Sukses

3 Tanda Kamu Insecure dalam Hubungan, Ketahui Cara Mengatasinya

Insecure atau merasa tidak aman dalam suatu hubungan berarti Anda tidak merasa percaya diri dalam hubungan tersebut dan takut bahwa hubungan akan berisiko dalam beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta Insecure atau merasa tidak aman dalam suatu hubungan berarti Anda tidak merasa percaya dalam hubungan tersebut. Lalu, punya ketakutan bahwa hubungan akan berisiko dalam beberapa hal. Hal ini biasanya terjadi karena Anda meragukan perasaan orang lain terhadap Anda atau komitmen mereka terhadap hubungan.

"Saat kita berada dalam hubungan yang aman, kita merasa kokoh-seolah-olah hubungan itu adalah pulau yang kuat dan aman yang dipenuhi dengan cinta. Tetapi saat insecure, perasaan menjadi tidak stabil, seolah-olah hubungan itu dibangun di atas tanah yang goyah," jelas psikolog klinis Carla Marie Manly, Ph.D.

Adalah hal yang umum bagi orang untuk merasa insecure dalam hubungan pada waktu tertentu, terutama di awal ketika hubungan masih baru dan perasaan masih tidak pasti. Namun, rasa tidak aman yang terus berlanjut, jika tidak ditangani, sering kali mulai membebani kedua pasangan.

"Jika tidak memperhatikan rasa insecure dalam hubungan, sering kali memicu ketakutan akan ketidakmampuan dan pengabaian, yang dapat melemahkan kedua orang dalam hubungan," konselor kesehatan mental berlisensi Nancy L. Johnston, M.S., LPC, LSATP, menulis di mbg.

Tidak peduli seberapa suportif dan meyakinkannya pasangan, is tidak akan menyelesaikan perasaan yang mendalam tentang diri sendiri.

"Akibatnya, pasangan mungkin akan menjadi frustrasi karena ketidakmampuan mereka untuk membantu meringankan penderitaan seseorang yang merasakan insecure, sehingga akan memberikan banyak tekanan pada hubungan," kata Johnston.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Insecure dalam Hubungan

1. Terus-menerus mencari kepastian

Terus-menerus mencari pujian, pernyataan cinta, atau tampilan kasih sayang menandakan bahwa seseorang tidak merasa aman dalam hubungan mereka, dan itulah sebabnya mereka membutuhkan validasi secara teratur.

"Hal ini biasanya muncul dalam bentuk mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali atau bahkan secara kompulsif," kata psikoterapis Shannon Garcia, LCSW.

2. Selalu mengalah pada pasangan

Tanda umum lain dari rasa insecure dalam suatu hubungan adalah ketika satu orang selalu menuruti apa yang dikatakan atau diinginkan oleh pasangannya. sehingga mengaburkan kebutuhan dan preferensi sendiri untuk menenangkan pasangannya.

"Rasa tidak aman mengambil alih keinginan pribadi untuk berbicara karena takut pasangan tidak akan menyukai diri sendiri yang sebenarnya," kata Johnston.

3. Ketidakstabilan emosi

Tanda besar bahwa seseorang merasa insecure dalam hubungan adalah ketidakstabilan emosi. Manly mengatakan bahwa orang yang insecure akan sering menunjukkan perubahan suasana hati.

"Mereka bergelut dengan begitu banyak perasaan takut, cemas, sedih, dan putus asa yang intens, sehingga mudah terpicu dan menjadi sensitif dalam menanggapi hal-hal terkecil sekalipun."

3 dari 4 halaman

Menghadapi Pasangan yang Mengalami Insecure dalam Hubungan

Jika Anda berkencan dengan seseorang yang dicurigai merasa insecure dalam hubungan, Manly merekomendasikan untuk mencoba mencari tahu dari mana masalah itu berasal.

"Dalam beberapa kasus, kombinasi dari masalah yang belum terselesaikan dan perilaku buruk pasangan bisa berkontribusi menimbulkan rasa insecure," kata Manly.

Bukalah percakapan dengan pasangan tentang apa yang terjadi pada mereka, dari mana perasaan itu berasal, dan perilaku spesifik apa yang mungkin membuat mereka insecure.

Teruslah memvalidasi dan tunjukkan bahwa mereka dapat mempercayai Anda dengan bersikap konsisten, menepati janji, dan memperhatikan perasaannya.

Pada saat yang sama, doronglah pasangan Anda untuk melihat ke dalam diri sendiri tentang apa yang mungkin menghalangi mereka untuk benar-benar merasa aman dan mempercayai Anda.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Menjadi Lebih Percaya Diri

Jika Anda adalah seseorang yang cenderung merasa insecure dalam hubungan, ketahuilah bahwa ada beberapa cara untuk menjadi lebih aman dan percaya diri terhadap pasangan dan diri sendiri. Berikut adalah beberapa tips dari para ahli:

  • Cari tahu akar penyebabnya. Manly mengatakan penting untuk mengambil langkah mundur untuk mengamati masa kecil, riwayat hubungan, dan kepribadian Anda secara keseluruhan yang menyebabkan insecure.
  • Atasi setiap masalah dalam hubungan. Jika ada hal-hal tertentu yang dilakukan atau dikatakan pasangan yang memicu rasa insecure, ungkapkanlah kepada pasangan dan beritahu mereka bagaimana perasaan Anda.
  • Bangun kepercayaan dengan pasangan. Mempelajari cara mempercayai pasangan Anda akan membantu Anda merasa lebih aman dalam hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.