Sukses

13 Penyebab Diabetes Insipidus, Waspada jika Sering Buang Air Kecil

Penyebab diabetes insipidus termasuk gejalanya yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab diabetes insipidus tentu berbeda dengan diabetes melitus. Dua hal itu merupakan kondisi kesehatan yang berbeda. Diabetes insipidus merupakan kondisi di mana seseorang lebih sering buang air kecil dan jadi mudah haus.

Diabetes insipidus bisa menjadi penyakit kronis. Artinya diabetes insipidus bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Namun, diabetes insipidus juga bisa terjadi hanya sementara.

Penyebab diabetes insipidus umumnya adalah masalah hormon antidiuretik. Itu adalah penyebab diabetes insipidus secara umum.

Diabetes insipidus menyebabkan seseorang akan lebih sering buang air kecil. Tidak hanya itu, diabetes insipidus juga membuat seseorang merasa haus, sehingga dia merasa perlu untuk minum terus menerus.

Jika tidak minum, penderita diabetes insipidus akan dengan mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, diabetes insipidus adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan medis.

Berikut adalah ulasan lebih mendalam mengenai penyebab diabetes insipidus, termasuk penanganannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (11/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hormon Antidiuretik

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, terjadinya masalah pada hormon antidiuretik (ADH) merupakan penyebab diabetes insipidus secara umum. Hormon antidiuretik sendiri adalah hormon yang dibuat oleh hipotalamus dan disimpan dan dilepaskan oleh kelenjar pituitari.

Hormon adalah bahan kimia yang mengoordinasikan berbagai fungsi dalam tubuh dengan membawa pesan melalui darah ke organ, kulit, otot, dan jaringan lainnya. Sinyal-sinyal ini memberi tahu tubuh apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya.

Hipotalamus Anda adalah bagian dari otak Anda yang mengontrol sistem saraf otonom dan aktivitas kelenjar pituitari Anda. Itu membuat ADH dan kemudian mengirimkannya ke kelenjar pituitari untuk disimpan dan dilepaskan.

Kelenjar pituitari adalah kelenjar kecil yang terletak di dasar otak Anda di bawah hipotalamus. Ini adalah bagian dari sistem endokrin dan bertugas membuat, menyimpan, dan melepaskan banyak hormon penting yang berbeda.

ADH membantu mengatur keseimbangan air dalam tubuh dengan mengontrol jumlah air yang diserap kembali oleh ginjal saat menyaring limbah dari darah. Tubuh biasanya memproduksi dan melepaskan lebih banyak ADH ketika mengalami dehidrasi atau penurunan tekanan darah. Peningkatan ADH memberi tahu ginjal untuk menahan lebih banyak air daripada melepaskannya dalam urin.

Secara umum ada tiga penyebab diabetes insipidus. Yang pertama, hipotalamus tidak memproduksi cukup ADH. Yang kedua, kelenjar pituitari tidak melepaskan cukup ADH. Yang terakhir, ginjal tidak menggunakan ADH dengan benar.

Tiga hal itu menjadi kemungkinan penyebab diabetes insipidus, sehingga seseorang jadi lebih sering buang air kecil daripada semestinya.

Sebagai contoh, jika seseorang tanpa diabetes insipidus berada di padang pasir tanpa akses ke air, tubuh mereka akan menghasilkan lebih banyak ADH dan menahan air sebanyak mungkin. Seseorang dengan diabetes insipidus akan terus buang air kecil dan akan cepat mengalami dehidrasi.

3 dari 5 halaman

Tipe Diabetes Insipidus

Ada empat jenis diabetes insipidus, di antaranya:

a. Diabetes insipidus sentral

Ini adalah jenis diabetes insipidus yang paling umum. Itu terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup hormon antidiuretik (ADH, atau vasopresin). Hipotalamus Anda menghasilkan ADH, tetapi kelenjar pituitari Anda menyimpan dan melepaskannya. Anda bisa terkena diabetes insipidus sentral jika kelenjar pituitari atau hipotalamus Anda rusak.

b. Diabetes insipidus nefrogenik

Jenis diabetes insipidus ini terjadi ketika kelenjar pituitari Anda melepaskan cukup ADH, tetapi ginjal Anda tidak meresponsnya dengan benar dan tidak dapat menahan air.

c. Diabetes insipidus dipsogenik

Pada diabetes insipidus jenis ini, terjadi masalah dengan hipotalamus yang tidak terkait dengan produksi ADH, sehingga menyebabkan Anda merasa haus dan minum lebih banyak cairan. Karena itu, Anda mungkin perlu sering buang air kecil.

d. Gestational diabetes insipidus

Ini adalah kondisi sementara yang langka yang dapat berkembang selama kehamilan. Gestational diabetes insipidus terjadi ketika plasenta, organ sementara yang menyediakan makanan untuk janin, membuat terlalu banyak enzim yang memecah ADH. Orang yang hamil dengan lebih dari satu bayi lebih mungkin mengalami kondisi ini karena mereka memiliki lebih banyak jaringan plasenta.

4 dari 5 halaman

Gejala Diabetes Insipidus

Seseorang yang mengalami diabetes insipidus dapat diketahui melalui sejumlah gejala yang timbul. Gejala utama diabetes insipidus antara lain sebagai berikut:

a. Sering buang air kecil, termasuk sepanjang malam.

b. Mengeluarkan sejumlah besar urin berwarna terang atau jernih setiap kali Anda buang air kecil.

c. Merasa sangat haus dan sangat sering minum.

Sementara kebanyakan orang menghasilkan satu hingga tiga liter urin sehari, penderita diabetes insipidus dapat memproduksi hingga 20 liter urin sehari.

Jika diabetes insipidus tidak diobati atau jika seseorang dengan diabetes insipidus berhenti minum cairan, dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi.

Gejala dehidrasi antara lain sebagai berikut:

a. Merasa pusing.

b. Merasa lelah.

c. mulut, bibir dan mata yang kering.

d. Sulit berkonsentrasi.

e. Mual.

f. Pingsan.

Jika Anda mengalami rasa haus yang ekstrem dan sering buang air kecil dan/atau dehidrasi, penting untuk pergi ke rumah sakit sesegera mungkin.

Meskipun diabetes insipidus jarang terjadi, itu bukan satu-satunya kondisi yang menyebabkan gejala-gejala ini. Rasa haus yang ekstrem dan sering buang air kecil adalah tanda signifikan bahwa ada sesuatu di tubuh Anda yang tidak berfungsi dengan baik dan membutuhkan perawatan medis.

5 dari 5 halaman

Penyebab Diabetes Insipidus

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, secara umum penyebab diabetes insipidus adalah terjadinya masalah pada produksi hormon antidiuretik. Meski demikian, jika ditelusuri lebih lanjut ada banyak penyebab diabetes insipidus.

Penyebab diabetes insipidus sentral

Diabetes insipidus sentral terjadi ketika ada masalah dengan hipotalamus atau kelenjar pituitari Anda. Penyebab spesifik meliputi:

a. Kerusakan pada hipotalamus atau kelenjar pituitari Anda akibat operasi.

b. Kerusakan pada hipotalamus atau kelenjar pituitari akibat cedera kepala, terutama patah tulang tengkorak basal.

c. Peradangan (granuloma) dari sarkoidosis atau tuberkulosis.

d. Tumor yang mempengaruhi hipotalamus atau kelenjar pituitari Anda.

e. Reaksi autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan Anda merusak sel-sel sehat yang membuat hormon antidiuretik (ADH).

f. Mutasi gen yang diturunkan pada kromosom 20.

Penyebab diabetes insipidus nefrogenik

Diabetes insipidus nefrogenik terjadi ketika ginjal tidak menggunakan hormon antidiuretik (ADH, atau vasopresin) dengan benar. Penyebab spesifik meliputi:

a. Obat-obatan tertentu, seperti lithium dan tetrasiklin.

b. Rendahnya kadar kalium dalam darah Anda (hipokalemia).

c. Tingginya kadar kalsium dalam darah Anda (hiperkalsemia).

d. Saluran kemih yang tersumbat.

e. Mutasi gen yang diturunkan.

Penyebab diabetes insipidus dipsogenik

Diabetes insipidus dipsogenik juga dikenal sebagai polidipsia primer. Diabetes insipidus jenis ini terjadi ketika ada masalah dengan hipotalamus yang tidak terkait dengan produksi ADH, sehingga menyebabkan Anda merasa haus dan minum lebih banyak cairan. Penyebab spesifik meliputi:

a. Kerusakan pada hipotalamus Anda dari operasi, infeksi, peradangan, tumor atau cedera kepala.

b. Kondisi kesehatan mental tertentu, termasuk skizofrenia dan gangguan obsesif-kompulsif.

Penyebab diabetes insipidus gestasional

Gestational diabetes insipidus adalah kondisi langka yang mempengaruhi orang yang sedang hamil. Itu terjadi ketika plasenta Anda membuat terlalu banyak enzim tertentu yang memecah hormon antidiuretik Anda (ADH, atau vasopresin). Jika Anda hamil dengan lebih dari satu bayi, Anda lebih mungkin terkena diabetes insipidus gestasional karena Anda memiliki lebih banyak jaringan plasenta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.