Sukses

Cara Membuat Doodle Art Bagi Pemula Beserta Contoh Karakternya

Liputan6.com, Jakarta Doodle art dikenal sebagai karya seni yang dibuat karena ketidaksengajaan. Kini doodle art juga mulai banyak dikenali dan berkembang pesat. Orang yang menguasainya doodle art disebut dengan master doodle art. Jika ingin mulai menguasainya, perhatikan cara membuat doodle art bagi pemula yang mudah dipraktikkan ini.

Sebelum dijadikan sebagai salah satu seni tertentu, doodle art hanya coretan abstrak. Perkembangan zaman membuatnya menjadi seni yang semakin elegan. Bentuknya kini sudah sangat beragam dan cara membuat doodle art bagi pemula semakin mudah diikuti.

Bentuk doodle art bisa berupa hewan, huruf, bunga, dan wajah. Agar bisa mulai mempraktikkan cara membuat doodle art bagi pemula, persiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Pemula membutuhkan buku sketsa, pensil, tinta pena, stabilo, spidol, pensil warna, dan cat.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat doodle art bagi pemula dari berbagai sumber, Kamis (25/6/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Mencari Inspirasi

Seorang seniman selalu membutuhkan inspirasi sebelum membuat karya seni. Cara membuat doodle art bagi pemula yang satu ini  merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Inspirasi ini akan memudahkan bentuk karya seni yang akan dibuat nantinya. Misalnya saja bisa dengan mengamati lingkungan, peristiwa, kejadian, perasaan, dan masih banyak lagi.

Jika masih bingung, coba cari inspirasinya di internet. Terkadang memang mengikuti contoh yang sudah jadi lebih mudah dilakukukan. Dari gambar internet ini bisa dibuat sama persis atau mengurangi dan menambahnya sendiri. Lakukan sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang ingin diterapkkan.

3 dari 7 halaman

Pilih Font

Cara membuat doodle art bagi pemula selanjutnya adalah memilih font yang tepat. Sebab, doodle art tidak sekadar gambar tetapi juga tulisan yang harus bisa dibaca. Semakin mudah dibaca, maka doodle art semakin enak dipandang penikmatnya.

Pemilihan font/huruf yang tepat juga akan membuat doodle art menjadi lebih keren. Inspirasi font ini bisa langsung dicari pemula di internet. Jangan lupa untuk tetap memadukannya dengan tema yang sesuai agar lebih menarik.

4 dari 7 halaman

Kumpulkan Karakter

Bagi pemula, menciptakan karakter baru bukanlah cara yang mudah. Solusinya bisa mulai dengan mulai mengumpulkan karakter. Cara membuat doodle art bagi pemula ini akan semakin memudahkan pembuatan karya seninya.

Inspirasi menjadi semakin kaya dan keren karena karakternya bisa beragam. Bisa dengan mulai mengumpulkan karakter hewan, kartun, tumbuhan, wajah, dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan penyatuan elemen dalam membuat doodle art bagi pemula.

5 dari 7 halaman

Ekspresikan

Cara membuat doodle art bagi pemula yang terakhir adalah dengan mulai mengekspresikannya. Ekspresikan tanpa batas agar kapasitas diri dalam berkarya semakin terlihat. Semakin mengenali karakter karya seni diri sendiri maka akan semakin mudah menggembangkan nantinya.

Gabungkan semua elemen dan mulai gambar pola yang ingin diciptakan. Salah satu objek yang mudah dieksplorasi adalah bunga dan nama. Semakin sering berlatih membuat dan menggabungkan elemen maka akan semakin membuatmu mahir. Selain menggambar dengan lebih bebas, cobalah untuk mewarnainya dengan lebih bebas juga.

6 dari 7 halaman

Doodle Nama dan Doodle Hewan

Doodle Nama

1. Menulis nama dengan font yang berbeda-beda.

2. Menulis nama dari ukuran kecil ke ukuran besar.

3. Menulis nama dengan variasi lebih singkatan. Misalnya Chris Brown Martin, C.B. Martin, Chris B. Martin, C. Brown Martin, dan seterusnya.

4. Menulis nama dengan ukuran yang besar. Lalu sesuai dengan desain objek dalam pikiran.

5. Menulis nama dalam gelembung dan tambahkan gelembung sabun di sekitar namanya.

Doodle Hewan

1. Gambar semua makhluk yang hidup di air, seperti hiu, paus, ikan pari, ubur-ubur, kerang, dan tambahkan beberapa batu karang.

2. Gambar semua hewan yang hidup di hutan, seperti singa, harimau, monyet, ular, burung, harimau, badak, dan masih banyak lagi.

3. Gambar hewan biasa disertai dengan metamorfosis. Misalnya, gambar anak kucing yang kemudian diberi taring, tanduk. Bisa juga dengan menggambar ulat yang menjadi kupu-kupu. Bisa juga kecebong yang tumbuh menjadi katak besar.

4. Gambar hewan peliharaan dengan berbagai ekspresi dan pose yang menarik. Misalnya menggambar kucing yang sedang tidur menungging atau merebah seperti manusia. menggambar anjing yang sedang berlari dan masih banyak lagi.

7 dari 7 halaman

Doodle Bunga dan Doodle Wajah

Doodle Bunga

1. Gambar sebuah vas dan lanjutkan menggambar sebuket bunga favorit dalam vas.

2. Gambar taman yang dengan bunga-bunga yang mudah dibuat.

3. Gambar bunga matahari lengkap dengan cahaya matahari.

4. Gambar bunga mawar lengkap dengan kelopaknya.

5. Gambar setangkai bunga daisy dan tuliskan kata pada kelopaknya.

6. Gambar bunga dan namanya.

Doodle Wajah

1. Gambar wajah teman, keluarga, dan selebriti yang diinginkan.

2. Gambar karikatur konyol yang ada dipikiran.

3. Gambar ekspresi senang, sedih, marah, tertawa, dan bingung.

4. Gambar setiap bagian wajah dari mata, hidung, dan mulut

5. Gambar karakter kartun yang disukai.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS