Sukses

Komprehensif Adalah Suatu Hal yang Bersifat Menyeluruh, Ketahui Contoh Penerapannya

Komprehensif adalah mewakili sesuatu yang dilihat dengan kacamata lebih luas dan menyeluruh.

Liputan6.com, Jakarta Komprehensif adalah istilah yang kerap kali digunakan dalam segala lini kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang telah memahami komprehensif, namun sebagian juga masih belum mengerti apa itu komprehensif.

Komprehensif adalah kata serapan dari bahasa Inggris. Komprehensif adalah sebuah kata sifat yang dapat mengacu pada sifat seseorang atau menjelaskan keterangan tentang suatu hal yang dilakukan orang tersebut.

Istilah komprehensif dapat anda temui saat membaca surat kabar, jurnal ilmiah, maupun pernyataan dari tokoh-tokoh penting. Dengan begitu arti komprehensif memiliki makna yang luas dan dapat digunakan untuk keperluan berbagai bidang.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian komprehensif dan contoh penerapannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Komprehensif

Menurut kamus Merriam-Webster, pengertian komprehensif didefinisikan sebagai meliputi keseluruhan secara luas. Bisa dikatakan bahwa komprehensif adalah sesuatu yang mencakup semua atau sebagian besar.

Secara etimologi, kata komprehensif berasal dari bahasa Latin yaitu comprehensivus dan bahasa Inggris yaitu comprehensive yang memiliki arti  luas, menyeluruh, teliti dan meliputi banyak hal. Istilah komprehensif digunakan untuk menyatakan keadaan di mana sesuatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap dan luas serta memberikan wawasan yang lebih.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ada tiga pengertian dari komprehensif. Pengertian pertama, komprhensif adalah bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik. Kedua, komprehensif adalah luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi). Ketiga, komprehensif adalah mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas. Makna komprehensif yang berbeda-beda ini tentunya harus dipahami sesuai konteks yang sedang dibahas.

Istilah komprehensif adalah menggambarkan seseorang mempunyai wawasan yang luas. Bila digunakan dalam percakapan, biasanya komprehensif adalah mewakili sesuatu yang dilihat dengan kacamata lebih luas dan menyeluruh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pola Pikir Komprehensif

Pola pikir komprehensif adalah metode atau cara berpikir secara menyeluruh. Dengan berpikir komprehensif, maka akan melahirkan sikap proaktif. Baik dalam menjalankan visi dan misi organisasi. Supaya bisa berjalan lancar. Tanpa sikap proaktif, seorang pemimpin tak bisa menjalankan kepemimpinan secara efektif dan efisien.

Menurut Mohammad Syaifuddin dan Ahmad Taufiq dalam bukunya yang berjudul 'Strategi Mindset System Belajar Kritis Komprehensif', berpikir komprehensif adalah kemampuan untuk berpikir tingkat tinggi, bersifat luas, dan menyeluruh.

Dalam bidang seni, pola pikir komprehensif dapat membuat seseorang mudah menjalin relasi dengan sesama. Terlebih lagi bagi yang memiliki latar belakang agama, sosial, suku bangsa dan perbedaan lain. Mereka akan semakin memahami secara mendalam perbedaan masing-masing untuk menyelaraskan tujuan. Serta memahami satu sama lain.

Dapat disimpulkan, bahwa manfaat pola pikir komprehensif adalah mampu mendorong seseorang untuk lebih bijak dalam bertindak dan menentukan keputusan. Mampu mengakomodasi hal-hal positif semaksimal mungkin dan menghindari hal-hal negatif. Selain itu, pola pikir komprehensif juga mendorong seseorang untuk memikirkan segala sesuatunya dengan penuh pertimbangan. Salah satunya saat membuat dan menentukan keputusan.

4 dari 5 halaman

Contoh Penerapan Kata Komprehensif

Untuk lebih memahami kata komprehensif adalah perlu mengetahui contoh penerapan katanya. Berikut ini terdapat beberapa contoh penerapan kata komprehensif, yaitu:

1. Rumah Sakit Umum Tanah Abang Jakarta menyediakan layanan komprehensif kepada pasien korban tabrak lari.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif tersebut adalah Rumah Sakit Umum Tanah Abang Jakarta memberikan pelayanan secara menyeluruh. Melalui upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi pasien korban tabrak lari.

2. Berita komprehensif yang disiarkan oleh stasiun televisi XX akhirnya membuat masyarakat memahami masalah kesenjangan sosial secara umum.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif di atas adalah laporan tentang suatu fakta yang disajikan secara utuh. Serta dikaji menyeluruh, dari berbagai aspek untuk menghasilkan suatu kesimpulan.

3. Perusahaan Portalmana melaporkan keuntungan komprehensif yang diperoleh di tahun 2021.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif ini yaitu keuntungan perusahaan. Secara detail menjelaskan adanya pengaruh berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan. Misalnya keuntungan dari perubahan nilai tukar mata uang.

4. Seluruh universitas di Indonesia harus mengadakan ujian komprehensif bagi seluruh mahasiswa semester akhir.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif ini yaitu ujian yang meliputi seluruh aspek di bidang ilmu tertentu. Melalui ujian ini bisa dilihat apakah seorang mahasiswa layak untuk lulus atau tidak.

5. Pemahaman agama secara komprehensif diharapkan dapat menangkal dan mencegah paham radikalisme di lingkungan masyarakat.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif artinya adalah semua orang perlu memahami agama secara menyeluruh, di sini berarti orang tersebut harus mempelajari agamanya masing-masing secara keseluruhan supaya dapat mencegah terjadinya radikalisme.

5 dari 5 halaman

Sinonim dan Antonim Arti Komprehensif

Sinonim

1. Universal.

2. Lengkap.

3. Global.

4. Menyeluruh.

5. Utuh.

6. Besar.

7. Inklusif.

8. Penuh.

9. Banyak.

10. Kaya.

11. Melimpah.

12. Memadai.

13. Maksimum.

14. Ekstensif.

15. Integral.

 Antonim

1. Longgar.

2. Kosong.

3. Mentah.

4. Muda.

5. Eksklusif.

6. Parsial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.