Sukses

Lukisan Potret Terbaru Raja Charles III Didominasi Warna Merah, Terungkap Makna Kupu-Kupu di Bahu

Potret Raja Charles III Didominasi Warna Merah dan Kupu-Kupu, Apa Maknanya?

Liputan6.com, Jakarta - Twitter resmi Kerajaan Inggris, @RoyalFamily, membagikan potret terbaru Raja Charles III yang diambil di Istana Buckingham pada Selasa, 14 Mei 2024. Lukisan ini adalah karya Jonathan Yeo, salah satu seniman terkemuka Inggris. Lukisan tersebut, dengan bingkai tinggi hampir dua kali tinggi badan Raja Charles, didominasi oleh warna merah.

Dalam lukisan tersebut, Raja Charles menghadap ke depan mengenakan pakaian kerajaan. Detail wajahnya sangat terperinci sementara latar belakang dan pakaiannya didominasi oleh warna merah. Di salah satu bahunya, ada gambar kupu-kupu yang hendak hinggap.

"Hari ini, Raja meluncurkan potret baru oleh @RealJonathanYeo di Istana Buckingham. Lukisan tersebut --- yang dipesan oleh The Draper's Company --- adalah potret resmi pertama yang diselesaikan sejak Penobatan Yang Mulia. Itu akan digantung di Draper's Hall di London," tulis @RoyalFamily.

Akun tersebut juga membagikan momen ketika Raja Charles membuka penutup lukisan untuk melihatnya pertama kalinya. Saat mengangkat kain hitam, Raja sedikit terkejut karena hampir menutupi tubuhnya. Namun, setelah melihat lukisan, dia tersenyum.

Jonathan Yeo juga berbagi pengalamannya dalam melukis Raja Charles. Dia pun menjelaskan makna di balik gambar kupu-kupu yang ada di bahu Raja Charles.

"Saat saya memulai proyek ini, Yang Mulia Raja masih menjadi Yang Mulia Pangeran Wales, dan seperti kupu-kupu yang saya lukis melayang di atas bahunya, potret ini telah berkembang seiring dengan perubahan peran subjek dalam kehidupan publik kita," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Pernah Lukis Ratu Camilla dan Pangeran Philips

Sebelum melukis potret Raja Charles, artist of the year menurut GQ Magazine itu juga sempat melukis anggota kerajaan lainnya.

Salah satunya istri Raja Charles yakni Ratu Camilla pada 2014 atau sebelum menjadi ratu.  

"Potret Kerajaan sebelumnya oleh Jonathan Yeo termasuk ‘HRH The Duchess of Cornwall, 2014,"

Bahkan, pada 2008 kepiawaian Jonathan dalam melukis sudah dilirik oleh pihak kerajaan. Di tahun tersebut, dia telah melukis suami Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Philips atau the late Duke of Edinburgh's.

"HRH The Duke of Edinburgh, 2008," mengutip keterangan foto.

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet Soal Lukisan Potret Terbaru Raja Charles III

Melihat lukisan potret Raja Charles warganet pun ramai-ramai memberi komentar. Tak sedikit yang memberi komentar dengan nada negatif.

"Jangan tersinggung, tapi itu adalah gambaran yang sangat suram," kata warganet.

"Tampaknya merupakan gambaran yang sempurna untuk menandai berakhirnya monarki kekaisaran yang kejam dan brutal. Puitis," kata warganet lainnya.

"Apakah ini lelucon? Lukisan itu jelek. Anakku yang berumur 9 tahun bisa berbuat lebih baik. Dia terlihat seperti penjahat Dungeons & Dragons."

4 dari 4 halaman

Komentar Positif Warganet Lukisan Potret Terbaru Raja Charles III

Di antara komentar miring itu, ada pula beberapa warganet yang memberi komentar positif.

“Mereka yang memahami seni tahu bahwa potret ini mendekati kesempurnaan. Begitu banyak pesan tersembunyi juga. Citra bukan untuk pemikir dangkal. Potret luar biasa dari Yang Mulia Raja. @RealJonathanYeo,” kata pengguna X.

“Sangat menyukai potret ini! Luar biasa,” kata warganet lain.

“Seni itu subjektif dan itulah mengapa saya menyukainya! Ini adalah salah satu karya seni rupa. Unik. Merah melambangkan gairah. Ini sangat kuat!”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.