Sukses

22 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Terkenal Legendaris, Enak dan Murah

Liputan6.com, Jakarta Semua orang butuh makan, dan hampir semua orang suka makan. Karena itulah tempat wisata kuliner di Jogja akan terus ada, untuk para pelancong yang memilih kota ini sebagai tujuannya.

Tidak diragukan lagi jika Jogja adalah tempat yang sangat cocok bagi kamu yang memang ingin benar-benar bersantai. Lalu bagaimana dengan makanannya? Soal makanan, ada banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang sangat menarik.

Gudeg jelas masuk dalam daftar tempat wisata kuliner di Jogja, karena ini adalah makanan tradisional kota ini. Bahkan ada banyak warung atau restoran yang menyajikan sajian gudeg. Bagi yang kurang suka cita rasa yang manis, jangan khawatir. Masih ada banyak tempat wisata kuliner di Jogja, yang unik hingga yang legendaris.

Ada berbagai macam pilihan tempat wisata kuliner di Jogja, mulai dari sate klatak, mie ayam, oseng mercon, dan tentu saja angkringan. Penasaran dengan tempat wisata kuliner di Jogja ada apa saja? Berikut adalah sejumlah tempat wisata kuliner di Jogja yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Sate Klathak Pak Bari

Warung Sate Klatak Pak Bari adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang terkenal dan populer. Bagi para pecinta dan penonton film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) tentunya tidak asing dengan warung sate yang satu ini. Pasalnya, Sate Klatak Pak Bari adalah salah satu lokasi syuting film yang terkenal itu.

Sate klathak sendiri adalah sate kambing yang disajikan dengan tusuk jeruji besi, bukan kayu. Tusuk yang terbuat dari jeruji ini membuat tingkat kematangan sate tersebut menjadi lebih merata. Sate Klatak Pak Bari terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul,Yogyakarta. Sate Klatak Pak Bari buka pada pukul 06.30 sore hingga pukul 1 dini hari membuatnya cocok kamu kunjungi untuk menikmati indahnya suasana malam kota Jogja.

2. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang juga populer. Sate ini tak jauh berbeda dari sate kambing pada umumnya. Meski sama-sama sate klatak, cita rasa sate klatak Pak Pong juga tak kalah dengan sate klatak Pak Bari.

Sate Klatak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja. Sate Klatak Pak Pong juga terkenal dengan murahnya, cuma Rp 12.000 saja. Sate Klatak Pak Pong ini buka pukul 9 pagi hingga 11.30 malam.

3. The House of Raminten

The House of Raminten adalah salah satu restoran legendaris dan sangat populer di Jogja. Tempat wisata kuliner di Jogja ini terkenal dengan nuansa Jawa-nya yang kental. Mulai dari arsitektur bangunan, dekorasi, hingga seragam para pelayan memiliki desain khas Jawa yang menarik pengunjung.

The House of Raminten menyajikan beragam sajian yang tidak hanya nikmat tetapi juga cukup terjangkau harganya. Restoran ini terletak di Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Tempat wisata malam kuliner Jogja ini buka 24 jam.

4. Gudeg Pawon

Rasanya tak lengkap bila belum menikmati gudeg saat berkunjung ke Jogjakarta. Gudeg merupakan salah satu hidangan khas Jogja yang paling terkenal. Kalau kamu ingin menikmati kelezatan sajian gudeg dengan pengalaman yang cukup unik, kamu bisa berkunjung ke Gudeg Pawon.

Tempat wisata kuliner di Jogja ini akan memberikan pengalaman kepada para pengunjung untuk menikmati gudeg langsung di pawon atau dapur. Pengalaman unik ini membuat Gudeg Pawon menjadi salah satu tempat wisata malam Jogja yang populer dan fenomenal. Gudeg Pawon berada tepat di Jalan Janturan Nomor 36, Warungboto, Umbulharjo. Gudeg Pawon kini buka mulai dari pukul 6 sore hingga 9 malam.

3 dari 6 halaman

5. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Tempat wisata kuliner di Jogja yang juga terkenal dengan sajian gudegnya adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Warung yang telah buka sejak tahun 1984 ini menyajikan gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan yang dapat dipilih oleh para pengunjung seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam. Krecek yang digunakan oleh warung ini juga berbeda dengan yang lainnya. Jika biasanya sambal krecek terbuat dari daging sapi, di sini sambal krecek diolah dari kulit daging kerbau sehingga tidak mudah hancur saat dimasak.

Gudeg Bromo Bu Tekluk terletak di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Warung ini buka dari pukul 11 malam hingga habis. Biasanya, warung ini buka hingga pukul 5 dini hari.

6. Gudeg Mercon Bu Tinah

Bagi para pecinta hidangan pedas, kamu tidak boleh melewatkan Gudeg Mercon Bu Tinah. Warung ini menyajikan nasi gudeg yang dilengkapi oleh telur pindang, dan siraman oseng mercon yang pedas namun tetap nikmat. Selain itu, warung ini juga menyajikan berbagai macam lauk tambahan yang dapat dipilih oleh para pengunjung, mulai dari ayam pindang, sate daging ayam, ceker, hingga aneka macam gorengan.

Warung Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta. Tempat wisata malam kuliner Jogja ini buka dari pukul 21.00 hingga pukul 01.00 dini hari.

7. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Gudeg Mercon Mbak Yuni juga terkenal dengan sajian gudegnya yang pedas. Tempat wisata kuliner di Jogja ini menyajikan gudeg nangka, sayur daun singkong, bihun, ayam bacem, telur pindang, yang disiram dengan kuah krecek mercon yang pedas. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam pilihan lauk lainnya seperti sate daging ayam, sate kulit, jeroan, dan gorengan yang dapat dipilih oleh para pengunjung sebagai pelengkap.

Warung Gudeg Mercon Mbak Yuni terletak di Jalan Pangeran Diponegoro No 100, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Tempat wisata malam Jogja ini buka dari jam 6 sore hingga tengah malam.

8. Angkringan Lik Man

Penyair Joko Pinurbo pernah menulis sajak, yang salah satu penggalannya berbunyi, "Yogya terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan." Oleh karena itu, ketika sedang menghabiskan waktu di Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak makan di angkringan. Tentu saja ada banyak angkringan yang bisa kamu temukan  di setiap sudut kota Jogja. Namun hanya beberapa yang populer dan sangat terkenal, salah satunya adalah angkringan Lik Man.

Angkringan yang telah buka sejak tahun 1967 ini terkenal dengan sajian kopi joss-nya yang nikmat, membuat angkringan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Angkringan Lik Man terletak tidak jauh dari Malioboro, tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Tempat wisata malam Jogja ini buka dari jam 2 siang hingga jam 3 dini hari.

4 dari 6 halaman

9. Angkringan KR

Angkringan lainnya yang terkenal di Yogyakarta ialah Angkringan KR. Angkringan ini menyajikan beragam hidangan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, mulai dari nasi kucing, aneka ragam sate dan gorengan, hingga bermacam-macam minuman. Harganya pun juga cukup terjangkau membuat tempat wisata malam kuliner Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung.

Angkringan KR terletak di depan kantor koran Kedaulatan Rakyat, tepatnya di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Tempat wisata malam Jogja ini buka dari jam 4 sore hingga jam 5 dini hari, membuatnya cocok untuk kamu kunjungi menikmati indahnya suasana malam kota Jogja.

10. Angkringan Pak Panut (Angkringan Klebengan)

Angkringan Pak Panut atau Angkringan Klebengan merupakan tempat wisata kuliner di Jogja yang jadi favorit para mahasiswa UGM dan UNY. Alasan kenapa angkringan ini menjadi favorit mahasiswa kedua kampus tersebut karena lokasinya yang dekat, dan yang pasti harganya yang murah. Angkringan satu ini cukup luas sehingga bisa menampung banyak pengunjung tanpa berdesakan.

Nah, yang unik dari Angkringan Klebengan adalah penambahan kecap saat penjual menghangatkan makanan seperti varian sate. Maka bagi yang tidak begitu suka makanan manis, kalian bisa memesan khusus pada penjualnya.

11. Bakmi Jawa Pak Pele

Kota Jogja juga terkenal dengan sajian bakmi jawanya yang lezat. Salah satu restoran legendaris yang menyajikan hidangan ini ialah Bakmi Jawa Pak Pele. Tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini sangat populer dan tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan banyak orang rela mengantri untuk menikmati kelezatan hidangan bakmi jawa di Pak Pele ini.

Para pengunjung dapat memilih hidangan bakmi goreng, bakmi godhog (rebus) ataupun bakmi nyemek sesuai dengan selera dan kesukaannya. Para pengunjung juga dapat memilih jenis mie yang terdiri dari bakmi kuning ataupun bakmi bihun. Bakmi Pak Pele sendiri terkenal dengan ciri khasnya menggunakan telur bebek sebagai pelengkap.

Bakmi Jawa Pak Pele terletak di Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Panembahan, Keraton atau di Desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Wisata malam Jogja ini buka dari jam setengah 5 sore hingga jam 11 malam.

12. Bakmi Jawa Pak Harjo Geno

Bakmi Jawa Pak Harjo Geno adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang juga legendaris. Sejak buka tahun 1958, sudah banyak pejabat, artis, serta petinggi negara yang ketagihan dengan nikmatnya sajian bakmi di sini. Bahkan Presiden Soeharto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah menyuguhkan racikan bakmi ala tempat makan ini untuk tamu negara.

Menu terfavorit yang disajikan di Bakmi Jawa Pak Harjo Geno adalah bakmi godhognya yang dilengkapi dengan suwiran daging ayam kampung serta telur bebek yang lezat. Selain itu, warung bakmi jawa ini juga menyuguhkan hidangan lainnya seperti bakmi jawa goreng, nasi goreng, dan juga magelangan. Tempat wisata malam kuliner Jogja yang legendaris ini terletak di Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.

5 dari 6 halaman

13. Bakmi Jawa Mbah Gito

Warung Bakmi Jawa Lainnya yang terkenal di kota Jogja adalah Bakmi Jawa Mbah Gito. Tempat wisata kuliner di Jogja ini terletak di Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta. Warung ini buka dari jam 11 siang hingga jam setengah 10 malam.

Selain terkenal dengan sajian bakmi jawanya yang lezat, Bakmi Jawa Mbah Gito juga terkenal dengan arsitektur bangunannya yang unik dan nyaman. Bangunan warung ini menggunakan kayu-kayu bekas yang membuatnya unik dan menarik minat banyak pengunjung untuk datang ke tempat ini.

14. Bakmi Nyemek Bu Siti

Tempat wisata malam kuliner Jogja berikutnya yang terkenal di Jogja ialah Mie Nyemek Bu Siti. Warung yang sudah buka sejak tahun 2002 ini menyajikan mie instan yang dicampur dengan sayuran dan bumbu tambahan seperti bawang putih, cabai rawit, kecap, dan juga sayuran sawi yang menambah kelezatan hidangan mie di warung ini.

Bakmi Nyemek Bu Siti terletak di Jalan Sisingamangaraja Nomor 39 Kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Warung ini buka mulai dari jam 6 sore hingga jam 2 sore, membuatnya cocok untuk kamu kunjungi bila kamu merasa lapar di malam hari.

15. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Di Jogja, ada soto ayam kampung yang berkuah jernih dengan rasa gurih manis. Cita rasa ini merupakan salah satu ciri khas tempat wisata kuliner di Jogja. Salah satu soto ayam kampung yang menjadi favorit di pagi hari yaitu Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Warung ini bertempat di Jl Sudirman dan Jl Affandi. Untuk harganya cukup murah, hanya dengan Rp 10.000 an saja kamu bisa menikmati cita rasa soto yang berbeda.

16. Soto Bathok

Soto bathok merupakan soto yang disajikan di dalam tempurung kelapa yang disebut dengan bathok. Seperti soto pada umumnya, kamu bisa menikmati keunikan soto bathok ini dengan harga hanya Rp5 ribu an per porsinya. Lokasinya berada di Jalan Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. Setelah makan di tempat ini, kamu bisa langsung mampir untuk berjalan-jalan di melihat pemandangan sawah dan candi.

6 dari 6 halaman

17. Soto Sampah

Disebut Soto Sampah karena memang mengandung rempah-rempah dan campuran di dalam soto yang beragam dan mirip sampah. Meski namanya tidak menggugah selera, soto ini punya cita rasa akan memanjakan lidah. Tempat wisata kuliner di Jogja ini buka mulai dari pukul 7 pagi hingga setengah 3 pagi. Soto Sampah berada di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta.

18. Oseng Mercon Bu Narti

Tempat wisata kuliner di Jogja selanjutnya adalah Oseng Mercon Bu Narti. Kuliner satu ini cocok bagi kamu pecinta makanan pedas. Oseng Mercon Bu Narti berada di Jalan KH Ahmad Dahlan (sebelah barat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta) ini. Oseng mercon berisi kikil, gajih, kulit, dan tulang muda ini punya rasa yang sangat pedas. Oseng Mercon Bu Narti buka dari jam 5 sore sampai tengah malam.

19. SGPC Bu Wiryo

SGPC merupakan singkatan dari sego pecel. Meski pecel bukanlah makanan khas jogja, ada sebuah warung pecel yang cukup legendaris di Jogja. Sego Pecel Bu Wiryo, yang kelezatannya sudah begitu terkenal sejak tahun 1959.

SGPC Bu Wiryo terkenal dengan bumbu pecelnya yang sangat terasa, dengan pilihan lauk yang beragam, mulai dari aneka gorengan, satai telur puyuh, satai usus, hingga telur ceplok. SGPC Bu Wiryo terletak di Jl. Agro No.10, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata kuliner di Jogja ini buka dari pukul 7 pagi hingga 9 malam.

20. Mie Ayam Tumini

Di Jogja, ada warung mie ayam yang cukup terkenal dan sering dikunjungi banyak wisatawan, yaitu mie ayam tumini. Mie ayam yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Umbulharjo, Yogyakarta tak jauh dari Terminal Giwangan.

Mie ayam Tumini memiliki kuah kental berwarna cokelat. Belum lagi dengan potongan daging ayam dan ceker yang besar membuatnya terasa nikmat disantap. Saking ramainya, warung mie ayam ini, bisa menghabiskan lebih dari 700 porsi per hari. Mie Ayam Tumini buka dari pukul 10 pagi hingga 5 sore.

21. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut sendiri adalah Lele yang terlebih dahulu diasap selama 5 jam. Mangut lele ini dimasak dengan rempah pilihan yang membuat rasanya tak diragukan lagi. Warung Mangut Lele Mbah Marto sudah ada sejak 1960 silam.

Warung ini berada di lokasi yang cukup sulit untuk ditemukan. Pasalnya kamu harus blusukkan untuk bisa menemukan warung ini. Mangut Lele Mbah Marto tepatnya berada di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon,Bantul,Yogyakarta. Mangut Lele Mbah Marto buka dari pukul 10 pagi hingga 4 sore.

22. Es Buah PK

Panasnya cuaca Jogja di siang hari membuat es buah PK menjadi kuliner yang cocok untuk dicoba. Es buah ini sudah ada sejak tahun 1973. Warung es buah ini selalu ramai dikunjungi pembeli setiap harinya. Lokasinya berada di Jalan Pakuningratan Jetis Yogyakarta. Satu porsi es buah PK ini dihargai Rp8 Ribu an saja. Es PK cocok menghilangkan dahaga kamu yang kepanasan di siang hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS