Sukses

Tradisi adalah Kebiasaan yang Diturunkan, Kenali Bentuknya

Tradisi bisa bersifat khas dan unik.

Liputan6.com, Jakarta Tradisi adalah istilah yang berkaitan dengan cara, metode, atau gaya yang khas. Tiap bangsa atau komunitas pasti memiliki tradisinya sendiri. Tradisi ini bisa bersifat khas dan unik.

Tradisi adalah konsep suatu kepercayaan atau perilaku yang diwariskan dari generasi ke generasi. Tradisi adalah konsep yang bisa meliputibahasa, agama, masakan, kebiasaan sosial, musik, dan seni. Seringkali, dalam penerapannya, tradisi adalah apa yang diyakini benar atau salah.

Tradisi adalah karakteristik dan pengetahuan sekelompok orang tertentu. Tradisi adalah pola perilaku bersama yang diturunkan. Dengan demikian, tradisi adalah sesuatu yang dapat dilihat sebagai pertumbuhan identitas kelompok.

Berikut pengertian tentang tradisi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(29/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tradisi menurut bahasa

Tradisi berasal dari Bahasa Latin: traditio, yang artinya “diteruskan” atau kebiasaan. Tradisi berakar dari kata benda bahasa Latin, tradere yang berarti menyerahkan. Tradisi adalah sesuatu yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Menurut KBBI, tradisi adalah adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Tradisi juga berarti penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

Menurut Merriam Webster, tradisi adalah pola pemikiran, tindakan, atau perilaku yang diwariskan, mapan, atau adat. Tradisi juga berarti kepercayaan atau cerita atau kumpulan kepercayaan atau cerita yang berkaitan dengan masa lalu yang secara umum diterima sebagai sejarah meskipun tidak dapat diverifikasi.

Menurut Cambridge Dictonary, tradisi adalah kepercayaan, prinsip, atau cara bersikap seseorang di sebuah lingkungan sosial atau grup yang telah dilakukan dalam waktu yang lama. Tradisi berarti cara berperilaku atau keyakinan yang telah ditetapkan untuk waktu yang lama.

3 dari 7 halaman

Pengertian tradisi secara umum

Tradisi adalah bentuk perbuatan yang telah dilakukan berulang dengan cara yang sama. Tradisi berarti sesuatu yang diturunkan dari generasi ke generasi. Tradisi adalah ide dan kepercayaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tradisi bukanlah aturan, tapi lebih ke pedoman. Setiap keluarga dalam suatu budaya dapat memiliki tradisi uniknya sendiri sambil berbagi tradisi umum lainnya.

Tradisi juga bisa berarti penyampaian informasi, kepercayaan, dan adat istiadat dari mulut ke mulut atau melalui contoh dari satu generasi ke generasi lain tanpa instruksi tertulis. Tradisi merupakan kesinambungan budaya dalam sikap sosial, adat istiadat, dan kelembagaan. Tradisi adalah kebiasaan dan praktik yang sudah berlangsung lama.

4 dari 7 halaman

Pengertian tradisi menurut ahli

Funk dan Wagnalls

Tradisi adalah pengetahuan, doktrin, kebiasaan, dan lain-lain yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diwarisikan secara turun-temurun termasuk cara penyampaian doktrin.

Van Reusen

Tradisi adalah sebuah peninggalan ataupun warisan ataupun aturan-aturan, ataupun harta, kaidah-kaidah, adat istiadat dan juga norma. Akan tetapi trasisi bukanlah sesuatu yang tidak dapat berubah, tradisi tersebut malahan dipandang sebagai keterpaduan dari hasil tingkah laku manusia dan juga pola kehidupan manusia dalam keseluruhannya.

Cannadine

Tradisi adalah lembaga yang baru didandani dengan daya pikat kekunoan yang menentang zaman tetapi menjadi ciptaan mengagumkan. Jadi tradisi adalah suatu kebiasaan masyarakat dulu yang dijaga dan dilestarikan namun dipengaruhi oleh budaya luar karena adanya modernisasi.

Coomans

Tradisi adalah sebuah gambaran prilaku atau sikap masyarakat dalam kurun waktu yang sudah sangat lama dilaksanakan secara turun temurun mulai dari nenek moyang. Tradisi yang sudah menjadi sebuah kebudayaan, maka akan menjadi acuan dalam bertindak, berbuat, berbudi pekerti, bersikap dan juga berakhlak.

 

5 dari 7 halaman

Pengertian tradisi menurut ahli

Piotr Sztompka

Tradisi adalah suatu keseluruhan baik berupa gagasan, material maupun benda yang bersumber dari masa yang telah lampau, akan tetapi sesuatu tersebut masih ada dimasa kini yang masih ada dan masih dilestarikan dengan baik.

Soerjono Soekamto

Menurut Soerjono Soekamto, tradisi adalah suatu bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu kelompok orang atau masyarakat secara terus menerus (langgeng).

WJS Poerwadaminto

Tradisi adalah segala sesuatu hal yang bersangkutan dengan kehidupan pada masyarakat secara berkesinambungan contohnya budaya, kebiasaan, adat, bahkan kepercayaan.

Hasan Hanafi

Tradisi adalah segala macam sesuatu yang diwariskan di masa lalui pada kita dan dipakai, digunakan dan masih berlaku di masa saat ini atau masa sekarang.

6 dari 7 halaman

Bentuk tradisi: lisan

Tradisi lisan adalah pengetahuan dan informasi budaya yang diturunkan melalui tuturan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tradisi lisan adalah bentuk komunikasi manusia di mana pengetahuan, seni, ide, dan materi budaya diterima, dilestarikan, dan ditransmisikan secara lisan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Transmisi tradisi ini biasanya melalui pidato atau lagu dan mungkin termasuk cerita rakyat, balada, nyanyian, prosa atau sajak. Dengan cara ini, adalah mungkin bagi masyarakat untuk mengirimkan sejarah lisan, sastra lisan, hukum lisan dan pengetahuan lain di seluruh generasi tanpa sistem penulisan.

7 dari 7 halaman

Bentuk tradisi: tulisan

Tradisi tulisan adalah penyampaian tradisi melalui tulisan. Tradisi tulisan menggambarkan budaya yang menekankan informasi tekstual. Tradisi tertulis menggunakan berbagai sumber, yang mungkin termasuk wawancara lisan, laporan pemerintah, artikel surat kabar, surat, buku harian, dan surat kabar pribadi.

Di satu sisi, tradisi tertulis hanya berarti proses akumulatif seperti mewariskan teks untuk generasi mendatang. Akan tetapi, dalam pengertian lain, tradisi sering kali melibatkan proses selektif di mana karya-karya yang paling penting (paling 'bernilai') dipilih sebagai karya yang harus diketahui oleh setiap generasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.