Sukses

Trust Issue Adalah Masalah Kepercayaan, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Trust Issue adalah masalah kepercayaan yang membuat seseorang tidak dapat mempercayai orang lain, berikut penyebab dan cara mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Trust issue adalah masalah kepercayaan yang dialami seseorang. Masalah ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mempercayai bahwa orang lain dapat diandalkan baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja. Masalah kepercayaan ini dapat membuat masalah dalam hubungan yang sedang atau akan dijalin.

Trust issue adalah masalah dalam hubungan yang harus segera diatasi. Ini karena tanpa kepercayaan hubungan yang dibangun akan sulit untuk dibangun dan dipertahankan. Kepercayaan adalah bagian penting dari hubungan apa pun. Tanpa kepercayaan akan sulit untuk memiliki hubungan yang sehat dan tahan lama.

Penyebab trust issue adalah hal yang juga perlu dipelajari untuk dapat memahami masalah hubungan ini. Orang yang pernah mengalami beberapa jenis pengkhianatan, seperti ketidaksetiaan dalam suatu hubungan, dapat mengembangkan trust issue yang kemudian akan mengganggu hubungan di masa depan.

Trust issue adalah masalah dalam hubungan yang perlu kita pahami. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari Verywellmind, Senin (29/8/2022) tentang penyebab trust issue, tanda seseorang mengalami trust issue dan cara mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanda-tanda Seseorang Mengalami Trust Issue

Terdapat beberapa perilaku berbeda yang bisa dijadikan acuan yang menunjukkan bahwa Anda atau pasangan memiliki masalah dalam mempercayai orang lain atau trust issue. Melansir Verywellmind, beberapa tanda di antaranya adalah:

1. Selalu berasumsi yang terburuk

Trust Issue bisa membuat anda berasumsi yang terburuk tentang orang-orang di sekitar anda bahkan ketika mereka telah membuktikan diri mereka dapat dipercaya di masa lalu. Misalnya, ketika seseorang menawarkan untuk membantu, anda bertanya-tanya apakah mereka mengharapkan sesuatu dari anda nanti.

 

2. Kecurigaan

Trust Issue juga dapat membuat anda merasa curiga tentang niat orang lain, meskipun hanya sedikit yang menunjukkan bahwa tindakan mereka mencurigakan. Anda mungkin merasa seperti orang lain mencoba untuk menyakiti anda atau menipu anda.

 

3. Sabotase diri

Trust Issue sering kali mengarah pada sabotase diri. Misalnya, anda mungkin terlibat dalam perilaku yang mengganggu hubungan anda karena anda menganggap lebih baik mengakhiri sesuatu sekarang daripada berakhir kecewa nanti.

 

4. Hubungan yang tidak sehat

Orang dengan masalah kepercayaan hampir selalu berjuang untuk membangun hubungan yang sehat dan tahan lama. Wajar jika kepercayaan membutuhkan waktu untuk berkembang dalam hubungan romantis, tetapi orang tanpa kepercayaan mungkin tidak pernah mengalami jenis koneksi ini.

 

5. Kurangnya pengampunan

Ketika kepercayaan menjadi masalah, sulit untuk melanjutkan hubungan setelah pengkhianatan kepercayaan terjadi. Ketidakmampuan untuk memaafkan dan melupakan ini dapat mempengaruhi seluruh hidup anda, bukan hanya interaksi anda dengan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan perasaan bersalah, malu, kepahitan, dan penyesalan.

 

6. Menjauhkan diri

Dalam banyak kasus, kurangnya kepercayaan dapat membuat orang membangun tembok antara mereka dan orang lain. Anda menghindari hubungan sama sekali karena anda takut dikhianati atau kecewa.

 

7. Berfokus pada yang negatif

Tidak peduli situasinya, anda selalu fokus pada apa yang anda harapkan akan salah. Anda cenderung memperhatikan kekurangan, kelemahan, atau kesalahan orang lain daripada berfokus pada kualitas positif mereka. Ketika kepercayaan mengganggu kemampuan untuk membentuk hubungan yang sehat dan stabil, itu juga dapat membuat anda merasa terisolasi, kesepian, dan di salah pahami.

3 dari 5 halaman

Jenis Trust Issue

Trust Issue tidak hanya mempengaruhi hubungan romantis. Masalah kepercayaan ini juga dapat menciptakan konflik dan komunikasi yang buruk dalam semua jenis hubungan, baik itu dengan teman, rekan kerja, atau anggota keluarga lainnya. Masih dari Verywellmind, beberapa jenis hubungan umum yang dapat dipengaruhi oleh masalah kepercayaan meliputi:

1. Hubungan romantis : Orang dengan masalah kepercayaan sering berjuang untuk mengandalkan atau percaya pada pasangan romantis mereka. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah dalam hubungan termasuk perselingkuhan terkait kepercayaan, keengganan untuk berkomitmen, dan kesulitan meminta maaf ketika kepercayaan telah dilanggar.

2. Persahabatan : Sama seperti orang yang memiliki masalah kepercayaan dalam hubungan romantis, mereka mungkin juga berjuang untuk mempercayai teman-teman mereka. Kesulitan mempercayai teman sebaya mungkin berasal dari rasa takut akan kekecewaan atau pengkhianatan. Dikecewakan oleh orang-orang di masa lalu dapat membuat anda sulit membuka diri untuk mempercayai teman lagi di masa depan.

3. Hubungan di tempat kerja : Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin tidak mempercayai rekan kerja. Mereka mungkin khawatir bahwa rekan kerja mereka berkonspirasi melawan mereka atau hanya berasumsi bahwa mempercayai rekan kerja tidak begitu penting.

Kepercayaan umum mengacu pada keyakinan apakah sebagian besar orang lain dapat dipercaya atau tidak. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mempercayai orang, kelompok, organisasi, dan pemerintah. Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan umum ini dipengaruhi oleh berbagai kekuatan termasuk budaya, pengalaman interaksi sosial sepanjang hidup, dan pengaruh media.

4 dari 5 halaman

Penyebab Trust Issue

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa kecenderungan untuk percaya dipengaruhi oleh faktor genetik. Ketidakpercayaan, di sisi lain, tidak terkait dengan genetika dan terutama terkait dengan faktor sosialisasi, termasuk dinamika dan pengaruh keluarga.

Orang sering memiliki masalah kepercayaan karena mereka telah dikhianati di masa lalu. Pengalaman masa kanak-kanak, khususnya, sering memainkan peran utama dalam membentuk kemampuan anda untuk mempercayai orang-orang di sekitar anda. Ini berarti bahwa trust issue dapat berasal dari sejumlah sumber, diantaranya:

1. Pengkhianatan dalam suatu hubungan

Perselingkuhan sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan masalah kepercayaan dalam hubungan di masa depan.

 

2. Konflik orang tua

Jika anak-anak menyaksikan masalah kepercayaan dalam keluarga mereka, mereka mungkin takut bahwa hal yang sama akan terjadi pada mereka di masa depan hubungan romantis di masa dewasa.

 

3. Penolakan sosial

Ditolak oleh teman sebaya selama masa kanak-kanak atau remaja juga dapat membuat sulit untuk mempercayai orang lain. Jenis masalah kepercayaan ini dapat diperburuk ketika orang yang ditolak tidak dapat menentukan mengapa mereka dikecualikan. Penolakan yang berulang dapat membuat masalah kepercayaan ini menjadi lebih sulit untuk diatasi.

 

4. Pengalaman hidup yang negatif

Orang yang pernah mengalami trauma terutama saat tumbuh dewasa cenderung mengembangkan masalah kepercayaan di masa dewasa. Masalah kepercayaan ini dapat bermanifestasi dalam berbagai cara termasuk kesulitan mempercayai teman atau pasangan romantis, ketakutan akan pengkhianatan terkait kepercayaan, atau kesulitan memaafkan orang karena melanggar kepercayaan mereka.

 

5. Gaya keterikatan

Para ahli juga menyarankan bahwa gaya keterikatan anda, atau pola karakteristik perilaku anda dalam suatu hubungan, juga berperan dalam cara anda menanggapi kepercayaan dalam hubungan. Orang dengan gaya keterikatan yang aman mungkin lebih cenderung mempercayai orang lain dan memaafkan kesalahan. Mereka yang memiliki gaya keterikatan yang tidak aman, di sisi lain, lebih berjuang dengan kepercayaan dan lebih cenderung mengalami kecemburuan dan kecemasan dalam hubungan.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Trust Issue

Cara Mengatasi Masalah Kepercayaan

Meskipun bisa menjadi usaha emosional yang menantang, adalah mungkin untuk mengatasi masalah dengan kepercayaan. Berikut adalah beberapa strategi membangun kepercayaan yang dapat anda gunakan.

1. Bangun Kepercayaan Perlahan

Penting untuk cukup mempercayai orang untuk mengizinkan mereka masuk ke dalam hidup anda dan memaafkan kesalahan mereka. Meluangkan waktu anda dengannya terkadang dapat membantu. Jika anda mendapati diri anda mencoba mempercayai terlalu cepat dan mungkin inilah saatnya untuk mundur dan meningkatkan kepercayaan itu lagi.

 

2. Bicara Tentang Masalah Kepercayaan

Meskipun anda tidak perlu memberikan setiap detail tentang apa yang terjadi pada anda di masa lalu, bersikap terbuka tentang mengapa anda berjuang dengan kepercayaan dapat membantu orang lain memahami anda dengan lebih baik. Dengan berkomunikasi dengan pasangan anda, mereka dapat lebih menyadari bagaimana tindakan mereka dapat ditafsirkan.

 

3. Bedakan Antara Kepercayaan dan Kontrol

Orang dengan masalah kepercayaan sering merasa perlu untuk mengontrol. Ini terkadang dapat bermanifestasi sebagai perilaku tidak percaya. Anda mungkin merasa dikhianati atau dimanfaatkan jika anda tidak memiliki kendali penuh atas setiap situasi. Namun, ini hanya akan merusak hubungan anda dalam jangka panjang. Mempelajari seberapa banyak kendali yang harus anda hasilkan dalam situasi tertentu adalah kunci untuk membangun kepercayaan dengan orang lain.

 

4. Jadikan Kepercayaan sebagai Prioritas

Mempercayai orang lain bisa jadi sulit, tetapi membangun kepercayaan adalah bagian penting dari hubungan apa pun, romantis atau sebaliknya. Jadikan kepercayaan sebagai prioritas dalam hidup anda bahkan jika itu menantang untuk dilakukan. 

 

5. Jadilah Terpercaya

Jika anda mencoba membangun kepercayaan dengan orang lain, anda harus mau mempercayai mereka terlebih dahulu. Ini berarti bersikap terbuka tentang perasaan, pendapat, pemikiran, dan batasan anda.

Ini juga berarti memahami ketika orang tersebut merusak kepercayaan itu karena semua orang melakukan kesalahan. Mempelajari bagaimana menyeimbangkan kedua gagasan ini akan membantu membangun hubungan interpersonal yang sehat yang didasarkan pada kepercayaan.

 

6. Pertimbangkan Terapi

Terapi juga dapat membantu untuk mengatasi masalah kepercayaan. Aliansi terapeutik yang anda bentuk dengan terapis anda dapat menjadi alat yang ampuh dalam mempelajari cara mempercayai orang lain.

Dengan bekerja dengan profesional kesehatan mental yang berpengalaman, anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang mengapa anda berjuang dengan kepercayaan dan mempelajari keterampilan mengatasi baru yang akan membantu anda mulai membangun kembali kepercayaan dalam hubungan anda.

 

7. Belajarlah untuk Mempercayai Diri Sendiri

Salah satu cara terbaik untuk melatih kepercayaan adalah dengan mempercayai diri sendiri. Ini tidak berarti anda tidak boleh mempertanyakan diri sendiri atau pilihan anda. Ini hanya berarti bahwa anda harus membangun kesadaran diri yang lebih kuat yang dapat membantu memandu penilaian dan interaksi anda dengan orang lain.

Mempraktikkan perhatian penuh adalah salah satu strategi yang dapat membantu. Ketika anda menggunakan perhatian penuh, anda dapat menjadi lebih sadar tentang bagaimana perasaan anda saat ini tanpa mengkhawatirkan masa lalu dan masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.