Sukses

14 Wisata Sarangan yang Terbaru dan Populer, Memiliki Panorama Alam Indah Juga Memesona

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Magetan Sarangan adalah salah satu penghasil wisata alam yang sangat indah di Indonesia. Terdapat beberapa tempat wisata Sarangan yang wajib untuk dikunjungi saat menghabiskan akhir pekan. Tempat yang terletak di lereng Gunung Lawu membuat pemandangan wisata yang ada di sini sangat unik dan ikonik.

Selain itu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini, juga terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata di kota-kota lain. Saat ini banyak sekali pengunjung yang mengeksplorasi wisata Sarangan untuk berlibur bersama teman dan keluarga sekedar melepas penat. 

Wisata Sarangan memiliki wisata alam yang kekinian, wisata keluarga, hingga wisata sejarah. Semua wisata Magetan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas memacu adrenalin, berburu foto menarik, menikmati hamparan pepohonan hijau, memancing dan kegiatan menarik lainnya, maka destinasi wisata di sini layak untuk dikunjungi. 

Berikut ini wisata Sarangan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/10/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Sarangan

1. Air Terjun Tirtasari

Wisata Sarangan yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Tirtasari, di mana pengunjung akan mendapatkan ketenangan saat berada di sini. Memang air terjun di sini tidak terlalu tinggi, namun masih banyak orang yang menganggap bahwa air terjun Tirtasari adalah salah satu air terjun di Magetan yang memiliki pesona sangat menawan. Di sini Anda bisa melihat batu bertingkat, kemudian air mengalir melalui batu bertingkat ini, sehingga semakin indah dipandang mata. Sekitar air terjun ini terdapat rerumputan dan pepohonan hijau yang memberikan suasana yang segar dan sejuk. Akan sangat cocok dikunjungi saat Anda merasa penat dari banyaknya aktivitas. 

2. Air Terjun Bidadari

Wisata Sarangan yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun bidadari. Tempat ini adalah salah satu wisata baru yang ada di Magetan, lebih tepatnya ini berada di kaki gunung Lawu. Karena baru dibuka, membuat tempat wisata ini masih terjaga kondisi alamnya dan membuat pikiran pengunjung jadi lebih segar. Jangan khawatir, karena fasilitas di tempat ini juga cukup memadai, salah satunya lahan parkir yang tersedia luas dengan akses jalan yang mudah untuk dilalui.

3. Air Terjun Pundak Kiwo

Dikenal sebagai air terjun paling deras di Magetan, membuat wisata Sarangan satu ini tak pernah sepi dari pengunjung. Air Terjun Pundak Kiwo memiliki panorama sayang sangat indah juga eksotis, dikelilingi hamparan pepohonan dan bebatuan hitam legam. Bagi pengunjung, selain Anda bisa menikmati air terjun, ada pilihan lain juga yaitu berendam di kolamnya. Ada pula gazebo di sekitar air terjun yang bisa digunakan untuk melepas lelah.

4. Cemoro Sewu

Wisata Sarangan yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Cemoro sewu. di mana saat berkunjung maka Anda akan melihat banyak sekali pohon cemara yang hijau dan rindang. Tempat ini bisa memberikan latar belakang rimbunan pohon cemara yang elok. Pengelola wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung yang datang, seperti area parkir, masjid, rumah makan, tempat istirahat, taman bermain, kamar mandi, toilet, serta camping ground. Anda juga bisa manfaatkan tempat wisata ini untuk melakukan piknik bersama keluarga. 

 

3 dari 4 halaman

Wisata Sarangan

 

5. Telaga Wahyu

Salah satu wisata Sarangan yang memiliki pemandangan cukup indah dan memesona adalah Telaga Wahyu. Telaga ini berada di lereng kaki gunung Lawu, serta tersedia berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di sini. Buat pengunjung wisata, Anda bisa memancing ikan sembari menikmati sejuk dan eloknya pemandangan. Jangan khawatir, karena pengelola wisata sudah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk digunakan, seperti becak air untuk berkeliling telaga, area parkir, mushola dan juga warung makan untuk mengisi kekosongan perut kamu.

6. Sumber Sejok

Tempat wisata Sarangan yang wajib dikunjungi, serta dijadikan sebagai destinasi liburan yang seru dan menyenangkan adalah Sumber Sejok. Saat berada di sini, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat alami, juga kolam yang berisi air dari mata air murni pegunungan. Mata air yang memiliki kedalaman hingga 3 meter ini bisa digunakan untuk menyelam, berenang, dan masih banyak lagi. Wisata ini juga memiliki udara sejuk, dan air yang sangat segar, kalian akan mendapatkan spot wisata dengan pemandangan alami yang sangat indah.

