Sukses

Tak Usah Bingung, Ini 5 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen di Iphone dan Android, mudah juga praktis dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat yang sangat populer digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Popularitas aplikasi ini tidak terlepas dari berbagai keunggulannya, seperti aplikasi yang gratis, ringan dan jarang mengalami gangguan teknis.

Fitur-fitur menarik yang disediakan WhatsApp, termasuk panggilan suara dan video, pengiriman pesan teks, serta pengiriman berbagai macam file penting, menjadikannya pilihan utama untuk komunikasi dan bertukar kabar.

Namun, tidak jarang terjadi situasi di mana chat yang ada di WhatsApp terhapus, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini tentu dapat menyebabkan kesulitan, terutama jika chat yang terhapus berisi informasi penting. Oleh karena itu, mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen menjadi sangat penting dan berguna.

Beruntung, ada beberapa metode dan cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen, salah satunya menggunakan Google Drive. Selain itu, memanfaatkan folder backup yang tersedia di perangkat juga jadi pilihan menarik, di mana Anda bisa masuk ke menu Pengaturan dan pilih opsi Chats and Calls, kemudian pilih Back up Chat. 

Adapun proses backup dan restore ini tidak hanya membantu mengembalikan chat yang hilang, tetapi juga memastikan bahwa Anda tidak kehilangan informasi penting di masa mendatang. Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, tentang beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen dengan mudah, Kamis (20/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen bisa menjadi tantangan, terutama jika Anda belum melakukan backup sebelumnya. Namun, ada beberapa metode yang bisa Anda coba untuk mengembalikan chat yang terhapus, baik melalui backup otomatis maupun dengan bantuan software pemulihan data. Berikut adalah panduan lengkap yang bisa Anda ikuti untuk mencoba memulihkan chat WhatsApp Anda.

1. Menggunakan Google Drive

Menggunakan Google Drive adalah salah satu metode paling umum dan mudah, untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Google Drive menyediakan penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda menyimpan cadangan chat WhatsApp secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah yang lebih mendetail:

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda. Caranya adalah dengan menekan dan menahan ikon aplikasi WhatsApp hingga muncul opsi untuk uninstall, kemudian pilih opsi tersebut.
  2. Masuk ke Google Play Store (untuk pengguna Android) dan cari aplikasi WhatsApp. Unduh dan pasang kembali aplikasi tersebut di ponsel Anda. Pastikan Anda menggunakan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan untuk membuat backup.
  3. Buka aplikasi WhatsApp yang baru saja diinstal dan lakukan verifikasi nomor telepon Anda. WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor Anda melalui SMS. Masukkan kode tersebut untuk melanjutkan proses verifikasi.
  4. Setelah verifikasi nomor telepon selesai, WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi adanya backup di Google Drive. Anda akan diberi opsi untuk memulihkan chat dari backup tersebut. Pilih opsi "Restore" atau "Pulihkan" dan tunggu hingga proses pemulihan selesai. 
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan selesai. Chat WhatsApp yang sebelumnya terhapus akan kembali seperti semula, termasuk media yang terkait seperti foto, video, dan pesan suara.

2. Memanfaatkan Folder Backup Lokal

  1. Selain menggunakan Google Drive, WhatsApp juga membuat backup lokal di ponsel Anda setiap hari. Backup lokal ini disimpan di dalam folder WhatsApp di penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang lebih mendetail untuk memanfaatkan folder backup lokal:
  2. Akses aplikasi file manager di ponsel Anda. Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi file manager bawaan, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer atau File Manager dari Google Play Store.
  3. Navigasikan ke folder WhatsApp/Databases yang biasanya terletak di penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda. Di dalam folder tersebut, Anda akan menemukan file backup dengan nama msgstore.db.crypt12 atau yang serupa, seperti msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12.
  4. Ganti nama file backup terbaru menjadi msgstore.db.crypt12.current untuk mempermudah identifikasi. Kemudian, cari file backup yang lebih lama (misalnya, msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12) dan ubah namanya menjadi msgstore.db.crypt12.
  5. Hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  6. Pasang kembali aplikasi WhatsApp dari Google Play Store. Pastikan Anda menggunakan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan untuk membuat backup.
  7. Buka aplikasi WhatsApp yang baru saja diinstal dan lakukan verifikasi nomor telepon Anda. 
  8. Setelah verifikasi nomor telepon selesai, WhatsApp akan mendeteksi backup lokal. Pilih opsi "Restore" atau "Pulihkan" dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.
  9. Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan chat Anda akan kembali seperti semula.

 

 

 

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan Fitur Recent Backup

Metode ketiga adalah menggunakan fitur recent backup yang secara otomatis dilakukan oleh WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memulihkan chat yang terhapus dari backup yang paling baru. Berikut adalah langkah-langkah yang lebih mendetail untuk menggunakan fitur recent backup:

  1. Hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Pasang kembali aplikasi WhatsApp dari Google Play Store.
  3. Buka aplikasi WhatsApp yang baru saja diinstal dan lakukan verifikasi nomor telepon Anda.
  4. Ketika diminta untuk memulihkan chat, pilih opsi "Restore" atau "Pulihkan". WhatsApp akan mendeteksi backup yang paling baru dan menawarkan untuk memulihkannya.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan selesai. Chat yang sebelumnya terhapus akan kembali seperti semula.

4. Memulihkan Riwayat Chat dari Cadangan iCloud

Metode ini sangat berguna bagi pengguna iPhone yang telah membuat cadangan chat WhatsApp ke iCloud. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda telah membuat cadangan chat di iCloud. Anda bisa memeriksanya dengan membuka aplikasi WhatsApp, masuk ke Pengaturan, pilih Chat, kemudian Cadangan Chat. Di sana, Anda bisa melihat kapan terakhir kali cadangan dilakukan.
  2. Setelah memastikan bahwa cadangan tersedia, langkah berikutnya adalah menghapus aplikasi WhatsApp dari iPhone Anda.
  3. Untuk melakukannya, tekan dan tahan ikon WhatsApp hingga muncul opsi untuk menghapus aplikasi. Setelah itu, konfirmasikan penghapusan aplikasi.
  4. Kunjungi App Store, cari WhatsApp, dan unduh kembali aplikasi tersebut ke iPhone Anda. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi WhatsApp.
  5. Masukkan nomor telepon Anda dan lakukan verifikasi nomor telepon seperti biasa. WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut melalui SMS atau panggilan suara.
  6. Setelah verifikasi nomor selesai, WhatsApp akan mendeteksi cadangan chat di iCloud dan menawarkan untuk memulihkannya. Pilih opsi "Pulihkan" atau "Restore" dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.
  7. Proses ini mungkin memerlukan beberapa menit tergantung pada ukuran cadangan dan kecepatan internet Anda.

Perlu diperhatikan bahwa untuk menggunakan metode ini, Anda harus masuk dengan ID Apple yang sama yang digunakan untuk membuat cadangan di iCloud. Pastikan juga bahwa iCloud Drive telah diaktifkan di pengaturan iCloud Anda. Selain itu, nomor telepon yang digunakan untuk membuat cadangan harus sama dengan nomor yang Anda gunakan saat memulihkan data.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Memulihkan Chat melalui Transfer Data

Metode ini berguna ketika Anda ingin memindahkan chat WhatsApp dari iPhone lama ke iPhone baru. Berikut adalah langkah-langkah rinci yang bisa Anda ikuti:

  1. Pastikan kedua iPhone, baik yang lama maupun yang baru, telah menggunakan versi iOS yang sama. Ini penting untuk memastikan kompatibilitas selama proses transfer data.
  2. Ketika Anda mengatur iPhone baru, Anda akan melihat halaman pengaturan awal. Pada halaman ini, pilih opsi “Transfer Directly from iPhone” untuk memulai proses transfer data langsung dari iPhone lama ke iPhone baru.
  3. Dekatkan iPhone baru dengan iPhone lama. Pada iPhone lama, akan muncul pesan bertuliskan “Set up New iPhone.” Klik opsi “Continue” untuk melanjutkan.
  4. Kamera iPhone lama akan otomatis terbuka untuk memindai gambar lingkaran berpola yang muncul pada iPhone baru. Lakukan pemindaian gambar ini. Jika berhasil, proses pemulihan data akan mulai berjalan secara otomatis.
  5. Proses pemulihan data dari iPhone lama ke iPhone baru mungkin memerlukan beberapa waktu, tergantung pada jumlah data yang harus dipindahkan.
  6. Pastikan kedua perangkat tetap dekat satu sama lain dan memiliki daya baterai yang cukup selama proses berlangsung.

Tips Tambahan

1. Baik untuk memulihkan dari iCloud atau transfer data, pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat. Ini akan membantu mempercepat proses pemulihan data.

2. Untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang, rutin lakukan cadangan chat WhatsApp ke iCloud. Anda dapat mengatur frekuensi cadangan otomatis di pengaturan WhatsApp, seperti harian, mingguan, atau bulanan.

3. Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan di iCloud dan perangkat iPhone Anda untuk menyimpan cadangan chat dan media.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di iPhone. Metode ini tidak hanya memastikan bahwa chat penting Anda dipulihkan, tetapi juga membantu menjaga data tetap aman dan terorganisir.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini