Sukses

Fuji Mengaku Pernah Insecure karena Ketiak Gelap, Begini Caranya Mengembalikan Kepercayaan Diri

Ketiak yang gelap bisa mengganggu percaya diri. Hal itu juga dialami Fuji.

Liputan6.com, Jakarta - Fujianti Utami Putri, atau akrab disapa Fuji, terkesan selalu percaya diri saat tampil di publik. Nyatanya, dia juga mengaku pernah merasa insecure karena ketiak yang gelap.

"Jadi pernah waktu itu ketiak aku tuh sempet gelap. Itu bikin insecure banget, nggak mau pake tanktop, nggak mau angkat ketiak gitu-gitu," ujarnya kepada Tim Lifestyle Liputan6.com ketika ditemui di sela Media Gathering Rexona, Jumat, 22 Maret 2024.

Kini, masalah tersebut sudah teratasi. Ia pun membagikan cara merawat kulit ketiak gelapnya agar bisa cerah kembali. Langkah pertama adalah mandi yang bersih agar badan menjadi segar. "Cara merawat ketiak aku sebenarnya simpel, paling cuma mandi seperti biasa," ucap adik ipar Vanessa Angel itu.

Karena tipe kulitnya sensitif, Fuji harus mencari sabun yang tepat. "Aku tuh tipikal kulit yang sensitif sebenernya. Kalo gonta-ganti sabun atau ganti sabun apa gitu, sekali pake aja, bisa tiba-tiba bintik-bintik atau menggelap, gampang banget," tambahnya.

Berikutnya adalah memakai deodoran. Menurut Fuji, deodoran penting dalam merawat ketiaknya, terutama jika ia banyak berkegiatan di luar ruangan.

"Ini kan lagi panas, kita di iklim yang tropis, sering banget panas, sering banget kerja di luar. Jadi biar ketiak kita nggak bau dan ketiak kita kan termasuk area lipatan, ya jadi biar nggak gelap juga," tuturnya ketika ditanya alasan penting memakai deodoran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Ketiak Gelap

Mengutip Healthline, penggelapan pada area ketiak sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans (AN). Hal ini menyebabkan kulit menebal dan menggelap pada lipatan di sekitar tubuh. Kulit Anda mungkin juga terasa gatal atau berbau busuk di area tersebut.

Ketiak gelap sebenarnya bukan pertanda sesuatu yang serius. Namun, beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai sesuatu yang memalukan, terutama ketika memakai baju-baju lengan pendek. 

Sementara, pendiri Barba Dermatology dan Barba Skin Clinic yang berbasis di Miami, Dr. Alicia Barba, mengatakan bahwa masalah utama pada ketiak adalah area kulit tersebut biasanya bergesekan dengan benda lain, baik itu rambut, kulit, pakaian, atau bahkan gesekan saat dicukur. Dilansir dari Essence, Dr Barba berpendapat bahwa mencukur dan waxing dapat menyebabkan perubahan warna ketiak, karena kemungkinan lebih tinggi terjadinya peradangan akibat pencukuran rambut secara kasar dari kulit.

"Kulit dapat mengalami reaksi peradangan, yang merangsang sel pembuat pigmen untuk menghasilkan lebih banyak pigmen dan membuat kulit menjadi lebih gelap," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Tips Mencukur yang Aman

"Terkadang bahkan bersifat genetik. Jenis kulit yang lebih gelap mencerminkan kulit yang lebih gelap di area lengan dan selangkangan," sambung Dr. Barba.

Ia juga menyebutkan bahwa mencukur tanpa pelumas dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak. "Mencukur tanpa pelumas, baik itu krim atau pembersih tubuh, dapat menambah gesekan dan semakin mengiritasi kulit, hingga menyebabkan ruam atau masalah pigmentasi," tambah Dr. Barba.

Barba menyarankan untuk tidak terlalu menekan saat mencukur dengan pisau cukur, terutama saat mencoba mencukur lebih dekat.

"Meninggalkan pisau cukur di kamar mandi juga merupakan tanda bahaya besar, karena dapat menyebabkan penumpukan karat atau bakteri, yang dapat menyebabkan masalah ketiak yang membuat frustrasi. Terakhir, jangan pernah berbagi pisau cukur dengan siapapun, termasuk kerabat dekat."

4 dari 4 halaman

Apakah Warna Ketiak yang Gelap Bisa Kembali Cerah Seperti Semula?

Dr. Barba menyarankan agar kulit ketiak kembali cerah seperti semula, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk dapat penanganan terbaik. Bila salah penanganan, hanya akan membuat kondisi ketiak Anda lebih parah dan menimbulkan masalah-masalah lainnya.

"Kulit di bawah lengan terkenal sangat sensitif. Bahan-bahan yang dapat Anda toleransi di wajah Anda mungkin tidak dapat ditoleransi setiap hari di bawah lengan Anda. Ada juga pilihan produk resep," jelasnya.

Ia juga menyarankan untuk menemui ahli laser profesional yang tahu cara merawat area kulit yang sensitif ini. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua klinik laser memiliki kemampuan atau teknologi yang tepat untuk mengakomodasi warna kulit, warna rambut, dan ketebalan rambut yang berbeda. 

Jika tidak mampu untuk pergi ke dokter, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. "Banyak sekali bahan aktif seperti asam folat, ekstrak bluberi, ekstrak licorice, dan asam azelaic yang dapat membantu mencerahkan kulit," sarannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.