Sukses

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen, Bisa Lewat PC dan Handphone

Liputan6.com, Jakarta Banyak alasan yang menyebabkan seseorang untuk ingin menonaktifkan atau menghapus akun Instagram. Salah satu alasan yang umum dijumpai adalah menginginkan kenyamanan privasi yang lebih.

Ya, kini Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh khalayak luas. Instagram tak memiliki batasan pengguna, sehingga membuat siapa saja bisa membuat dan menggunakan aplikasi berbagi foto dan video ini.

Jumlah pengguna Instagram yang semakin banyak, memungkinakan akses privasi seseorang menjadi terbuka lebar alias bisa diakses oleh siapa saja. Memang, Instagram juga telah menyiapkan beberapa fitur untuk bisa menjaga privasi penggunanya. Salah satunya adalah dengan akun pirvat atau akun Instagram yang dikunci.

Namun bagi beberapa hal ini tidaklah cukup. Maka tak jarang dari mereka kerap ingin menonaktifkan atau bahkan menghapus akun Instagram secara permanen. Buat kamu yang memiliki keinginan untuk menonaktifkan dan menghapus akun Instagram, ada beberapa langkah mudahnya.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (17/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber cara menghapus akun Instgaram secara permanen. Tak hanya itu, buat kamu yang menginginkan akun Instgaram tak hilang selamanya, kamu bisa mencoba cara menonaktifkan akun Instagram sementara waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Waktu

Terdapat beberapa cara menghapus akun Instagram, baik dalam jangka waktu pendek bahkan yang cukup lama atau permanen. Kalau kamu hanya ingin berhenti sejenak menggunakan Instagram, kamu bisa mencoba menonaktifkan akun Instagram tanpa perlu takut akun hilang selamanya. Berikut cara menonaktifkan akun Instagram untuk sementara waktu yang bisa kamu lakukan lewat website:

1. Masuk ke halaman www.instagram.com melalui browser di handphone, PC atau laptop kamu.

2. Lakukan Login dan masuk ke halaman profil Instagram kamu, kemudian pilih ‘Edit Profile’.

3. Setelah masuk ke halaman ‘Edit Profile’, scroll hingga ke bagian bawah. Di situ kamu akan menemukan pilihan ‘Temporariliy Disable My Account’ atau ‘Nonaktifkan sementara Akun Saya’.

4. Kemudian pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menonaktifkan akun Instagram.

5. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram kamu, kemudian klik ‘Temporarily Disable Account’. Nah, Instagram akan menonaktifkan akunmu untuk sementara waktu.

3 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram yang Dinonaktifkan Sementara

Bila akun Instagram kamu sudah berhasil dinonaktifkan untuk sementara waktu, kamu bisa kembali mengaktifkannya dengan cara yang sangat mudah. Cara mengaktifkan akun Instagram yang telah dinonaktifkan sementara waktu adalah cukup dengan melakukan Login pada akun Instagram seperti biasa.

Kalau sudah Login, secara otomatis akun Instagram kamu akan kembali dan bisa kamu gunakan seperti semula. Jadi, kamu enggak perlu khawatir kalau ingin menonaktifkannya hanya untuk sementara waktu. Karena untuk kembali agar bisa digunakan, caranya sangatlah mudah.

Namun, untuk menonaktifkan akun Instagram ini tidak bisa dilakukan secara berkala alias berulang dalam waktu dekat. Kamu memiliki batas waktu seminggu dari masa mengaktifkan akun jika ingin kembali menonaktifkannya kembali.

4 dari 5 halaman

Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Browser

Kalau tadi sudah diberikan cara menonaktifkan akun Instagram untuk sementara waktu, selanjutnya cara menghapus akun Instagram. Ya, menghapus akun Instagram kerap dipilih beberapa pengguna karena berbagai macam alasan.

Buat kamu yang sudah ingin menghapus akun Instagram secara permanen, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara. Ya, kamu bisa menghapus akun Instagram lewat browser atau langsung melalui aplikasi Instagram.

Berikut ini cara menghapus akun Instagram yang bisa dilakukan lewat browser, begini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke halaman help.instagram.com

2. Pilih menu ‘Mengelola Akun Anda’. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu ‘Hapus Akun Anda’.

3. Pilih ‘Bagaimana cara menghapus akun saya?’. Dari pilihan yang tersedia, kamu pilih nomor satu dan klik ‘Halaman Menghapus Akun Anda’.

4. Pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

5. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram kamu, lalu klik ‘Permanently Delete My Account’.

5 dari 5 halaman

Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Aplikasi

Menghapus akun Instagram secara permanen bisa juga kamu lakukan lewat ponsel. Berikut langkah-langkah cara menghapus akun Instagram lewat aplikasi atau smartphone:

1. Buka aplikasi Instagram di handphone kamu, lalu masuk ke profil Instagram milik mu.

2. Pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

3. Selanjutnya, kamu akan di-direct atau diarahkan ke situs help.instagram.com

4. Kemudian pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

5. Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

6. Pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

7. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram mu, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

Itu tadi dua cara menghapus akun Instagram secara permanen yang bisa dilakukan lewat browser juga aplikasi. Kedua cara menghapus akun Instagram tadi akan menghapus akunmu selamanya alias tidak bisa dikembalikan lagi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS