Sukses

Arti Bismillah, Makna, dan Keutamaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Arti Bismillah sebagai kalimat yang diucapkan sebelum memulai kegiatan memiliki makna yang sangat penting bagi seorang muslim. Saat kamu akan melakukan aktivitas atau kegiatan apa saja, membaca Bismillah akan membuat yang kamu lakukan menjadi lancar.

Kalimat Bismillahirrahmanirrahim menjadi bagian dari zikir umat Muslim pada Allah SWT. Setiap harinya tentunya kamu sering kali mengucapkan kalimat satu ini. Saat salat, dalam membaca Al-Qur’an, dan memulai aktivitas kamu harus melafalkannya.

Arti Bismillah yang diucapkan setiap akan melaksanakan kegiatan dapat membawa kebaikan dan keberkahan. Memahami makna Bismillah membuat kamu menjadi sadar tentang berbagai keutamaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/1/2021) tentang arti bismillah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Arti Bismillah dan Maknanya Menurut Ulama

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Arti Bismillah atau bismillahirrahmanirrahim adalah:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Setiap muslim dianjurkan untuk membaca Bismilah setiap akan memulai aktivitas atau kegiatan. Arti Bismillah secara umum adalah untuk meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah. Bismilah juga bisa berarti memohon restu atau kelancaran pada Allah.

Bismillahirrahmanirrahim merupakan lafal yang ada di semua surat Al-Quran, kecuali surat At-Taubah. Ada 144 lafal Bismillahirrahmanirrahim yang disebutkan di Al-Quran. Bismilah merupakan kalimat yang sangat dianjurkan diucapkan setiap kali hendak memulai sesuatu.

Bismillahirrahmanirrahim merupakan awalan isi surat yang dikirim oleh Nabi Sulaiman kepada Ratu Saba'. Ini dikisahkan dalam QS. An-Naml ayat 30 yang berbunyi:

“Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Makna Bismillahirrahmanirrahim Menurut Para Ulama

Para ulama menafsirkan lafal Bismillahirrahmanirrahim menjadi empat hal penting, meliputi:

- Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai seusatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

- Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di tiap tindakannya.

- Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

- Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-rahim berarti Allah maha penyayang.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Bismilah

Kalimat Bismillahirrahmanirrahim sangat dianjurkan dilafalkan saat hendak memulai sesuatu. Ini bertujuan untuk memohon kebaikan dan keberkahan di setiap hal yang dilakukan. Keutamaan membaca Bismilah di antaranya adalah:

Pembatas dengan setan

Membaca Bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. Dengan mengawali segala hal dengan Bismillahirrahmanirrahim, setan tidak dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, umat Muslim akan terhindar dari perlilaku buruk dan menyimpang dari agama.

Pembuka rezeki

Arti Bismillah juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Kalimat Bismillahirrahmanirrahim akan membuat segala tujuan bisa lancar dilakukan dan mendapatkan keberkahan di setiap langkahnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).

Mencegah musibah

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

Dengan selalu membaca Bismillahirrahmanirrahim dan memahami arti Bismillah ini, seorang Muslim akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Melindungi tidur

Arti Bismillah  perlu dipahami karena diucapkan setiap akan memulai sesuatu. Dilansir dari Dream, salah satu keistimewaan dari bacaan Bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya “ Kasyifatussaja” berikut:

“Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

4 dari 4 halaman

Hadis Tentang Kalimat Bismillahirrahmanirrahim

Mengenal arti Bismillah tentu tidak cukup untuk memahami benar apa maknanya. Untuk itu, kamu perlu mengetahui berbagai keunikan kalimat ini. Dikutip dari Dream, ada keunikan sebagaimana diungkap oleh Ilmuwan Rusia, angka 19 juga terkait jumlah huruf dalam arti Bismillah sebagai berikut:

Bismillah yang mengawali semua surat terdiri dari 19 huruf, Jumlah surat 114 merupakan kelipatan 19 (19×6) dan Angka 19 menggambarkan angka 1 sebagai awal dan 9 sebagai akhir, sebagai konsep awalin dan akhirin segala sesuatunya. Turunnya Bismilah itu adalah perwujudan rahmat Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Keutamaan Bismillah banyak diriwayatkan diantaranya sabda Nabi:

Ketika ayat Bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulianNya dan kebesaranNya bahwa menyebut namaNya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu (HR Ibnu Marwah).

Hadis selanjutnya, sabda Nabi SAW:

"Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS