebut subcision, dokter memasukkan jarum di bawah kulit untuk mengendurkan serat di bawah bekas luka.

15. Onabotulinumtoxina (Botox)

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang mudah dan aman dengan botox. Terkadang kulit di sekitar bekas jerawat mengerut. Menyuntikkan botox melemaskan kulit di sekitarnya, yang dapat memperbaiki tampilan bekas jerawat. Hasil bersifat sementara, jadi perawatan berulang diperlukan untuk mempertahankan efeknya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS