Sukses

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat

Baru-baru ini pemerintah meluncurkan kartu prakerja.

Liputan6.com, Jakarta Progam Kartu Prakerja resmi diluncurkan pemerintah pada pekan lalu. Program ini menjadi salah satu upaya untuk menekan dampak wabah virus Corona terhadap ekonomi Indonesia. Penyebaran virus Corona Covid-19 yang semakin meluas membuat masyarakat sulit mendapatkan pemasukan. Sehingga pemerintah berupaya untuk membantu para pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Prakerja ini sebagai bagian dari pelaksanaan Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan virus Corona. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, prioritas atau fokus program Kartu Prakerja adalah Pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK. Serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan.

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. 

Diketahui pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama dibuka mulai 11-16 April 2020, dan terbuka selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Dengan begitu, Anda bisa mendaftar dan mengakses laman resmi www.prakerja.co.id kapan pun.

Dilansir dari laman resmi prakerja.go.id, caranya terbilang sederhana. Namun sebelum mendaftar pastikan Anda Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Berikut Liputan6.com merangkum dari website resmi prakerja.co.id tentang cara mudah daftar Kartu Prakerja dan fasilitas yang didapat, Rabu (15/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja

Daftarkan dirimu

1. Langkah pertama anda harus membuka laman resmi kartu prakerja terlebih dahulu di www.prakerja.co.id

2. Setelah itu, anda bisa mengklik menu daftar sekarang di pojok kiri bagian atas.

3. Lalu akan diminta untuk mengisi alamat email. Jika belum memiliki alamat email, maka perlu membuat dahulu, karena untuk validasi atau verifikasi.

4. Langkah selanjutnya yakni anda harus masukan kata sandi atau Password minimal 8 karakter atau lebih, lalu centang tulisan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku”.

5. Jika proses sudah berhasil, maka Anda akan diminta untuk mengisi data diri berupa nama lengkap, Alamat sesuai KTP. Serta mengisi hal-hal lainnya seperti jenis kelamin, pendidikan terakhir, status kebekerjaan, dan lain sebagainya.

6. Setelah itu anda harus menyiapkan foto KTP, dan foto diri (selfie) memegang KTP. Satu hal yang harus anda ingat bahwa maksimal pengunggahan foto hanya 2 MB.

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal yang berjumlah 18 soal yang perlu dijawab dalam waktu 25 menit. 

Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Anda harus pastikan mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang sudah dipilih.

3 dari 3 halaman

Fasilitas yang Didapat Dari Kartu Prakerja

Dilansir dari prakerja.kemnaker.co.id anda akan mendapatkan beberapa fasilitas di antaranya:

1. Pelatihan

Anda akan mendapatkan pelatihan apabila mendaftar kartu prakerja. Anda bisa membayar dengan menggunakan kartu prakerja baik online maupun offline.

2. Sertfikat Pelatihan

Selain itu, anda bisa mendapatkan sertfikat pelatihan yang diakui, baik pelatihan yang online maupun pelatihan yang online.

3. Insentif

Mendapatkan dana insentif langsung dan ditransfer dalam tiga tahap.  Bantuan akan diberikan 8 kali dalam bentuk:

a. Biaya pelatihan senilai Rp 1 juta ( 1 kali)

b. Insentif pasca pelatihan senilai Rp 600 ribu (4 kali)

c. Insentif surbei kebekerjaan senilai Rp 50 ribu (3 kali)

Sehingga total bantuan yang didapat pemegang Kartu Prakerja adalah Rp 3.550.000.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini