Sukses

5 Jenis Asupan Makanan untuk Cegah Timbulnya Jerawat, Bisa Dicoba di Rumah

Beberapa asupan makanan ini bisa cegah timbulnya jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu keadaan yang mengganggu dan bisa merusak penampilan, terutama jika jerawat berada di kulit wajah. Jerawat terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang kemudian meradang.

Berbagai macam penyebab jerawat mulai dari faktor kebersihan, usia, hingga perubahan hormon yang bisa merangsang kelenjar minyak di kulit. Kemudian perubahan hormon lain yang bisa menimbulkan masalah jerawat adalah menstruasi, kehamilan, penggunaan obat-obatan, hingga stres.

Berbagai macam jenis jerawat bisa terjadi pada kulit manusia. Contohnya komedo, jerawat biasa, jerawat batu, dan beberapa jenis jerawat lainnya. Lokasi jerawat juga kadang beragam, namun pada umumnya jerawat akan muncul di bagian wajah, punggung, hingga dada.

Banyak cara bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di tubuh, mulai dengan hal mudah seperti menjaga kebersihan, menggunakan sabun cuci muka, minum air yang banyak, dan masih banyak lagi. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga bisa mencegah timbulnya jerawat lho.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa asupan makanan yang bagus untuk mencegah timbulnya jerawat dan bisa kamu konsumsi setiap hari, Rabu (10/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makanan Kaya Omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon, sarden, alpukat, dan kenari dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Hal ini terjadi karena omega 3 dipercaya memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menjadi senjata ampuh untuk mencegah jerawat.

Omega 3 bisa ditemukan di berbagai makanan. Seperti minyak ikan, telur ikan, sayur bayam, tiram, kacang soya dan masih banyak lagi.

 

3 dari 6 halaman

2. Teh Hijau

Rajin mengonsumsi teh hijau baik untuk kesehatan, bahkan untuk kulit berjerawat. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bisa mendorong proses detoks racun untuk wajah yang berjerawat.

Jika racun dalam tubuh sudah teratasi, maka jerawat tidak akan muncul. Selain itu, teh hijau juga mempercepat penyembuhan serta meredakan inflamasi dari dalam.

4 dari 6 halaman

3. Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah yang memiliki warna juga dipercaya mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Beberapa contoh sayur dan buah tersebut adalah paprika, buah beri, bayam, dan tomat.

Antioksidan juga akan membantumu melawan radikal bebas dari dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari stres dan kulit wajah pun jadi lebih sehat.

5 dari 6 halaman

4. Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc atau sering disebut dengan seng, adalah salah satu mineral yang berkhasiat untuk mengurangi jerawat. Zinc bisa kamu dapatkan di beberapa makanan seperti tiram, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Contoh makanan yang mengandung zinc adalah daging sapi, tiram, salmon, kacang almond, bayam, jamur, dan masih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

5. Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik dalam makanan akan membuat pencernaan dalam usus berjalan lebih baik. Jika pencernaan dalam usus berjalan dengan baik, maka kotoran akan terbuang dan pastinya bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Jerawat memang bisa muncul diakibatkan oleh kotoran atau racun yang menumpuk pada tubuh kita. Makanan yang mengandung probiotik contohnya tempe, susu, keju, miso, dan masih banyak lagi.

Beberapa asupan makanan di atas, bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya jerawat. Namun faktor utama untuk mencegah jerawat adalah kebersihan diri yang harus selalu dijaga dan juga kesehatan tubuh. Jika tubuh tidak sehat, maka berbagai macam penyakit dan masalah bisa muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.