Sukses

14 Cara Mempercantik Diri Secara Alami, Agar Penampilan Semakin Menarik

Cara mempercantik diri kerap dikonotasikan dengan mengubah penampilan fisik sehingga sesuai dengan standar kecantikan orang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Cara mempercantik diri kerap dikonotasikan dengan mengubah penampilan fisik sehingga sesuai dengan standar kecantikan orang banyak. Padahal, cantik merupakan standar yang tidak baku dan selalu berubah setiap waktu. 

Setiap orang terlahir dengan kondisi fisik yang berbeda-beda. Daripada sibuk mengubah penampilan fisik sesuai standar yang terus berubah, kenapa tidak merawat apa yang Tuhan berikan agar tetap sehat

Sebetulnya, cantik sudah tidak lagi terbatas pada penampilan fisik saja. Cara seseorang membawakan diri di depan orang lain juga dapat memancarkan kecantikan dari dalam. Seseorang dengan tampilan fisik yang tidak memenuhi standar kecantikan secara umum tetap dapat tampil menarik dengan pembawaannya yang menyenangkan. 

Dengan begitu, cara mempercantik diri juga dapat dilakukan dengan memiliki pembawaan yang menyenangkan dan bersikap positif. Berikut cara mempercantik diri yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (4/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mempercantik Diri

1. Rutin Membersihkan Seluruh Tubuh 

Cara mempercantik diri yang pertama adalah rajin membersihkan tubuh. Setiap hari saat beraktivitas tubuh akan terkena berbagai kotoran dan debu. Membersihkan seluruh tubuh secara menyeluruh penting agar tampak bersih. Selain itu, kotoran yang menumpuk dapat meningkatkan resiko  infeksi berbagai jenis penyakit kulit dan gangguan kesehatan lain. Pilih pembersih dan sabun yang sesiuai dengan jenis kulit. 

2. Pakai Pelembap

Membersihkan kulit dengan sabun dapat mengikis kelembaban alami kulit yang dihasilkan oleh kolagen yang berada di bawah kulit. Kolagen membutuhkan waktu untuk kembali melembabkan kulit setelah dibersihkan, untuk itu pakai pelembab setelah selesai mandi dan cuci muka. 

Kulit muka dan bagian tubuh lainnya memiliki kondisi yang berbeda. Gunakan pelembab khusus kulit muka untuk muka dan body lotion untuk badan. Anda bisa memilih pelembab dan body lotion dengan tambahan nutrisi yang baik bagi kulit, seperti vitamin C dan E.

3. Gunakan Tabir Surya

Selain melembabkan kulit setelah selesai dibersihkan, anda juga perlu memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Terutama untuk orang-orang yang tinggal di negara tropis dengan sinar mata hari yang melimpah.

Mengoleskan tabir surya penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Pilih setidaknya tabir surya dengan SPf 30. Pakai tabir surya setiap hari sebelum beraktifitas. Ulangi pengaplikasiannya setiap satu jam untuk memberikan perlindungan yang maksimal.

4. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Tidak cukup hanya membersihkan kulit dengan sabun, anda juga perlu melakukan exfoliasi. Eksfoliasi bertujuan membersihkan kulit secara lebih mendalam sampai ke sela pori-pori untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit semakin cerah dan bersinar.

5. Beri Nutrisi Kulit dari Luar

Sebagai salah satu organ, kulit juga membutuhkan nutrisi. Karena letaknya yang ada di luar tubuh, pemberian nutrisi pada kulit dapat dilakukan dari luar juga. Caranya dengan mengoleskan pelembab, lotion, serum, dan vitamin kulit yang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mempercantik Diri

6. Tidur yang Cukup

Cara mempercantik diri selanjutnya adalah memiliki pola tidur yang cukup. Tidur menjadi salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan. Tubuh yang sakit akan tampak lesu dan tidak menarik. Kurang tidur dapat menimbulkan stres yang juga akan mempengaruhi penampilan menjadi tidak menarik.

7. Makan Makanan Sehat

Selain nutrisi dari luar, kulit juga membutuhkan nutrisi dari dalam yang didapat dari makanan-makanan sehat. Makanan sehat juga penting untuk menjaga tubuh tetap sehat, energik, dan tampak awet muda.

8. Cukupi Kebutuhan Air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting sebagai salah satu cara mempercantik diri. Tubuh yang dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan penuaan dini. Dehidrasi juga akan menyebabkan tubuh terasa lemas dan loyo, sehingga tampak tidak menarik dilihat.

9. Olahraga

Olahraga secara rutin terbukti membuat seseorang tampak lebih muda. Aktif bergerak dapat memicu produksi hormon endorfin yang membuat seseorang lebih bahagia. Secara psikologis seseorang yang bahagia lebih tampak menarik dan cantik dibanding seorang yang selalu murung.

10. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit, memperlambat penyembuhan luka (termasuk jerawat), dan memperparah masalah kulit yang sedang dialami. Terlebih, kebiasaan merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua sehingga memicu terbentuknya kerutan akibat gerakan wajah mengisap yang Anda lakukan terus-menerus. 

4 dari 4 halaman

Cara Mempercanti Diri

11. Hindari Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat merusak organ hati yang berguna untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh. Apabila organ hati rusak, akan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh, kondisi ini akan menyebabkan gangguan kesehatan yang berdampak pada tampilan fisik yang jadi tidak menarik dan tidak cantik.

12. Kelola Stres

Stres adalah hal yang sangat wajar dialami oleh seseorang. Stres dapat memicu seseorang untuk berbuat sesuatu yang dapat merubah situasi yang menimbulkan stres. Namun stres harus dikelola agar tidak menumpuk dan mengakibatkan masalah.

Stres yang tidak dikelola dapat meningkatkan hormon kortisol, yaitu hormon pemicu stres yang dapat mengurangi kadar kolagen pada kulit. Alhasil, kulit bisa menjadi lebih sensitif, serta memicu timbulnya jerawat, kulit terasa kering, keriput, dan masalah kulit lainnya.

13. Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri terhadap penampilan fisik yang dimiliki dapat membuat seseorang tampil cantik dari dalam. Percaya diri artinya dapat mencintai dan menerima kekurangan diri, serta tidak menuntut untuk menjadi sempurna layaknya standar kecantikan yang kerap digaungkan di media sosial. 

Sikap positif ini merupakan bentuk dari kecantikan dalam diri yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Dengan mencintai diri sendiri dapat mencegah stres, depresi, dan gangguan mental lainnya.

14. Aktualisasikan Diri

Cara mempercantik diri dari dalam selanjutnya adalah mengaktualisasikan diri. Aktualisasi diri adalah menyadari segala potensi yang dimiliki kemudian  memaksimalkan kemampuan tersebut untuk untuk mencapai suatu tujuan. Dengan mengaktualisasikan diri seseorang dapat lebih mencintai dan menghargai dirinya sendiri. Dengan begitu orang tersebut akan lebih bahagia dan menjadi lebih cantik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.