Sukses

Resep Thai Spring Rolls Lezat, Kudapan Thailand dengan Sayuran Segar Menyehatkan

Oleh karena sajian pembuka asal Thailand ini tidak digoreng, tentu bisa dikatakan lebih sehat. Demikian juga isinya yang terdiri dari sayuran segar dan dada ayam panggang.

Liputan6.com, Jakarta - Selain sup Tom Yam dan Pad Thai yang begitu populer, ada sajian khas Thailand lainnya yang tak kalah lezat dan sehat. Thai Spring Rolls, misalnya.

Jangan terjebak oleh kata "spring rolls" yang umumnya identik dengan camilan yang digoreng, Thai Spring Rolls memiliki cara pengolahan yang berbeda. Alih-alih digoreng, lapisan pembungkus spring rolls Thailand transparan berbahan beras dicelupkan ke air panas agar mudah digulung.

Oleh karena sajian ini tidak digoreng, tentu bisa dikatakan lebih sehat. Demikian juga isinya yang terdiri dari sayuran segar dan dada ayam panggang.

Yuk, coba recook resep Thai Chicken Spring Rolls yang dilansir laman Allrecipes berikut ini:

Bahan

1 1/2 cangkir saus kacang

1 potong jahe segar, cincang

2 butir bawang putih, cincang

2 sendok teh kecap asin

450 gram dada ayam tanpa kulit dan tulang, iris-iris setebal 1 inci

2 sendok teh peanut oil

340 gram tauge

170 gram kapri segar

4 helai bawang daun

430 gram selada air

1/4 cangkir cilantro

2 wortel kupas

12 rice paper untuk bungkus spring rolls

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Thai Spring Rolls

1. Campur 1 cangkir saus kacang dengan jahe dan bawang putih cincang serta 1 sendok teh kecap asin dalam mangkok. Masukkan potongan ayam dan aduk hingga rata. Tutup dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.

2. Panaskan 1 sendok teh minyak kacang (peanut oil) dalam wajan dengan api sedang. Tambahkan tauge, kapri, dan bawang daun, tumis selama 3 sampai 4 menit hingga panas namun tetap renyah. Angkat.

3. Pindahkan tumisan tauge ke dalam mangkok besar, campurkan selada air dan daun ketumbar (cilantro). Kupas wortel dan potong panjang lalu masukkan ke dalam mangkok. Tambahkan sisa 1 sendok teh kecap asin dan aduk hingga rata.

4. Panaskan 1 sendok teh minyak kacang dalam wajan dengan api sedang. Masukkan ayam yang telah dimarinasi selama 30 menit, masak dan aduk hingga bagian tengahnya matang dan mengeluarkan kaldu bening. Masak sekitar 10 menit.

5. Isi mangkok besar dengan air panas. Rendam lembar demi lembar pembungkus spring rolls selama 2 detik hingga lembut dan lentur. Angkat dan tiriskan. Letakkan da sendok besar ayam dan segenggam kecil sayuran di tengah pembungkus lalu lipat kedua sisinya dan gulung. Ulangi hingga semuanya terisi.

Sajikan spring rolls dengan 1/2 cangkir saus kacang. Selamat menikmati!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini