Sukses

Tak Cuma Baik untuk Fisik, Berenang Bikin Suasana Hati Lebih Baik

Studi yang mengungkapkan hubungan berenang dengan suasana hati yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Berenang adalah olahraga yang memiliki manfaat bagi semua orang dengan tingkat kebugaran rendah hingga tinggi. Berenang juga tak seperti olahraga high-impact misalnya tenis atau lari yang bisa berimbas pada cedera lutut, pinggang dan ankle.

"Berenang adalah pilihan yang baik bagi orang dengan masalah persendian," kata profesor di bidang olahraga di University of Otago, Selandia Baru, James Cotter.

Kehadiran air membantu beban yang dibawa seseorang jadi lebih ringan sehingga tidak membebani kerja sendi. Nah selain manfaat-manfaat untuk fisik, studi juga mengungkapkan hubungan berenang dengan suasana hati yang lebih baik.

Benar bahwa semua olahraga bisa membuat mood atau suasana hati jadi lebih baik. Namun, studi yang dipublikasikan pada 2003 di Journal of Psychology menemukan satu sesi berenang bisa meningkatkan suasana hati lebih baik daripada sesi aerobic dance.

"Karena pelepasan senyawa kimia kebahagiaan di otak, khususnya endorfin dopamin dan serotonin, membuat berenang secara teratur dapat mengurangi stres, menurunkan kecemasan, dan memerangi depresi,” kata Grant Radermacher, seorang dokter chiropractic olahraga di Wisconsin, Amerika Serikat yang tidak terlibat dalam studi itu mengutip Everyday Health.

Olahraga untuk Kesehatan Otak

Semua olahraga dikaitkan dengan peningkatkan kognisi atau kerja otak. Namun, ketika peneliti mencari tahu manfaat berenang pada kesehatan otak, ditemukan fakta unik.

Dalam sebuah penelitian kecil dari jurnal Physiological Reports, peserta yang berenang dengan intensitas sedang selama 20 menit memproses informasi visual dan merespons lebih cepat tes kognitif yang dilakukan tepat sebelum dan segera setelah mereka berenang.

Meskipun efeknya kecil (rata-rata sekitar 4 persen), fakta bahwa olahraga menghasilkan perbedaan yang terukur setelah satu kali latihan sangatlah penting seperti disampaikan Cotter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berenang, Olahraga yang Bakar Banyak Kalori

Menggerakan semua otot lewat berenang membutuhkan banyak energi. Efeknya akan membakar banyak kalori.

Berenang santai, misalnya, membakar sekitar 220 kalori setiap 30 menit pada orang dengan berat 72 kg. Sedangkan gerakan yang lebih kuat seperti gaya kupu-kupu telah membakar lebih dari 400 kalori setiap 30 menit.

3 dari 3 halaman

Cara Memulai Berenang untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai olahraga berenang, mulailah dengan perlahan-lahan.

"Jika Anda melakukan terlalu banyak hal dan terlalu cepat, Anda bisa cedera - bahkan dengan olahraga berdampak rendah seperti berenang," kata Radermacher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.