 

7. Ujung Kulon

Wisata Sarangan yang wajib Anda kunjungi adalah Ujung Kulon, di mana tersedia hamparan perbukitan asri dengan beragam spot foto kekinian. Bagi kamu yang menyukai swafoto, maka tempat ini merupakan destinasi yang cocok. Dari sini, kamu bisa melihat keindahan lereng Gunung Lawu didampingi suasananya sejuk, membuat pikiran jauh lebih tenang. Tersedia berbagai fasilitas yang tentu membuat pengunjung betah diantara lain ayunan, meja terbang, gardu pandang, dan sepeda terbang yang paling menantang. 

8. Puntok Geneng

Wisata Sarangan selanjutnya yang cocok dijadikan destinasi liburan adalah Puntok Geneng. Saat berada di tempat ini, pengunjung akan melihat lanskap alam pegunungan dengan gardu pandang yang estetik. Tak hanya satu, tetapi beragam gardu pandang ada di sini, juga beragam, baik itu yang berbentuk bintang, lambang cinta atau hati, hingga spot foto berupa sangkar burung. 

 

9. Telaga Sarangan

Selain Telaga Wahyu, wisata Sarangan yang wajib Anda kunjungi adalah Telaga Sarangan di mana tempat ini sekarang sedang populer dan tak pernah sepi dari pengunjung. Tempat ini membuat pengunjung memiliki banyak sekali aktivitas, mulai dari berbagai wahana air yang tersedia, melakukan swafoto dan masih banyak lagi. Tempat ini memiliki suasana yang sejuk akan semakin terasa karena banyaknya pepohonan rindang di sekeliling telaga.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Wisata Sarangan

10. Air Terjun Tirtosari

Tempat wisata di Sarangan yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Tirtosari, yang terletak di kawasan perkebunan dan hutan pinus. Pengunjung yang bertandang ke tempat ini, akan dimanjakan matanya oleh pemandangan panoram yang ada di sini. Selain itu, udara sejuk dan jernihnya air yang ditawarkan akan membuat kamu betah berada di sana. Terdapat juga daya tarik yang membuat orang sselalu datang berkunjung ke sini adalah bila membasuh muka atau mandi di sana, dipercaya akan membuat awet muda. 

11. Kampung Pinus

Wisata Sarangan yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Kampung Pinus, di mana pengunjung yang datang akan memiliki banyak sekali aktivitas seperti, kegiatan outboand yang seru, ATV, Camping Ground, dan High Rope. Wahana ATV adalah wahana roda 4 yang melatih otot dan otak serta dapat menggugah adrenalin, High Rope yang didesain untuk melatih adrenalin dengan berjalan diatas tali dengan ketinggian 10 meter, yang harus bisa melewati rintangan yang disediakan dan masih banyak lagi. Tempat ini akan sangat cocok jika Anda yang suka dengan aktivitas memacu adrenalin. 

12. Mbah Djoe Resort

Salah satu Wisata Sarangan yang populer serta wajib dikunjungi adalah penginapan. Ketika Anda sudah mulai letih setelah seharian melakukan aktivitas luar ruangan, maka resort satu ini menawarkan pemandangan perbukitan yang elok dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Mbah Djoe Resort terletak di kecamatan Plaosan ini memiliki gardu yang didesain seperti ujung sebuah kapal, juga tersedia kolam renang dan sebuah kafe untuk memanjakan lidah pengunjung.

13. Taman Genilangit

Wisata Sarang yang menjadi destinasi liburan seru dan menyenangkan adalah Taman Genilangit. Tempat ini akan sangat copcok dengan pengunjung yang suka berburu foto menarik ala jepang, juga terdapat banyak spot foto yang bisa dicoba oleh pengunjung. Selain itu, tempat ini juga memiliki pemandangan khas negeri sakura, juga berbagai wahana menarik seperti Sepeda Terbang, Spot Kupu-Kupu Dan Spot Perahu Di Bibir Jurang, Taman Bermain anak-anak, dan juga Cafe yang cocok untuk acara nongkrong.

14. Mojosemi Forest Park

Tempat wisata Sarangan yang wajib untuk dikunjungi adalah Mojosemi Forest Park. Tempat ini akan sangat cocok dikunjungi, serta menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga. Tersedia wahana bermain outdoor yang menarik dan menantang adrenalin, seperti skywalk, air softgun, paint ball, high rope, flying fox dan glamour camping. Saat berada di tempat wisata ini, pengunjung bisa menyewa ATV dengan track yang telah disediakan sepanjang 4 km, jeep yang termasuk ke dalam track lawu tour. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS