Sukses

Tahun Baru Imlek 2024, Wapres Ma'ruf Ajak Mayarakat Jadikan Momen Ini untuk Tingkatkan Integritas

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak umat Konghucu untuk menjadikan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili sebagai momentum perbaikan diri dan peningkatan integritas.

"Pada hari raya Imlek yang khidmat ini mari kita sambut bersama sebagai momentum perbaikan diri, peningkatan integritas serta penguatan komitmen berbangsa dan bernegara yang lebih baik, guna menghadapi tantangan di masa datang," ujar Wapres dalam ucapan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang disaksikan melalui video di Jakarta, Sabtu.

Wakil Presiden menyatakan bahwa Tahun Baru Imlek bagi umat Konghucu merupakan momen refleksi dan perayaan syukur yang sangat penting, yang diwarnai oleh semangat untuk memperbarui diri.

Oleh karena itu, Wakil Presiden berharap agar seluruh umat Konghucu senantiasa mampu memperbarui diri, serta berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi positif di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam perayaan tahun baru Imlek kali ini, Wakil Presiden juga berharap agar umat Konghucu mendapat bimbingan, perlindungan, dan keberkahan, serta menjadi insan yang lebih baik lagi.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan inayahnya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan," ujar Wakil Presiden Ma'ruf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Ajak Masyarakat Rayakan Keberagaman

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun Instagram @jokowi turut mengucapkan selamat kepada segenap masyarakat di Tanah Air yang merayakan Imlek.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2024. Semoga Tahun Naga Kayu membawa keberuntungan, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Melalui tayangan reels-nya, Jokowi mengajak masyarakat merayakan keberagaman budaya di awal tahun baru China.

"Di awal tahun baru Cina Naga Kayu 2024 ini, mari kita bersama-sama merayakan keberagaman budaya yang memperkaya jalinan persaudaraan dan kerja sama antaranak bangsa," demikian tutur Jokowi.

Presiden berharap, semangat keberanian dan keberhasilan membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang penuh harapan dan kemakmuran bagi semua.

3 dari 3 halaman

Tahun Naga Kayu

Berdasarkan kalender China, tahun baru yang jatuh pada 10 Februari 2024 ini telah beralih pada shio Naga Kayu.

Naga merupakan hewan imajiner yang digambarkan dalam budaya Asia timur. Tahun ini, diwakili naga yang tangguh, diantisipasi sebagai waktu luar biasa dan pemenuhan aspirasi yang telah lama ditunggu-tunggu.

Naga, yang juga jadi simbol kekuatan, otoritas dan kesuksesan, memegang tempat khusus dalam budaya Asia Timur. Sementara naga di dunia Barat sering dianggap sebagai makhluk yang mengancam dan tinggal di gua-gua, naga Asia memegang status sakral, diyakini memegang kendali atas cuaca.

Secara historis, naga adalah pusat budaya Asia Timur, di mana naga muncul sebagai simbol royalti. Kaisar sering menghiasi pakaian mereka dengan motif naga yang rumit, bukan hanya sebagai simbol keregangan, tapi juga mengasosiasikannya dengan kemakmuran dan kekuasaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini