Sukses

20 Makanan yang Ampuh Bantu Lawan Flu, Mulai dari Sop Ayam hingga Ikan (1)

20 makanan ini akan membantu anda bertahan dalam kondisi sakit flu di musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta Jatuh sakit tentu saja merupakan hal tidak diinginkan oleh siapapun. Namun, jatuh sakit sering kali tidak bisa dihindarkan terlebih saat musim hujan, dan sistem kekebalan tubuh Anda menurun,  dapat menyebabkan sakit flu atau atau pilek.

Selain batuk dan hidung tersumbat, gejala umum yang sering menyertai pilek atau flu adalah hilangnya nafsu makan. Padahal, makan adalah hal yang paling penting ketika sakit, karena menjaga energi tubuh tetap stabil sehingga dapat melawan penyakit di dalam tubuh.

"Karena pilek dan flu sama-sama disebabkan oleh virus, makanan yang mengandung antivirus dapat mempercepat pemulihan," kata Monica Auslander Moreno, RD, seorang konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition.

Mari ketahui lebih banyak tentang makanan yang dapat membantu Anda tetap berenergi ketika sakit flu, seperti dilansir dari Women’s Health, pada Rabu, 28 Februari 2024.

1. Sop Ayam

Sop ayam memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk membantu melawan virus. Selain itu juga membantu mengurangi peradangan yang memicu lebih banyak gelaja sakit pilek.

"Sop ayam adalah sumber natrium dan kalium yang baik, dan sarat dengan nutrisi pembentuk kekebalan tubuh," kata Kristin A.R. Gustashaw, RD, seorang ahli gizi di Rush University di Chicago.

Wortel, seledri, dan bawang bombay menyediakan vitamin A dan C. Sementara ayam mengandung banyak sekali protein dan zinc.

"Belum lagi, hidangan kuah hangat dapat menenangkan tenggorokan Anda dan dapat membantu meringankan hidung tersumbat," kata Gustashaw.

Ditambah lagi, air adalah bahan utama dalam sup, yang berarti Anda akan mengisi kembali cairan yang sangat dibutuhkan sambil menikmati makanan buatan sendiri yang lezat dan bergizi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Buah Citrus

Vitamin C paling banyak ditemukan dalam buah jeruk, merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mulailah mengonsumsi vitamin C dan jadikanlah ini sebagai bagian dari rutinitas Anda untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh di masa mendatang. Selain dari buah jeruk, Vitamin C juga dapat di temukan pada paprika merah, brokoli, kubis Brussel, labu siam, pepaya, ubi jalar, dan tomat.

 

3. Bawang Putih, Bawang Bombai, dan Daun Bawang

Bawang-bawangan seperti bawang bombay, dan daun bawang (yang merupakan sepupu antivirus) untuk melawan flu yang mengganggu.

"Bawang putih telah lama terkenal karena kemampuannya membantu sel pembunuh alami membersihkan tubuh dari serangan virus," kata Moreno.

Bawang putih, khususnya, mengandung allicin, yang dikaitkan dengan sifat antibakteri, antijamur, antivirus, anti-parasit, dan antioksidan.

"Makanan ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dan dapat membantu meningkatkan fungsi penghalang usus," kata Gustashaw.

 

4. Teh Jahe

Jahe memiliki keistimewaan sebagai salah satu makanan terbaik untuk pilek berkat kandungan seskuiterpen, yang secara khusus menargetkan rhinovirus, keluarga virus pilek yang paling umum, serta zat yang menekan batuk. Selain itu juga mengandung gingerol anti-inflamasi yang dapat melawan infeksi.

Menambahkan beberapa sendok makan jahe parut ke dalam teh Anda dapat membantu dalam pemulihan flu. Selain itu, Anda juga dapat mencari teh jahe, permen jahe, atau bir jahe asli, meskipun sebagian besar produk kalengan hanya mengandung sedikit jahe asli.

3 dari 4 halaman

5. Madu

Madu sering disebut-sebut sebagai obat untuk segala hal, termasuk juga pada sakit flu. Madu merupakan salah satu makanan terbaik untuk mengatasi pilek dan sakit tenggorokan. Sifat antioksidan dan antimikrobanya yang alami membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.

"Madu juga dapat membantu mengurangi frekuensi batuk Anda serta meningkatkan fungsi pernapasan bagian atas," kata Gustashaw.

6. Kefir

Dengan lebih banyak protein daripada yogurt dan susu, kefir juga mengatur pencernaan, sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk benar-benar menggunakan semua kalori dan nutrisi yang Anda konsumsi saat Anda merasa tidak enak badan, katanya.

"Kefir kaya akan probiotik yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda," kata Mike Roussell, PhD.

Probiotik bahkan dapat membantu memperpendek durasi flu, kata Gustashaw. Beberapa di antaranya mungkin juga mengandung nutrisi penting seperti kalium dan vitamin A dan C.

Makanan fermentasi lainnya seperti asinan kubis, adas manis, wortel, kimchi, dan kombucha juga dapat membantu mengisi usus Anda dengan bakteri baik, sehingga berpotensi mencegah flu.

 

7. Kacang dan Tiram

Satu ons kacang Brazil mengandung selenium, mineral yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

"Memiliki selenium yang cukup dalam tubuh Anda akan meningkatkan produksi sitokin, yang membantu menghilangkan virus flu," kata James A. Duke, PhD, penulis The Green Pharmacy Guide to Healing Foods.

Sumber selenium primo lainnya termasuk lobster, tiram, kerang, kepiting, dan tuna.

 

8. Anggur Merah

Duke juga mengatakan bahwa resveratrol dan polifenol dalam anggur merah bekerja dengan cara yang sama seperti bakteri baik dalam yogurt. Ketika virus pilek dan flu masuk ke dalam tubuh Anda, mereka mulai berkembang biak, dan senyawa-senyawa ini mencegah hal itu terjadi.

 

4 dari 4 halaman

9. Jamur

Jamur telah lama menjadi bahan pokok dalam pengobatan Tiongkok, jamur kini juga menjadi obat modern.

“Jamur ini kemungkinan besar memiliki sifat antivirus, sebagian besar karena kandungan vitamin D-nya yang kaya,” kata Moreno.

Mereka menghasilkan sitokin, protein seluler, yang membantu melawan infeksi. Polisakarida mereka adalah kelas senyawa lain yang meningkatkan kekebalan tubuh.

 

10. Karbohidrat

Saat sedang sakit, pastikan juga mengonsumsi karbohidrat. Dengan kata lain, karbohidrat membantu tubuh Anda tetap kuat dan melawan gejala flu.

Namun ada satu catatan: Pilihan sumber karbohidrat yang lebih rendah serat dan rendah lemak seperti pretzel, biskuit asin, dan roti panggang putih. Semuanya mudah dicerna jika Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak makan, kata Gustashaw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.