Sukses

8 Jenis Burung yang Mahal dan Mudah Diternakkan, Jadi Lahan Bisnis

Jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Liputan6.com, Jakarta Kini tren memiliki burung kicau tidak hanya sekadar untuk dipelihara. Burung, kini sudah menjadi salah satu investasi yang sangat menjanjikan. Selain mudah diternakkan, beberapa burung juga memiliki harga yang sangat mahal. Coba kenali jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. 

Jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan biasanya pandai berkicau. Selain itu, burung ini pasti memiliki warna yang indah. Bahkan, memiliki kemampuan yang berbeda dari burung yang lainnya.

Memiliki jenis burung yang mahal dan bisa diternakkan kini tidak sekadar untuk hobi, tetapi juga sumber penghasilan. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin mulai berkecimpung di dalamnya. Mulailah dengan modal yang ringan dan pahami juga bahwa beternak burung akan tetap ada risiko kerugiannya.

Berikut Liputan6.com ulas jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan dari berbagai sumber, Jumat (26/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Burung Perkutut dan Burung Paruh Bengkok

Burung Perkutut

Burung perkutut termasuk salah satu jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. Burung perkutut yang paling terkenal adalah perkutut Susi Susanti. Burung ini sudah sangat terkenal sejak tahun 1995-1998. Burung ini biasanya dipatok dengan harga Rp 3.5 Miliar.

Peluang berternak dengan burung ini sangat menjanjikan. Bahkan, harga anak burungnya saja sudah dipatok dengan harga antara Rp 5 juta–Rp 100 juta per ekornya. Jika dihitung, peternak burung perkutut bisa mendapat omzet dari Rp 100 juta–Rp 300 juta per bulannya.

Burung Paruh Bengkok

Burung paruh bengkok juga termasuk jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. Burung ini dikenal sangat pintar melakukan atraksi. Kepintaran ini disebabkan kemampuannya yang mudah untuk dilatih. Harga burung yang bisa dilatih atraksi biasanya bisa naik 2-8 kali lipat dari biasanya. Peternak yang sudah berpengalaman biasanya akan mendapat omzet sekitar Rp 72 Juta setiap tahunnya.

3 dari 5 halaman

Burung Jalak dan Burung Ciblek

Burung Jalak

Burung jalak dikenal sebagai burung yang bisa menirukan suara manusia. Burung ini disebut-sebut sebagai jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan.

Suara burung jalak juga bisa keras, lantang, dan ngerol panjang. Selain dapat menirukan suara manusia, burung ini dikenal sangat menurut dengan pemiliknya.

Harga burung Jalak Kebo yang sering berbunyi dipatok Rp 1.5 juta. Burung Jalak Kebo blorok dipatok sekitar Rp 5 juta. Burung Jalak Suren unik bisa mencapai Rp 7 miliar.

Burung Ciblek

Burung jiblek hampir mirip dengan burung jalak karena kemampuannya. Burung ini dikenal juga sebagai burung yang bisa menjadi guru vokal. Burung ciblek termasuk jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan.

Burung ini memiliki suara gacor, keras, variatif, dan jeda rapat. Walaupun termasuk jenis burung sawah, burung ciblek memiliki harga yang dipatok sekitar Rp 28.5 juta. Beberapa orang menyebutnya sebagai burung Ciblek Viral.

 

4 dari 5 halaman

Burung Lovebird dan Burung Cucak Ijo

Burung Lovebird

Burung lovebird termasuk jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. Harga lovebird Kusumo dikenal sangat mahal, yakni sekitar Rp 2.2 miliar. Meski begitu, burung ini sudah tidak ada atau sudah meninggal dan diganti konslet lain. Penggantinya tidak ada, tetapi kemampuan serupa sudah mulai bermunculan.

Pengganti dari lovebird ini adalah Lovebird Awe we. Lovebird ini dipatok dengan harga Rp 1 miliar dan Lovebird Fretty dengan harga Rp 1 miliar. Ada Lovebird warna atau Lovebird beauty yang disebut Dun Fallow seharga Rp 280 juta.

Burung Cucak Ijo

Burung cucak ijo termasuk jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. Apalagi saat saat musim batu akik, burung Cucak Ijo kerap ditukar batu akik. Harganya biasanya dipatok sekitar Rp 30 juta. Jika sudah lama dipelihara dan berprestasi, burung ini bisa ditawar dengan harga Rp 100 juta.

Meski begitu, burung ini dikatakan sudah termasuk dalam jenis burung yang juga dilindungi. Memelihara dan beternak burung ini harus mendapat izin terlebih dahulu dari BKSDA.

5 dari 5 halaman

Burung Murai Batu dan Burung Kacer

Burung Murai Batu

Burung murai batu juga termasuk jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. Burung ini dikenal memiliki harga yang dipatok sangat besar. Biasanya burung ini memiliki harga tawar sekitar Rp 3 miliar. Belum lagi ditambah satu unit mobil Robicon.

Burung Murai Batu bernama Ohara salah satunya. Burung ini ditawar mahal karena memiliki kualitas bagus dan kerap memenangkan kompetisi. Burung hasil ternakan biasa dipatok dengan harga sekitar Rp 750 ribu–Rp 2 juta.

Burung Kacer

Burung kecer terbaik yang pernah ada bernama burung lancang kuning. Burung kecer ini termasuk jenis burung yang mahal dan mudah diternakkan. Burung kecer yang bagus dan sering memenangkan kompetisi seperti lancang kuning bisa ditawar Rp 60 juta. Padahal sebenarnya harga jualnya sekiar Rp 119 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.