Sukses

Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi Adalah Lukisan, Ketahui Contoh Lainnya

Berikut ini adalh sejumlah contoh karya seni rupa dua dimensi. Salah satu contoh karya seni rupa dua dimensi adalah lukisan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu contoh karya seni rupa dua dimensi adalah lukisan. Ini karena lukisan hanya memiliki batas dua sisi, yakni sisi panjang dan sisi lebar. Lukisan tidak memiliki volume, karena tidak memiliki sisi ketinggian atau ketebalan.

Selain itu masih banyak lagi contoh karya seni rupa dua dimensi. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah desain grafis. Contoh ini mudah sekali ditemukan ketika kita menggulirkan laman media sosial seperti Instagram.

Komik atau manga yang sering kita baca juga merupakan salah satu contoh karya seni rupa dua dimensi. Dengan kata lain, contoh karya seni rupa dua dimensi adalah banyak sekali jumlahnya.

Yang telah disebutkan sebelumnya merupakan sebagian kecil dari sekian banyak contoh karya seni rupa dua dimensi. Selain itu, masih ada banyak lagi contoh karya seni rupa dua dimensi yang dapat ditemukan.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh karya seni dua dimensi, penting bagi kita untuk memahami dulu apa itu karya seni dua dimensi. Berikut penjelasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi merupakan jenis karya seni rupa yang memiliki batas dua sisi, yakni sisi panjang dan sisi lebar. Artinya, karya seni dua dimensi tidak memiliki volume karena tidak memiliki ketebalan atau ketinggian. Karya seni dua dimensi terbentuk dari beberapa unsur, yakni titik, garis, bentuk, warna, gelap terang, bidang, dan ruang.

Garis

Garis merupakan unsur seni rupa berupa jarak antara satu titik dan titik lainnya, bisa lurus atau melengkung. Garis dapat digunakan untuk membuat bentuk dan bidang, serta memberi kesan kedalaman dan struktur. Berdasarkan jenisnya, garis dibedakan menjadi garis lurus, garis lengkung, garis panjang, garis pendek, garis horizontal, garis vertikal, garis diagonal, garis putus-putus dan lain-lain. Baik dua dimensi atau tiga dimensi, tidak dapat disangkal bahwa garis memiliki pengaruh besar pada elemen seni lainnya. Garis bisa menjadi sebuah fondasi dari gambar atau lukisan.

Titik

Titik pada dasarnya adalah awal dari "sesuatu" dalam "ketiadaan". Titik memaksa pikiran untuk memikirkan posisinya dan memberikan sesuatu untuk dibangun di atas imajinasi dan ruang. Elemen titik dalam unsur seni rupa biasanya digunakan pada bagian-bagian yang terkecil dalam suatu karya seni rupa.

Bentuk

Saat melukis atau menggambar, seniman membuat bentuk dalam dua dimensi: panjang dan lebar. Bentuk merupakan wujud yang terdapat di alam dan terlihat nyata. Bentuk merupakan unsur seni rupa yang dapat digunakan untuk mengontrol cara seniman memandang komposisi. Misalnya, segitiga dapat membantu menarik mata ke titik tertentu, sedangkan lingkaran mewakili kontinuitas.

Tekstur

Tekstur digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana sebenarnya unsur seni rupa menjadi karya tiga dimensi terasa ketika disentuh. Dalam karya dua dimensi, seperti lukisan, ini mungkin merujuk pada "rasa" visual sebuah karya. Seniman menggunakan pengetahuan unsur seni rupa ini untuk mendapatkan respons emosional dari orang-orang yang melihat karyanya. Kasar dan halus adalah dua yang paling umum, tetapi keduanya dapat didefinisikan lebih jauh.

Warna.

Warna dikelompokkan menjadi warna primer, warna sekunder, warna tersier, analogus dan komplementer. Warna dapat digunakan secara simbolis atau untuk membuat pola. Ini dapat dipilih untuk kontras atau untuk mengatur suasana tertentu.

Gelap terang

Nilai yang paling terang adalah putih dan nilai paling gelap adalah hitam, dengan perbedaan di antara keduanya ditetapkan sebagai kontras. Bermain dengan gelap terang tidak hanya mengubah bentuk tertentu, tetapi juga memengaruhi mood karya seni.

Bidang

Dalam hasil karya seni rupa dua dimensi, bidang terbentuk karena pertautan garis yang membatasi suatu bentuk. Bidang sendiri memiliki dimensi panjang dan lebar atau biasa disebut dengan pipih. Jika dilihat dari bentuknya, bidang terdiri dari bidang biomorfis (organis), bidang geometris, bidang tak beraturan serta bidang bersudut. Dalam unsur dasar seni rupa, terdapat bidang dasar yakni bidang segiempat, segitiga, lingkaran, trapezium dan sebagainya.

Ruang atau Kedalaman

Ruang dalam karya tiga dimensi dapat dirasakan langsung oleh pengamat seperti halnya ruangan dalam rumah, ruang kelas, dan sebagainya. Dalam karya dua dimensi ruang dapat mengacu pada luas bidang gambar. Unsur ruang atau kedalaman pada karya dua dimensi bersifat semu (maya) karena diperoleh melalui kesan penggambaran yang pipih, datar, menjorok, cembung, jauh dekat dan sebagainya.

3 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah gambar

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah gambar. Perwujudan gambar lebih menekankan pada unsur garis, bentuk, dan aspek kegunaan, tanpa adanya ekspresi. Contohnya seperti gambar ilustrasi, gambar arsitektur, desain, dekorasi, dan lain-lain.

4 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah lukisan

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah lukisan. Lukisan merupakan contoh karya dua dimensi yang paling umum. Lukisan adalah contoh seni rupa yang mengungkapkan bentuk objektif dengan komposisi dan nilai subjektif melalui ekspresi dan kreativitas.

5 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah sketsa

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah sketsa. Sketsa adalah garis sederhana yang dibuat secara spontan, namun bermakna. Sketsa dapat berupa rencana lukisan atau lukisan bergaya sketsa.

6 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah kartun

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah kartun. Kartun adalah gambar yang telah dideformasi (diubah bentuk) dari wujud aslinya sehingga menjadi lucu dan menarik.

7 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah karikatur

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah karikatur. Karikatur adalah sindiran berbentuk kartun yang terfokus pada karakter objek. Meski telah dideformasi, kita dapat mengenali tokohnya karena ciri khasnya.

8 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah vinyet

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah vinyet. Vinyet adalah gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas, merupakan kreasi improvisatif pengisian halaman kosong. Contoh karya seni dua dimensi ini bisa ditemukan di halaman buku untuk mengisi bagian yang kosong.

9 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah poster

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah poster. Poster merupakan jenis reklame berupa selebaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis.

10 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah fotografi

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah fotografi. Fotografi adalah ragam seni grafis yang pembuatannya melalui proses pemotretan dengan kamera, pencucian film, dan pencetakan gambar foto.

11 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah kaligrafi

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah kaligrafi. Kaligrafi adalah seni menulis indah dengan cara menggayakan huruf dan tulisan dengan teknik tertentu sehingga terlihat menarik.

12 dari 12 halaman

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah desain komunikasi visual

Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah desain komunikasi visual. Desain komunikasi visual yang juga disebut desain grafis merupakan karya seni dua dimensi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi komputer lalu dicetak di atas kertas menggunakan printer. Contoh: desain brosur, banner, website, dan infografis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.