Sukses

Jangan Disepelekan, Ini 7 Tanda Tubuh Butuh Didetoks Secepatnya

Salah satu tanda tubuh dipenuhi dengan racun dan perlu didetoks adalah berat badan yang mudah naik.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh sering kali mengalami berbagai masalah yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang bisa menganggu. Dan jika diabaikan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Masalah-masalah ini muncul diakibatkan oleh radikal bebas atau racun yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu kesehatan. Meskipun pada umumnya tubuh manusia memiliki sistem untuk membersihkan diri dari racun dan radikal bebas yang masuk k edalam tubuh secara otomatis, terkadang racun-racun ini terlalu banyak dan mengendap di dalam tubuh.

Ketika racun tersebut mengendap dan berada lama di dalam tubuh, maka berbagai macam kemungkinan kondisi buruk akan terjadi pada tubuh. Racun dalam tubuh bisa masuk melalu makanan, minuman, hingga obat-obatan kimia bahkan udara bebas atau dari ruangan di sekitar.

Ketika racun sudah menumpuk, ada baiknya untuk segera menghilangkan racun tersebut dengan cara didetoks atau membersihkan racun tersebut. Tanda-tanda tubuh mengalami penumpukan racun perlu kamu ketahui agar  bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Berikut Liputan6.com sudah merangkum beberapa tanda tubuh harus segera dibersihkan dari racun atau didetoks agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, Selasa (9/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Merasa Cepat Lelah

Tanda pertama tubuh harus segera didetoks adalah ketika tubuh merasa cepat lelah setelah melakukan aktivitas yang ringan hingga berat. Jika kamu sering merasa sudah tidur atau beristirahat secara cukup namun kondisi tubuhmu tidak membaik atau rasa lelah tidak hilang, bisa jadi ini adalah tandanya tubuh dipenuhi dengan racun.

Racun yang berlebihan dalam tubuh akan menciptakan banyak stres bagi kelenjar adrenalinmu. Jika kamu mengalami hal ini lebih baik segeralah menghilangkan racun di dalam tubuhmu.

3 dari 8 halaman

2. Berat Badan Naik Terus Menerus

Tanda berikutnya adalah penambahan berat badan yang terjadi terus-menerus. Jika kamu merasa berat badanmu sering naik dan terjadi terus-menerus bisa jadi racun dalam tubuhmu sudah menumpuk dan perlu didetoks.

Banyak racun yang tersisa di tubuh adalah racun jenis lipofilik yang berada di dalam lemak tubuh. Lipofilik toxins mengandung pestisida dan dioxin yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel lemak.

4 dari 8 halaman

3. Sulit Tidur atau Insomnia

Jika kamu sering mengalami stres dan mengalami kesulitan saat tidur, bisa jadi ini adalah tanda racun di dalam tubuh sudah banyak. Kekurangan mineral terutama magnesium bisa menyebabkan susah tidur atau insomnia. Magnesium sendiri berfungsi sebagai penenang sistem saraf dan otot supaya tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak.

5 dari 8 halaman

4. Sakit Kepala

Sakit kepala yang terjadi tanpa alasan bisa menjadi salah satu tanda tubuh harus segera didetoks dari racun. Racun yang bisa mempengaruhi otak seperti aspartame dan monosodium glumat bisa menyebabkan sakit kepala. Selain itu racun dalam makanan seperti pewarna makanan, pengawet, hingga logam berat juga bisa menjadi penyebab sakit kepala.

6 dari 8 halaman

5. Mood yang Sering Berubah

Mood sering berubah secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya, bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuhmu mengandung racun yang harus segera didetoks. Racun seperti xenoestrogens menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi baik laki-laki dan perempuan.

Xenoestrogen adalah campuran sintetis hormon yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh.

7 dari 8 halaman

6. BAB Tidak Lancar

Buang air besar tidak lancar atau sembelit juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuhmu mengandung racun. BAB adalah sebuah proses pembuangan limbah yang ada pada tubuhmu.

Jika limbah tidak dibuang dengan benar, maka racun hingga bakteri akan menumpuk didalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

8 dari 8 halaman

7. Kulit Sensitif

Hati adalah organ yang berfungsi untuk membuang sebagian besar racun dari tubuh. Ketika tubuh dipenuhi dengan racun, hati tidak dapat bertahan dan organ lain mencoba mengeluarkan toksin atau racun tersebut, misalnya melalui kulit. Kulit akan mudah berjerawat, timbul ruam, eksim, dermatografi, hingga bisul.

Itulah beberapa tanda yang harus kamu perhatikan jika terjadi pada tubuhmu yang menandakan tubuh dipenuhi dengan racun dan harus segera melakukan detoks racun.

Detoks racun bisa kamu lakukan dengan sederhana seperti mengkonsumsi air lemon setiap hari, olahraga, makan-makanan yang sehat dan bergizi, hindari makanan olahan, berhenti minum kopi, alkohol hingga merokok, dan masih banyak lagi cara detoks diri dari racun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.