Sukses

9 Cara Membuat Desain Baju untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan

Cara membuat desain baju yang mudah untuk pemula

Liputan6.com, Jakarta Merancang dan membuat baju, cukup sederhana untuk dilakukan. Melansir dari Instructables cara membuat desain baju bisa dilakukan oleh siapa saja, selama memiliki ide juga beberapa kertas, kain, alat pengukur, serta sesuatu yang dapat digunakan untuk memotong, dan yang paling penting adalah alat untuk menjahit. 

Cara membuat desain baju, bisa dilakukan secara bertahap, serta harus membangun keterampilan dasar seperti belajar menggambar. Selain itu Anda juga perlu untuk memahami berbagai teknologi desain yang bisa dijadikan sebagai acuan, serta tahapan dalam proses desain. 

Cara membuat desain baju selain mudah untuk diikuti, dengan cara ini sekaligus akan menjadi ide bisnis yang menarik. Hanya memerlukan mesin jahit, rancangan baju yang telah disiapkan juga beberapa peralatan seperti benang, pita pengukur serta bahan baju

Berikut ini cara membuat desain baju yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Desain Baju

1. Persediaan yang Diperlukan

Peralatan yang harus disiapkan untuk membuat desain baju adalah 

- Kertas yang akan digunakan untuk menggambar

- Pensil

- Butcher's Paper

- Penggaris

- Gunting

- Penanda Roda Kapur

- Pita pengukur

- Mesin Jahit (bisa dilakukan dengan tangan, jika Anda berani)

- Kain (dan kain dress liner)

- Benang

- Jarum yang digunakan untuk sentuhan jahitan tangan

- Resleting baju (Gaun)

- Seam Ripper 

2. Draf Desain, Pengukuran, dan Stensil

- Menggambar desain baju yang diinginkan, kemudian siapkan ukuran pada kertas grafik untuk memastikan simetri.

- Menggambar masing-masing bidang datar, lalu mencatat di mana jahitannya. Salah satu contoh, ketika ukuran pinggang  adalah 30 inci (lingkar), maka bagian juga bagian depan yang menutupi pinggangnya akan berukuran sekitar 15 inci. 

- Dengan gambar-gambar yang telah disiapkan, akan memudahkan untuk memperkirakan jumlah kain yang akan dibeli. 

 

- Buat stensil sedikit lebih besar dari ukuran sebenarnya, serta menyisakan ruang untuk jahitannya. 

- Periksa pengukuran dengan penggaris atau pita pengukur secara konstan, lalu gunakan tepi kertas untuk menjaga tepi lurus tetap lurus

- Gunakan kompas jika Anda paham geometris, lalu lipat stensil menjadi dua secara bilateral untuk memastikan simetri

- Satu stensil juga dapat digunakan untuk lebih dari satu bagian gaun.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Desain Baju

3. Potong Kain

Setelah stensil dipotong, langkah selanjutnya adalah meletakkan desain di atas kain lalu jiplak gambar dengan roda kapur. Berhati-hatilah agar stensil tidak merayap saat Anda menandai kain. Namun jika kain Anda sangat kusut, setrika sebelum melakukan langkah ini. 

4. Balik Luar dan Setrika

Cara membuat baju selanjutnya, sebelum menjahit secara liner adalah menyetrika kain. Pastikan juga untuk mendapatkan ujung-ujung kain dengan sangat baik, serta mengeluarkan bahan tersembunyi dari setiap sudut-sudut kain. 

5. Jahit Liner Planes ke Outer Planes

Cara membuat desain baju selanjutnya adalah jahit secara liner planes ke outer planes jika yang ingin dilakukan adalah menjahit gaun. Anda harus menjahit bidang liner ke bidang pakaian yang sebenarnya, lalu pastikan untuk menyematkan tepinya sebelum Anda mulai menjahit agar semuanya tetap sejajar. Bidang-bidang ini akan dibalik jadi pastikan untuk meninggalkan tepi bagian bawah. 

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Desain Baju

6. Mulai Menjahit 

Sebelum menjahit, siapkan semua desain baju serta potongan - potongan baju yang akan dijahit. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjahit bagian atas baju atau gaun (opsional) secara bersama-sama, kemudian jahit mengikuti pola gambar yang diinginkan. 

7. Menambahkan Ritsleting (opsional)

Jika baju yang ingin kamu desain perlu menambahkan ritsleting, dan Anda belum pernah menjahit ritsleting sebelumnya, maka hal ini menjadi cara yang tepat untuk dicoba.

- Letakkan bidang yang ingin ditambahkan ritsleting.

- Tandai dengan tepat di mana ritsleting akan berakhir 

- Potong garis yang ada pada bidang, kemudian balikkan bidang ke dalam dan jahit di sekitar potongan. Namun sebelum itu, pin terlebih dulu.

- Langkah yang terakhir, jahit di sepanjang garis pin itu

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Desain Baju

8. Jahit Bagian Bawah dan Hubungkan Bagian Atas

Pada tahap ini, balikkan baju ke luar dan jahit bidang secara bersama-sama. Selanjutnya, balikkan juga gaun ke luar dan sambungkan tali atas. 

9. Langkah Opsional

Jika ingin menambah hiasan di baju seperti renda, maka kamu bisa menjahitnya dengan mesin jahit atau tangan, dan jahit secara liner dari dalam. Kamu juga dapat menjahit kait baju dengan tangan ke bagian atas ritsleting. Anda juga dapat membuat potongan di bagian bawah gaun jika Anda menyukai gayanya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.