Sukses

37 Nama Pakaian Adat Indonesia dari Seluruh Provinsi, Ditetapkan Jadi Seragam Sekolah

Daftar nama pakaian adat Indonesia di 37 provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengeluarkan peraturan baru tentang pakaian adat yang dijadikan seragam sekolah bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA.

Kebijakan ini berlaku mulai 7 September 2022 dan tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam pasal 3 disebutkan peraturan seragam sekolah bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA selain ada seragam nasional dan seragam pramuka, ditambahkan pula seragam khas sekolah serta pakaian adat yang menyesuaikan dengan kewenangan Pemerintah Daerah.

Adanya peraturan pakaian adat jadi seragam sekolah ini sekaligus mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Di Indonesia, total ada 37 provinsi per bulan Juli 2022. Adanya tambahan tiga provinsi ini, maka total ada 37 nama pakaian adat Indonesia dari seluruh provinsi yang perlu diketahui.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang peraturan pakaian adat jadi seragam sekolah dan 37 nama pakaian adat Indonesia dari seluruh provinsi, Rabu (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peraturan Pakaian Adat Jadi Seragam Sekolah

Merujuk pada peraturan terbaru tentang seragam sekolah, tertuang dalam pasal 8 dan pasal 9. Ditegaskan, bahwa peraturan pakaian adat jadi seragam sekolah dan pakaian khas sekolah yang dimaksud dalam pasal 4 ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dengan tetap memperhatikan hak setiap Peserta Didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

“Model dan warna pakaian adat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ditetapkan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hak setiap Peserta Didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya,” bunyi pasal 9.

Jadwal mengenakan seragam nasional paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera. Kemudian seragam pramuka dan seragam khas sekolah dikenakan pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

Sementara jadwal mengenakan pakaian adat jadi seragam sekolah, wajib digunakan atau dikenakan oleh peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.

Tak hanya mengatur jadwal mengenakan seragam sekolah, melainkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan kewenangannya, sekolah, dan masyarakat diharapkan dapat membantu pengadaan pakaian seragam sekolah dan pakaian adat bagi siswa dengan memprioritaskan siswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Jika pemerintah daerah melanggar kewajiban yang sudah diatur dalam Permendikbud 50, maka akan dikenakan sanksi administratif berupa peringatan lisan; peringatan tertulis; penundaan kenaikan pangkat, golongan, dan/atau hak-hak jabatan; serta sanksi administratif lain sesuai peraturan perundang-undangan.

3 dari 4 halaman

37 Nama Pakaian Adat Indonesia dari Seluruh Provinsi

Di Indonesia, total ada 37 provinsi per bulan Juli 2022. Tiga tambahan provinsi baru di Indonesia ini meliputi Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Adanya tambahan tiga provinsi ini, maka total ada 37 nama pakaian adat Indonesia dari seluruh provinsi yang perlu diketahui. Ini bisa dijadikan inspirasi atau rekomendasi pakaian adat jadi seragam sekolah sesuai dengan peraturan Kemdikbud yang baru.

Menghimpun data dari dalam buku berjudul Mengenal Seni dan Budaya Indonesia oleh R. Rizky dan T. Wibisono serta situs website resmi Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua atau papua.go.id, ini 37 nama pakaian adat Indonesia dari seluruh provinsi yang dimaksudkan:

1. Provinsi Aceh: Ulee Balang

2. Sumatera Utara: Ulos

3. Sumatera Barat: Bundo Kanduang

4. Riau: Teluk Belanga dan Kebaya Laboh

5. Kepulauan Riau: Teluk Belanga dan Kebaya Laboh

6. Bengkulu: Rejang Lebong

7. Jambi: Baju Kurung Tanggung

8. Lampung: Tulang Bawang

9. Sumatera Selatan: Aesan Gede

10. Bangka: Paksian

11. Banten: Baju Pangsi

12. DKI Jakarta: Kebaya Encim dan Sadariah

13. Jawa Barat: Pakaian Adat Bedahan dan Kebaya Sunda

14. Jawa Tengah: Kebaya Jawa

15. DI Yogyakarta: Kebaya Ksatrian

16. Jawa Timur: Pesa'an

17. Kalimantan Barat: King Baba dan King Tompang

18. Kalimantan Timur: Pakaian Adat Kustin

4 dari 4 halaman

37 Nama Pakaian Adat Indonesia dari Seluruh Provinsi Selanjutnya

19. Kalimantan Selatan: Babaju Kun Galung Pacinan

20. Kalimantan Tengah: Sangkarut

21. Kalimantan Utara: Ta'a dan Sapei Sapaq

22. Gorontalo: Biliu dan Makuta

23. Sulawesi Barat: Pattuqduq Towaine

24. Sulawesi Tengah: Baju Nggembe

25. Sulawesi Utara: Laku Tepu

26. Sulawesi Tenggara: Kinawo, Babu Nggawi

27. Sulawesi Selatan: Baju Bodo, Baju Pokko

28. Bali: Pakaian Adat Payas Agung

29. Nusa Tenggara Timur: Pakaian Suku Sabu

30. Nusa Tenggara Barat: Pakaian Adat Lambung

31. Maluku: Baju Cele

32. Maluku Utara: Manteren Lamo

33. Papua: Koteka atau Holim

34. Papua Barat: Pakaian Adat Ewer

35. Papua Pegunungan: Koteka atau Holim

36. Papua Selatan: Pummi

37. Papua Tengah: Koteka atau Holim

Demikian daftar nama pakaian adat Indonesia dari setiap provinsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.