Sukses

12 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Diet, Kandungan Nutrisinya Melimpah

Liputan6.com, Jakarta Manfaat susu kedelai bisa kamu manfaatkan sebagai alternatif dari susu sapi. Jenis susu nabati yang terbuat dari sari kedelai ini cukup populer di masyarakat. Susu kedelai terkenal dengan kandungan proteinnya yang begitu melimpah. 

Selain itu, karena berasal dari tumbuhan, susu kedelai memiliki sifat bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh. Susu kedelai sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki alergi atau intoleran terhadap susu sapi.

Manfaat susu kedelai dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya tersebut. Mulai dari protein, kalsium, zat besi, hingga vitamin B kompleks terdapat dalam susu kedelai.

Susu kedelai sendiri terbuat dari kacang kedelai yang direndam, kemudian dihaluskan dan direbus. Hasil rebusan tersebut nantinya disaring sampai menghasilkan susu kedelai. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/7/2022) tentang manfaat susu kedelai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Kaya Protein

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat susu kedelai yang pertama yaitu terkait kandungan proteinnya yang melimpah. Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Setiap cangkir susu kedelai tanpa pemanis bisa mengandung 7 gram protein. Ini hampir setara dengan segelas susu sapi yang mengandung 8 gram protein. Kedelai juga mengandung sembilan asam amino esensial. Tubuh menyusun asam amino ini menjadi protein baru, termasuk antibodi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang menyatukan jaringan dan enzim yang membantu sel menghasilkan energi.

Sumber Vitamin B Kompleks

Susu kedelai juga merupakan sumber riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B12 yang baik. Mendapatkan cukup vitamin B12 dalam diet membantu sel-sel menghasilkan DNA, membantu fungsi sel darah merah dan juga menjaga kesehatan saraf. Sementara itu, riboflavin dalam susu kedelai membantu sel-sel menghasilkan energi dan melindungi DNA dari kerusakan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Bebas Laktosa

Manfaat susu kedelai juga berkaitan dengan asalnya dari tumbuhan, sehingga susu kedelai bebas laktosa. Susu kedelai cocok dikonsumsi bagi orang yang memiliki alergi atau intoleran terhadap susu sapi. Intoleransi laktosa adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa, karbohidrat utama dalam produk susu. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kembung, diare, dan kram perut.

Rendah kalori (Cocok untuk Diet)

Dibanding susu sapi, susu kedelai lebih rendah kalori. Manfaat susu kedelai sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Minum susu kedelai secara rutin dapat mencegah timbulnya obesitas yang dikaitkan dengan berbagai risiko pernyakit kronis. Beberapa penelitian pada hewan dan manusia telah membuktikan bahwa konsumsi protein kedelai mengurangi berat badan dan massa lemak. Kedelai juga mengandung cukup banyak serat larut dan tidak larut yang baik untuk pencernaan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Mencegah Diabetes

Isoflavon kedelai diteliti dapat mengurangi risiko diabetes. Isoflavon kedelai dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan isoflavon, sel-sel merespons lebih banyak terhadap insulin dan menyerap lebih banyak glukosa. Pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh menyerap lebih sedikit gula dari aliran darah. Ini membuatnya beredar dan menyebabkan kerusakan. Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah atau glukosa masuk ke dalam sel untuk dikonversi menjadi energi.

Membantu Turunkan Kolesterol

Manfaat susu kedelai berikutnya yaitu membantu menurunkan kolesterol. Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol jahat. Kedelai membantu menyeimbangkan kadar kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik atau kolesterol HDL. Manfaat susu kacang kedelai juga rendah lemak dan dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi.

Mencegah Penyakit Jantung

Protein kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh yang pada jangka panjang dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung. Asupan isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan pengurangan moderat dalam risiko penyakit jantung. Manfaat susu kedelai juga dapat membantu melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Manfaat susu kedelai juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Manfaat ini bisa kamu dapatkan berkaitan dengan kandungan protein yang tinggi di dalam susu kedelai. Tidak perlu khawatir, susu kedelai tergolong aman dikonsumsi, bahkan oleh seseorang yang pernah mengalami penyakit kanker sekalipun. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Menyehatkan Tulang

Manfaat susu kacang kedelai juga penting untuk membantu meningkatkan asupan kalsium. Tubuh mengandalkan kalsium dari makanan untuk mempertahankan jaringan tulang yang padat dan kuat. Satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung 301 miligram kalsium. Ini menyumbang hampir 30 persen asupan kalsium harian yang disarankan.

Membantu Fungsi Pembuluh Darah

Sementara itu, zat besi dalam manfaat susu kedelai membantu pembuluh darah merah berfungsi dengan baik. Ini membantu memastikan bahwa semua jaringan di seluruh tubuh mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan.

Menyehatkan Kulit

Manfaat susu kedelai menunjukkan efek anti-inflamasi, merangsang kolagen, antioksidan, pencerah kulit, dan perlindungan UV pada kulit. Kacang kedelai mengandung bahan bioaktif seperti tanin, isoflavonoid, inhibitor trypsin, dan proanthocyanidins. Semua senyawa ini menyebabkan manfaat susu kedelai baik untuk kesehatan kulit.

Mengatasi Gejala Menopause

Manfaat susu kedelai juga baik untuk mengatasi gejala menopause berkat kandungan isoflavonnya. Isoflavon adalah kelas fitoestrogen yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Kadar estrogen menurun selama menopause, menyebabkan gejala seperti hot flashes. Karena kedelai bertindak sebagai estrogen alami, kedelai dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS