Sukses

Cara Cek Rekening Penipu, Lakukan Sebelum Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta Cara cek rekening penipu berguna bagi kamu yang sering belanja online. Di zaman serba digital, segala sesuatu bisa dilakukan secara online termasuk jual beli. Kini banyak orang yang menawarkan produk dan jasanya secara online.

Jual beli online kian menjamur di masyarakat modern. Pasar jual beli online bisa ditemukan dengan mudah di media sosial. Situs dan aplikasi jual beli online juga tersedia dengan beragam pilihan. Di balik kemudahan jual beli online, penipuan menjadi satu hal yang kerap dikhawatirkan.

Penipuan online ini sudah banyak terjadi di masyarakat. Tak hanya terkait jual beli online, tapi juga bidang lain seperti pemerasan, investasi, atau bahkan arisan online. Salah satu cara mengatasi kekhawatiran ini adalah dengan cara cek rekening penipu.

Cara cek rekening penipu ini sangat berguna bagi kamu yang ingin mengetahui sebuah rekening terlibat dalam penipuan atau tidak. Cara cek rekening penipu bisa dilakukan secara online melalui situs-situs terpercaya.

Dengan melakukan cara cek rekening penipu, kamu tak perlu ragu lagi akan kredibilitas sebuah toko online. Berikut cara cek rekening penipu, dirangkum Liputan6.com dari berbagia sumber, Rabu (3/6/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cekrekening.id

Cekrekening.id merupakan situs resmi miliki Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang merangkum rekening yang terkait tindak pidana seperti penipuan. Di situs ini kamu bisa mengecek apakah sebuah rekening terindikasi penipuan atau tidak.

Situs ini mendapatkan daftar rekening yang terindikasi penipu dari masyarakat yang turut melaporkan. Rekening yang dilaporkan di situs ini di antaranya adalah rekening penipuan, investasi palsu, narkoba, terorisme, dan kejahatan lainnya.

Pelaporan rekening ke situs ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi atau website dan bisa juga secara offline dengan datang langsung ke call center Kominfo dengan membawa salinan bukti dugaan tindak pidana.

3 dari 5 halaman

Cara cek rekening penipu melalui Cekrekening.id

Cara cek rekening penipu melalui cekrekening.id sangatlah mudah. Kamu cukup menuju ke situs cekrekening.id. Pada kolom yang tertera, pilih bank dan masukkan nomor rekening, centang kolom captcha dan klik periksa rekening. Jika rekening terindikasi penipuan, situs ini akan menampilkan bahwa nomor rekening tersebut pernah dilaporkan karena penipuan. Jika sudah masuk dalam daftar penipuan, kamu bisa mengentikan proses transaksi.

Jika kamu merasa telah menjadi korban penipuan, kamu juga bisa melaporkan nomor rekening yang telah menipumu. Caranya klikcekrekening.id/lapor dan masukkan nama bank, rekening, nama pemiliki rekening, kategori transaksi, jumlah kerugian, media transaksi, dan kronologi penipuan. Untuk bisa melaporkan penipuan kamu perlu melampirkan bukti penipuan seperti bukti transfer, tangkapan layar percakapan transaksi, dan bukti mendukung lainnya.

Bagi kamu pemilik usaha, kamu juga bisa memverifikasi nomor rekening usahamu. Ini berguna agar usahamu lebih terpercaya. Kamu cukup masuk ke cekrekening.id/whitelists/register lalu memasukkan nama bank, rekening, nama pemilik, nomor identitas, nomor telepon, email, nama usaha, jenis usaha, dan alamat. Kamu juga harus mengunggah kartu identitas, izin usaha (jika ada), dan buku tabungan.

4 dari 5 halaman

Kredibel.co.id

Kredibel.co.id merupakan situs yang dapat mengidentifikasikan kredibilitas sebuah nomor rekening. Sama seperti cekrekening.id, situs ini memiliki database rekening-rekening yang terindikasi tindak penipuan. Situs ini menampilkan rekam jejak sebuah nomor rekening berdasarkan laporan dan dan ulasan masyarakat.

Tidak cuma bisa mengecek kredibilitas rekening, di situs ini kamu juga bisa mengecek kredibilitas sebuah nomot telepon. Nomor telepon juga kerap menjadi sarana penipuan online. Situs ini juga memiliki layanan pelaporan rekening dan nomor telepon, ulasan bisnis, dan forum diskusi terkain bisnis dan jual beli online.

Di forum yang sudah disediakan di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai diskusi mengenai jual beli dan penipuan online. Di forum ini tersedia fitur surat terbuka, tanya jawab, tips dan trik, kasus penipuan, diskusi belanja online, review, kritik dan saran, serta keluhan.

5 dari 5 halaman

Cara cek rekening penipu melalui kredibel.co.id

Setelah masuk ke kredibel.co.id, untuk bisa menggunakan layanan situs ini secara maksimal, kamu harus login terlebih dahulu. Login bisa menggunakan email, akun Google, atau Facebook. Setelah login, di halaman utama kamu bisa langsung memasukkan nomor rekening yang ingin kamu ketahui kredibilitasnya. Setelah memasukkan nomor rekening, klik check.

Tampilan situs kemudian akan menampilkan profil rekening yang kamu masukkan. Jika rekening terindikasi penipu, situs akan memberi pop-up peringatan. Dari sini kamu akan mendapatkan profil rekening berupa nama, bank, dan sudah berapa kali rekening dilaporkan. Jika rekening terindikasi penipuan, kredibel rating di rekening ini juga akan berstatus blacklist.

Kamu juga bisa mengecek kredibilitas nomor telepon. Caranya sama, cukup buka www.kredibel.co.id/search/phone lalu masukkan nomor telepon yang ingin dicek. Klik check dan situs akan menampilkan kredibilitas nomor tersebut. Jika tidak terindikasi penipuan, situs akan menampilkan keterangan bahwa nomor tidak memiliki rekam jejak apapun. Jika terindikasi penipuan, situs akan memberi data yang serupa dengan cara cek rekening sebelumnya.

Untuk melaporkan sebuah rekening atau nomor telepon yang terindikasi penipuan, kamu bisa masuk ke kredibel.co.id/report/account lalu masukkan identitas pelapor, rekening penipu, nama bank, kontak penipu, peristiwa yang dilaporkan, kerugian, dan unggah bukti penipuan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS