Sukses

Pemenang Generasi Muda Berencana di Gebyar 1.001 Poster BKKBN

Tahun ini BKKBN menggelar kembali lomba poster nasional agar para remaja Indonesia bisa menuangkan ekspresi lewat seni.

Meningkatnya masalah di kehidupan remaja membuat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berupaya melakukan pendekatan. Salah satunya dalam bentuk karya seni.

Tahun ini BKKBN menggelar kembali lomba poster nasional agar para remaja Indonesia bisa menuangkan ekspresi lewat seni.

Ajang yang mengusung tema `Generasi Berencana yang Muda yang Berencana` ini telah menemukan para pemenangnya. Pemenang diumumkan BKKBN bertempat di Teater Keong Mas, Taman Mini indonesia Indah (TMII), Minggu (24/11/2013), sebagai berikut:

Kategori 1 (10-13 tahun)

Desain manual : Juara 1 Putri Citra Seni Bella Nurani dari Jawa Tengah.

Digital :  Juara 1 sumatera utara habib wijaya nasution

Kategori 2 (14-17 tahun)

Juara 1 manual: Ikhlasia Amali Mahzum dari Sumatra Barat
Juara 1 digital:  Teguh Juli Prayoga dari Jawa Barat.

Kategori 3 (18-24 tahun)

Juara 1 manual: Naufan Noordyanto dari Jawa Tengah
Juara 1 digital: Dominico Adhitya dari Jawa Timur.

Dan untuk juara umumnya terpilih dari Jawa Tengah yaitu Putri Citra Seni Bella Nurani (11 tahun). "Di poster yang saya buat terdapat pesan berupa gambar saya dan adik saya yang sehat cerdas dan ceria karena hidupku terencana. Terima kasih ayah dan ibu," ujar Perempuan kelahiran Batang 29 Mei 2002.

Lomba ini dijadikan sebagai momen untuk lebih peduli masalah remaja dan stop galau pada remaja. "Lewat lomba poster yang berisikan  pesan upaya pendewasaan usia pernikahan ini diharapkan dapat menembus lingkungan remaja. Sehingga remaja dapat merencanakan masa depannya dengan matang," ujar Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof. dr Fasli Jalal, PhD, SpGK, Minggu (24/11/2013).

Dalam Gebyar 1.001 Poster tersebut, para peserta menuliskan pesan positif misalnya menikah di usia ideal di atas 20 tahun bagi wanita dan di atas 25 tahun untuk laki-laki.

"Langkah ini dipilih dengan harapan dapat menangani masalah remaja, dan kami telah menerima 1.658 poster yang terbanyak berasal dari daerah Jawa Timur yaitu sekitar lebih dari 300 dan sisanya dari semua daerah Indonesia," kata Ketua Panitia Gebyar 1.001 Poster, Drs. Yunus Patriawan Noya, Msi.

Peserta terbagi atas kategori usia 13 tahun, 14 sampai 17 tahun, dan usia 18-24 tahun dengan format digutal, bahan kertas dan lukisan tangan.

Dewan juri dalam lomba ini terdiri dari berbagai ahli di antaranya Arswendo Atmowiloto (jurnalis dan budayawan), Moeryono Aladin (mitra BKKBN/SIKIB), Arif Priyono SA (akademisi/BINUS), Uung Kusmana (BKKBN Pusat) dan Sony Wibisono (praktisi desain).

Kesesuaian dengan tema, orisinalitas ide, kreativitas, teknik penggambaran, kekuatan karakter gambar, penyampaian isi pesan yang komunikatif, dan komposisi warna merupakan bagian dari penilaian.

Untuk juara pertama panitia memberikan piala bergilir dari ibu Negara RI, piala tetap dari kepala BKKBN, piagam penghargaan dan tabungan pembinaan senilai Rp. 25.000.000.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini