Sukses

23 Tempat Wisata di Padang yang Paling Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Padang terdiri dari pantai-pantai indah, bentang alam, dan juga bangunan dengan nilai budaya yang kental

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Padang bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan menyenangkan. Seperti yang telah diketahui, Sumatera Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam hingga kebudayaan.

Kota Padang sendiri memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga di sini banyak terdapat pantai yang bisa kamu singgahi. Selain itu, ada pula beberapa pulau indah yang bisa kamu kunjungi dengan menyeberang menggunakan perahu. 

Tempat wisata di Padang terdiri dari pantai-pantai indah, bentang alam, dan juga bangunan dengan nilai budaya yang kental. Tentunya tidak lengkap berkunjung ke Sumatera Barat sebelum menikmati jalan-jalan ke pantai di Padang ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/8/2021) tentang tempat wisata di Padang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang Berupa Pantai

Pantai Padang

Pantai Padang merupakan salah satu tempat wisata di Padang terfavorit. Terlebih setelah Pemerintah Kota Padang memoles destinasi ini dengan berbagai fasilitas. Ketika cuaca cerah, Pantai Padang termasuk tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat dengan bias merahnya yang mengagumkan.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan tempat wisata di Padang yang ikonik. Di pantai ini terdapat sebuah batu yang menyerupai bentuk manusia tengah bersujud. Batu ini diyakini sebagai bentuk Malin Kundang yang dikutuk sang ibu.

Salah satu hal yang tak kalah menarik, karena ada juga bebatuan yang berbentuk tali tambang kapal serta kayu yang menyerupai bentuk pecahan badan kapal. Penduduk setempat juga percaya bahwa batu-batuan tersebut tidak hanya sebatas kebetulan, melainkan menjadi bukti jika legenda dari Malin Kundang memang sungguh terjadi.

Pantai Caroline

Pantai Caroline atau Pantai Bungus merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan halus. Nama Bungus diambil karena lokasi pantai yang berada di Bungus Selatan sekitar 20 kilo meter dari pusat kota Padang. Tempat wisata di Padang ini juga memiliki pepohonan rindang yang membuat suasana nampak teduh dan segar.

3 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang Pantai Lainnya

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak terletak 17 kilometer dari pusat kota Padang. Pantai ini memiliki kontur yang luas dan datar membuatnya cocok sebagai rute bersepeda. Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan saat berada di Pantai Pasir Jambak, mulai dari aktivitas berenang, berjemur, bermain, hingga menyewa perahu.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur. Dari Pantai Nirwana pengunjung dapat melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur. Saat air surut, batu karang dan koral kecil yang bertebaran bisa terlihat di sepanjang pantai. Pepohonan kelapa di pinggir pantai ini juga makin memberi nuansa tropis yang eksotis.

Pantai Sako

Pantai Sako berada di Bungus Teluk Kabung, Padang. Pantai ini mungkin tidak sepopuler wisata Padang lainnya. Namun, keindahan pantai Sako tak bisa diragukan lagi. Luas pantai Sako hanya 6000 meter persegi saja denga topografi pantai yang landai, pasirnya yang sedikit coklat, serta ombaknya yang tenang.

4 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang yang Ikonik

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya merupakan tempat wisata di Padang yang sangat ikonik. Jembatan ini membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Aru. Pemberian nama Siti Nurbaya sendiri tidak lain karena karena fungsinya sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar tempat novel klasik Siti Nurbaya.

Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini biasanya juga dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam dengan pemandangan Kota Tua Padang.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman sering dijuluki sebagai Taman Mininya Sumatera Barat. Wisata Padang ini berada di area seluas sekitar 2,6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Di museum Adityawarman terdapat koleksi benda-benda bersejarah baik cagar budaya Minangkabau maupun nasional.

Dari berbagai macam koleksi yang ada di sini, salah satu yang paling ikonik yaitu Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang.

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat dikenal dengan arsitekturnya yang unik. Masjid ini tidak memiliki kubah, melainkan menggunakan arsitektur Rumah Gadang dengan empat sudut lancip khas budaya Minangkabau. Bangunan dari Masjid Raya Sumatera Barat ini berbentuk lonjong dengan luas mencapai 18.000 m2.

5 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang

Taman Sitti Nurbaya

Taman Sitti Nurbaya atau juga dikenal sebagai Taman Gunung Padang merupakan taman yang berada di ketinggian bukit dengan pepohonan hijau dan rindang. Taman ini terletak di sebelah barat Kota Padang yang dihubungkan dengan Jembatan Siti Nurbaya. Di taman ini bisa ditemukan setumpukan batu yang dipercaya sebagai makam Sitti Nurbaya.

Miniatur Makkah

Miniatur Makkah Madinah ini berada di Masjid Nur Zikrillah. Masjid ini berlokasi di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tengah, Padang. Sesuai dengan namanya, Miniatur Makkah di sini merupakan sebuah area Masjid yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan kota Makkah di Arab Saudi yang menjadi tujuan haji oleh umat muslim.

Berbagai koleksi satwa seperti unta, ular pyton, dan ikan besar juga dipelihara di tempat ini. Sentuhan wisata rohani, wisata alam dan wisata edukasi bisa didapatkan di satu lokasi.

Kota Tua Padang

Kota Tua Padang ini adalah deretan gedung tua yang usianya hampir mencapai ratusan tahun. Wisata Padang satu ini membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pada Tanah Kongsi, hingga wilayah Pondok. Kota Tua Padang cocok dikunjungi bagi kamu yang tertarik dengan sejarah dan budaya.

6 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang Pulau

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan berada di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Pasir di Pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru sejauh mata memandang. Daya tarik lain yang dimiliki tempat wisata di Padang ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru jika dilihat dari bibir pantai.

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang.

Pulau ini termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai.

Pulau Sirandah

Pulau Sirandah adalah sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Sirandah berasal dari bahasa Minang yang berarti rendah. Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon tingkat tinggi seperti kelapa, semak dan bakau.

7 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang Air Terjun

Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah merupakan tempat wisata di Padang yang populer. Dahulu, air terjun ini bernama Sarasah Banyak Gariang karena banyak sekali ditemukan Ikan gariang. Air terjun ini memiliki 2 tingkat. Di tingkat pertama, air meluncur di bebatuan yang tersusun rapi seperti piramida serta memiliki tinggi sekitar 15 meter, lalu, di tingkat kedua, air meluncur dari alur sungai yang menyempit. Tingginya sekitar 25 meter.

Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam secara administratif berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang indah. Ketinggian masing-masing air terjun dimulai sekitar 2 meter, 10 meter, dan 20 meter.

Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang berada di Gunung Sarik, Kuranji, Padang. Lubuak Tampuruang terdiri dari air terjun kecil dari sungai yang mengalir tidak terlalu deras. Lubuak Tampuruang berasal dari kata Lubuak yang berarti kolam alami dan Tampuruang yang berarti batok kelapa. Nama ini diambil karena bentuk air terjun yang kecil dan sungainya hampir membentuk setengah lingkaran seperti batok kelapa.

Air Terjun Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang merupakan tempat wisata di Padang berupa air terjun yang memiliki kolam di aliran sungainya. Lokasinya berada di daerah Sungai Bangek. Meskipun hanya setinggi 6 meter, namun air terjun yang dikenal dengan Lubuak Ngalauan, atau Sarasah Lubuak Rantiang ini menyuguhkan panorama indah. Belum lagi dilengkapi dengan air berwarna kehijauan bening yang sangat menyegarkan untuk berenang.

8 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Padang

Lubuk Paraku

Wisata Padang Lubuk Paraku berada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Objek wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Air sungai Lubuk Paraku memang masih jernih hingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil sangat jelas terlihat.

Pemandian Lubuk Minturun

Sesuai namanya, Pemandian Lubuk Minturun bentuknya berupa sebuah lubuk yang berada di Lubuk Minturun yang merupakan bagian dari Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pemandian ini sudah terbentuk secara alami dan berumur sudah cukup tua. Konon, menurut cerita dulunya adalah tempat mandi nona-nona Belanda pada tempo dulu. Area di sekitar lokasi terasa sejuk karena kerindangan lingkungannya yang memang masih terjaga rimbun.

Danau Cimpago

Danau Cimpago terletak di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Purus, Padang. Danau seluas dua hektar ini pada awalnya dibuat sebagai drainase untuk mengendalikan banjir di kota Padang, yang kemudian juga sambil berfungsi sebagai tempat ekowisata masyarakat sekitar. Khususnya pada akhir pekan, tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sekitarnya.

Bendungan Niagara Koto Pulai

Tempat wisata di Padang berikutnya adalah Bendungan Niagara Koto Pulai. Sesuai namanya, bendungan ini memiliki bentuk layaknya air terjun niagara. Lokasinya berada di Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Awalnya, Bendungan Koto Pulai ini bukanlah tempat wisata, namun karena keindahan pemandangan dan bentuknya yang menyerupai Niagara, lokasi ini mulai sering didatangi pengunjung untuk berwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini