Sukses

Koruptor Mungkin Masa Kecilnya Kurang Bahagia

Tika Bisono melihat adanya bagian kecerdasan yang hilang sejak para koruptor masih kecil.

Bila menilik sejumlah koruptor di Indonesia, pasti banyak yang setuju kalau semua orang itu pada dasarnya adalah orang baik. Tapi pertanyaannya adalah mengapa orang baik tersebut bisa melakukan tindakan yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain ya, sehingga tega menggunakan materi yang bukan haknya.

Melihat hal tersebut, Psikolog Tika Bisono justru malah melihat adanya bagian kecerdasan yang hilang sejak para koruptor masih kecil.

"Ketika usianya 3-6 tahun, mungkin masa kecil para koruptor gagal secara fisik, emosi dan psikososial. Sehingga ada hambatan emosional yang dipupuk sejak usia 3 tahun," kata Tika saat acara talkshow 'Memilih Mainan yang tepat untuk si Buah Hati' di FX Mall, Jakarta, dan ditulis Rabu (20/11/2013).

Tika menyontohkan, ketika usianya 3 tahun misalnya, orangtua terlalu memaksakan kehendaknya seperti memaksakan anak dalam memakai baju. Dari situ anak jadi tidak ada tempat untuk eksplorasi apa yang dia sukai dan tidak suka.

"Elemen kecerdasan yang hilang ketika itu mungkin salah satu dari beberapa faktor seperti verbal (lingistik), logika-matematika, visual-spasial, fisik-kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalsitik dan eksistensial," tambahnya.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini