Sukses

10 Manfaat Hidroponik, Pahami Juga Pengetian, Cara Kerja dan Kelemahannya

Pengertian dan manfaat hidropik, serta cara kerja dan kelemahannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat hidroponik untuk keberlangsungan pertanian tidak diragukan lagi, terdapat banyak manfaat hidroponik yang bisa didapat dengan menerapkan teknik bercocok tanam yang satu ini. Hidroponik sendiri merupakan teknik bercocok tanam yang sangat populer belakangan ini karena memberi banyak keuntungan untuk para petani.

Salah satu manfaat hidroponik adalah bahwa teknik bercocok tanam ini merupakan teknik yang sangat cocok dan efisien untuk daerah-daerah yang kurang memiliki pasokan tanah. Tanaman dengan sistem hidroponik juga bisa tumbuh menggunakan air yang lebih sedikit dibandingkan sistem tanam tradisional.

Banyaknya manfaat hidroponik yang bisa didapatkan, membuat teknik bercocok tanam hidroponik menjadi pantas untuk dipertimbangkan sebagai sistem bercocok tanam masa depan yang perlu diketahui. Tentunya, selain manfaat hidroponik, penting juga untuk mengetahui, pengertian, cara kerja dan kelemahannya.

Untuk lebih mengenal tentang teknik tanam hidroponik, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pengertian dan manfaat hidropik, serta cara kerja dan kelemahannya, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Hidroponik?

Apa Itu Hidroponik?

Hidroponik adalah metode menanam tanaman di dalam ruangan tanpa menggunakan tanah. Dimana alih-alih menarik nutrisi mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dari tanah, tanaman mendapatkan semua nutrisinya melalui larutan nutrisi yang dipasok langsung ke akarnya.

Hidroponik bekerja dalam berbagai skenario, mulai dari menanam sejumlah kecil tanaman herbal di dapur hingga banyak tanaman dalam operasi komersial skala besar. Teknik ini cocok untuk orang-orang dengan ruang luar yang terbatas seperti penduduk perkotaan, penghuni apartemen, atau penyewa yang tidak dapat memiliki taman luar ruangan.

Banyak jenis tanaman yang tumbuh dengan baik secara hidroponik. Diantaranya adalah tanaman herbal, selada dan sayuran hijau serta tomat, paprika dan stroberi. Namun perlu diperhatikan adalah menghindari tanaman yang tumbuh tinggi seperti jagung, memiliki akar tunggang yang dalam seperti kentang, atau tumbuh dengan cara merambat.

Konsep dasar dari pertanian hidroponik adalah bahwa air menggantikan tanah. Lalu nutrisi yang dibutuhkan akan ditambahkan ke air yang mudah diakses untuk hasil yang sehat. Nutrisi yang ditambahkan ke air mungkin termasuk fosfor, nitrogen, kalsium, kalium dan banyak lagi, tergantung pada tanaman yang ditanam. 

3 dari 5 halaman

Cara Kerja Hidroponik

Cara Kerja Hidroponik 

Tanaman hidroponik tumbuh t karena tiga item utama, yaitu nutrisi, air, dan sinar matahari. Dimana jika pada sistem tanam  tradisional, tanah menjangkar tanaman dan bertindak sebagai reservoir air dan nutrisi. Maka pada sistem hidroponik menghilangkan kebutuhan akan tanah dengan memberikan larutan berair bermuatan nutrisi langsung ke akar yang membuat tanaman tetap makan dan terhidrasi, sementara solusi pencahayaan tambahan meniru sinar matahari.

Dalam sistem penanaman hidroponik, tanaman disuspensikan langsung dalam larutan berair atau ditanam di media bebas tanah seperti sabut kelapa, wol batu, LECA, vermikulit, atau perlit. Akar tanaman kemudian akan menerima larutan nutrisi baik dalam sistem aktif maupun sistem pasif.

Sistem aktif menggunakan pompa untuk mengedarkan dan menganginkan larutan nutrisi, menghantarkan nutrisi ke zona akar tanaman untuk diserap. Sistem pasif tidak memiliki pompa atau bagian yang bergerak. Solusi nutrisi diumpankan ke zona akar melalui sistem genangan, gravitasi atau aksi kapiler.

4 dari 5 halaman

Manfaat Hidroponik

Manfaat Hidroponik

Ada banyak keuntungan dari sistem tanam hidroponik. Sistem ini membantu memecahkan masalah tanpa menggunakan ruang atau air yang berlebihan, namun tetap dapat menghasilkan sayuran lebih cepat daripada metode penanaman tradisional. Berikut beberapa manfaat hidropik yang perlu dipahami.

1. Memaksimalkan Ruang

Hidroponik membutuhkan ruang yang jauh lebih sedikit daripada tanaman yang ditanam di tanah. Tergantung pada sistemnya, ketika hidroponik dikombinasikan dengan teknik pertanian vertikal, sistem ini  menggunakan lahan hingga 99 persen lebih sedikit daripada teknik pertanian biasa. 

Salah satu alasan kecilnya jejak tanaman hidroponik adalah akarnya tidak harus menyebar untuk mencari nutrisi dan kelembaban. Air dan nutrisi dikirim ke akar secara langsung, baik secara bertahap atau terus-menerus, tergantung pada teknik hidroponik yang digunakan. 

2. Menghemat Air

Manfaat hidroponik yang selanjutnya adalah lebih hemat air.  Faktanya, tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan air hingga 98 persen lebih sedikit daripada metode penanaman tradisional. Menghemat air cenderung menjadi semakin penting seiring berjalannya waktu, membuat irigasi untuk pertanian menjadi lebih sulit dan kurang menguntungkan.

Dari air yang diambil melalui akar tanaman, hanya sekitar 0,1 persen dari air yang diambil yang benar-benar digunakan oleh tanaman itu sendiri. Sebagian besar kemudian dilepaskan ke udara melalui evapotranspirasi. Sistem hidroponik memanfaatkan air resirkulasi, memungkinkan tanaman menyerap apa yang mereka butuhkan, lalu mengembalikan sisanya ke sistem. 

3. Memfasilitasi Iklim Mikro

Manfaat hidroponik yang selanjutnya adalah cocok untuk iklim mikro. Taman hidroponik dapat dengan mudah dibuat dalam rumah kaca hidroponik atau struktur lainnya. Ini berarti hidroponik dapat memiliki iklim mikro sendiri, terisolasi dari banyak kesulitan yang harus diatasi oleh petani tradisional. 

Sistem tanam hidroponik aman dari serangan hama dan tidak perlu diperlakukan dengan berbagai macam insektisida. Di fasilitas yang dikontrol suhu, tanaman dapat tumbuh sepanjang tahun, terlepas dari iklim atau cuaca di luar. Dan dengan lampu tumbuh buatan, bahkan jumlah sinar matahari yang tersedia tidak menjadi masalah. 

4. Menghasilkan Hasil yang Lebih Banyak

Menciptakan kondisi ideal memastikan tanaman menerima jumlah nutrisi yang sempurna, yang bersentuhan langsung dengan akar. Selain itu, iklim mikro memungkinkan pertumbuhan sepanjang tahun dan siklus panen yang lebih cepat. 

Semua ini menghasilkan hasil yang jauh lebih tinggi daripada metode pertanian tradisional. Faktanya, banyak penelitian telah menemukan bahwa rumah kaca hidroponik kami dapat menghasilkan sekitar 240 kali hasil dari praktik pertanian lainnya.

5. Membutuhkan Lebih Sedikit Tenaga Kerja

Tanpa perlu mengolah, menyiangi, aplikasi herbisida dan insektisida, dan pekerjaan pertanian padat karya lainnya, hidroponik menawarkan beban yang lebih ringan bagi buruh dan dapat dengan mudah dikelola dengan jam kerja yang jauh lebih sedikit. 

Manfaat hidroponik yang satu ini membuat petani bisa mengurangi biaya produksi tanaman, dan membebaskan waktu untuk kegiatan lain. Bahkan, rumah kaca hidroponik kecil dapat sepenuhnya dikelola oleh satu orang pekerja.

6. Tidak Membutuhkan Tanah

Dunia dengan cepat kehilangan tanah yang bisa dikerjakan. Diperkirakan setengah dari lapisan tanah telah hilang dalam 150 tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh erosi, pemadatan, hilangnya struktur tanah, degradasi unsur hara, dan salinitas. 

Di sebagian besar dunia, hanya sedikit tanaman yang dapat ditanam menggunakan metode tradisional. Dengan kebun hidroponik, tanah tidak menjadi masalah sehingga petani dapat menanam tanaman apa pun yang paling bermanfaat bagi komunitas mereka tanpa khawatir akan degradasi tanah.

7. Menghasilkan Makanan Berkualitas Tinggi

Ketika datang ke buah-buahan dan sayuran, tanaman segar jelas lebih baik. Hanya sedikit orang yang tinggal di daerah di mana mereka bisa mendapatkan produk segar sepanjang tahun karena kondisi iklim dan tanah. Pada pertanian tradisional, solusinya adalah memetik produk sebelum matang dan kemudian membiarkannya matang di gudang dan di sepanjang rantai pasokan. 

Padahal makanan yang matang secara alami, pada tanaman, biasanya memiliki lebih banyak nutrisi dan rasa yang lebih baik. Karena sistem hidroponik mengandung mikrobioma sendiri, tanaman ini dapat ditanam di mana saja. Ini berarti tanaman dapat dipetik pada puncak kematangan karena tidak perlu pergi jauh sebelum tanaman ini mencapai rumah dan restoran.

8. Mengurangi Rantai Pasokan

Pada sistem penanaman komersial tradisional, banyak air dan energi digunakan untuk menanam tanaman dan memaksimalkan hasil. Kemudian tanaman dipanen menggunakan lebih banyak energi. Mereka diangkut jarak jauh dengan truk berpendingin dan diawetkan menggunakan bahan kimia yang meningkatkan umur simpan produk.

Sedangkan pada hidroponik, rumah kaca hidroponik dapat didirikan di lingkungan di mana pertanian tradisional tidak pernah bisa berkembang. Ini berarti sistem tanam ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal tanpa transportasi yang boros dan proses pengawetan yang mungkin berbahaya.

9. Mudah Di Prediksi

Petani harus menghadapi masalah cuaca yang tidak dapat diprediksi yang dapat memusnahkan seluruh tanaman dalam hitungan hari. Banjir, kebakaran, kekeringan, masalah hama dan banyak lagi. Dan ketika area yang memasok tanaman tertentu mengalami bencana besar, itu dapat memiliki efek riak di seluruh rantai makanan.

Di rumah kaca hidroponik, kondisi dikendalikan oleh petani. Ini berarti anda dapat menanam tanaman dan memanennya kapanpun. Dan jika kawanan belalang datang, rumah kaca akan melindungi tanaman berharga anda dari kerusakan, tidak peduli berapa banyak hama yang datang menyerang.

10. Tanaman Tumbuh Lebih Cepat

Sebagian besar buah dan sayuran membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mencapai kematangan menggunakan metode tradisional. Tanaman harus mengambil nutrisi dari tanah, yang membuat proses menjadi lebih lambat. Nutrisi apa yang mereka serap sering terbuang melalui proses pematangan. 

Tingkat pertumbuhan tanaman hidroponik 30-50 persen lebih cepat daripada tanaman yang ditanam di tanah. Dengan hidroponik, nutrisi lebih mudah tersedia untuk diserap tanaman. Penanam dapat mengontrol cahaya, panas, nutrisi, hidrasi, hama, dan semua aspek lain dari proses pertumbuhan. Ini berarti seluruh siklus dapat disederhanakan untuk tanaman yang lebih besar dan tumbuh lebih cepat dengan hasil yang lebih tinggi.  

5 dari 5 halaman

Kekurangan Hidroponik

Kekurangan Hidroponik

Sangat mudah untuk melihat keuntungan dan manfaat hidroponik. Tetapi ada beberapa kelemahan sistem hidroponik yang perlu diperhatikan juga. Diantaranya adalah:

1. Mahal 

Dibandingkan dengan taman tradisional, sistem hidroponik lebih mahal untuk diperoleh dan dibangun. Kisaran biaya tergantung pada jenis dan ukuran sistem yang dibeli dan apakah sistem tersebut dibuat sebelumnya atau dibuat dengan komponen individual untuk membuat desain yang disesuaikan.

2. Rentan terhadap pemadaman listrik

Baik sistem hidroponik pasif maupun aktif bergantung pada listrik untuk menyalakan komponen yang berbeda seperti lampu tumbuh, pompa air, aerator dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemadaman listrik akan mempengaruhi seluruh sistem. Dalam sistem aktif, hilangnya daya dapat merugikan tanaman jika tidak diperhatikan oleh penanam.

3. Membutuhkan pemantauan dan pemeliharaan yang konstan

Hidroponik membutuhkan tingkat pemantauan dan pengelolaan mikro yang lebih tinggi daripada menanam tanaman secara tradisional. Untuk mempertahankan lingkungan tumbuh yang terkontrol, semua komponen sistem memerlukan kewaspadaan yang konstan. Larutan nutrisi juga perlu disiram dan diganti secara teratur, dan bagian sistem sering dibersihkan untuk mencegah penumpukan dan penyumbatan.

4. Penyakit yang ditularkan melalui air

Karena tanaman yang ditanam secara hidroponik ditanam di air, bukan di tanah, penyakit yang ditularkan melalui air jauh lebih tinggi. Dengan air yang bersirkulasi terus menerus melalui sistem, infeksi dapat menyebar dengan cepat ke seluruh sistem pertumbuhan secara keseluruhan, mempengaruhi seluruh koleksi tanaman. 

5. Masalah mempengaruhi tanaman lebih cepat

Tanah melindungi akar dari perubahan suhu yang ekstrim, memperlambat serangan penyakit atau hama dan secara teratur melepaskan serta menyerap nutrisi. Tanpa tanah sebagai penyangga, tanaman yang ditanam dalam sistem hidroponik bereaksi negatif terhadap masalah seperti kekurangan nutrisi dan penyakit dapat menyebar dengan  lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.