Sukses

10 Manfaat Tape untuk Kesehatan, Menghambat Penuaan Dini dan Mencegah Tumor

Manfaat tape untuk kesehatan salah satunya mencegah tumor

Liputan6.com, Jakarta Berbagai manfaat tape untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Tape pada umumnya dikonsumsi sebagai makanan yang lezat, namun dibalik itu tape memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan. Tape adalah bahan yang difermentasi, dimana proses pengawetan makanan yang dilakukan secara alami untuk menghasilkan rasa yang kuat dan kenyal pada makanan yang diawetkan. 

Manfaat tape yang satu ini menggunakan beras ketan hitam, yang dicampur dengan ragi kemudian didiamkan selama beberapa hari, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Fermentasi ini dilakukan dengan tujuan, mendapatkan kandungan alkohol yang akan membuat rasa dari ketan itu menjadi manis menyegarkan. 

Agar manfaat tape dapat bekerja dengan baik, mengontrol jumlah yang dikonsumsi juga harus diperhatikan, karena kandungan nutrisi yang ada pada tape ketan berfungsi menyehatkan tubuh. Selain itu kandungan alkohol yang terdapat dalam hasil fermentasi membuat konsumsi yang berlebihan tidak baik untuk jantung juga pembuluh darah.  

Berikut manfaat tape yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tape Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat tape ketan yang dikonsumsi secara teratur, dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit juga tampak lebih sehat. Kandungan yang ada di dalam tape memiliki sifat anti-peradangan sehingga membantu memelihara kesehatan kulit. Bagi penderita maag juga jantung, disarankan agar tidak mengonsumsi secara berlebihan dan dalam tahap sewajarnya.

2. Melindungi dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat tape ketan untuk tubuh berfungsi melancarkan sistem pencernaan, serta melindungi pencernaan akibat serangan bakteri jahat yang menyebabkan kerusakan. Kandungan zat besi juga asam laktat yang ada dalam tape memiliki kandungan serat sehingga sistem pencernaan dalam tubuh jadi lebih lancar dan sehat. 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laktat pada tape, dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh. Manfaat tape berbahan dasar ketan ini dipercaya mampu meningkatkan ketahan tubuh, sehingga tidak mudah terinfeksi atau terjangkit virus juga bakteri. 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Tape Untuk Kesehatan

4. Mencegah Rasa Kantuk 

Saat melakukan perjalan jauh dan menghabiskan waktu berjam - jam bahkan harian, disarankan agar mengonsumsi tape. Manfaat tape yang bersifat menyegarkan, akan membuat Anda selalu terjaga dan fokus saat berkendara.  

5. Mengurangi Rasa Lelah

Manfaat tape juga dapat menghilangkan rasa lelah ketika melakukan aktivitas, terlalu banyak duduk dan berjalan kaki. Zat mineral yang terkandung dalam ketan, bisa mengurangi ketegangan saraf serta melancarkan peredaraan darah dan melenturkan otot tubuh. 

6. Menghambat Proses Penuaan Dini

Manfaat tape ternyata berkhasiat dalam menghambat penuaan dini pada wajah, karena memiliki senyawa antioksidan. Dimana antioksidan yang dimiliki memperbaiki jaringan kolagen dengan cepat.                                                                

4 dari 5 halaman

Manfaat Tape Untuk Kesehatan

7. Menurunkan Kolesterol

Manfaat tape khususnya tape ketan, membantu menurunkan serta menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh. Asam laktat yang dimiliki oleh tape ketan membuat tubuh terasa lebih sehat juga terhindar dari metabolit yang sarat akan lemak.

8. Mencegah Anemia

Manfaat tape memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, karena mampu memperbaiki sel darah juga mengobati penyakit anemia. Tape ketan sendiri mengandung zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi tape ketan dalam kadar yang cukup, membantu mencegah serangan anemia. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Tape Untuk Kesehatan

9. Mencegah Tumor

Salah satu manfaat tape, mampu mencegah pertumbuhan sel tumor ganas maupun jinak. Kandungan senyawa kimia pada asam laktat mencegah pertumbuhan sel - sel yang akan menyebabkan kanker. Manfaat tape ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Perhatikan juga takaran dan kadar dalam mengonsumi agar manfaat dari tape dapat bekerja dengan baik. 

10. Mengobati Penyakit Ambeien

Manfaat tape dari ketan juga ampuh mengobati penyakit ambeien. Bahkan dari beberapa literatur juga mengatakan bahwa dengan tape, berbahan dasar ketan putih juga ketan hitam mampu mengobati ambeien yang sudah parah sekalipun. Karena manfaat yang dimiliki tape dapat menyehatkan sistem pencernaan, dengan konsumsi secara rutin 3 kali sehari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini