Sukses

Kunci agar Tidur Berkualitas, Temukan Jawabannya di Sini

Sebuah studi terbaru mengungkap kunci agar tidur berkualitas.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang mungkin telah mengetahui bahwa tidur paling tidak tujuh jam tidur setiap malam. Namun, memiliki jadwal tidur yang konsisten dan teratur menurut studi terbaru bahkan lebih penting daripada jumlah jam yang didapatkan setiap malam.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa tidur enam jam setiap malam pada jadwal yang konsisten dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah bila dibandingkan dengan tidur delapan jam pada jadwal yang tidak teratur.

Sementara sebagian besar rekomendasi menyoroti pentingnya durasi tidur, tidak semua menekankan mempertahankan jadwal tidur yang konsisten, menurut Rebecca Robbins, MMSci, PhD, seorang peneliti tidur di Harvard Medical School, Boston, Massachusetts.

"Menjaga jadwal tidur dan bangun yang konsisten memungkinkan otak kita mengetahui kapan kita ingin istirahat dan kapan harus waspada," kata Robbins seperti dikutip dari Verywell Health pada Jumat, (24/11/2023).

"Dengan kata lain, ketika kita menjaga waktu tidur kita secara konsisten, ritme sirkadian internal kita menjadi lebih efisien, dan selanjutnya, kita dapat tertidur lebih cepat dan lebih baik menjaga kualitas tidur kita."

Ritme sirkadian adalah proses internal yang mengontrol siklus tidur-bangun dan berulang kira-kira setiap 24 jam, memberi tahu tubuh kapan saatnya bangun dan kapan waktunya tidur.

Ketika waktu tidur dan bangun tidak konsisten dan tidur terfragmentasi, ritme sirkadian akan bingung sehingga lebih sulit bagi tubuh untuk mengetahui kapan saatnya untuk tidur dan bangun. 

Hal ini dapat memperpanjang jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, dan itu dapat mencegah seseorang tidur nyenyak sepanjang malam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Jadwal Tidur yang Konsisten

"Manfaat dari jadwal tidur yang konsisten sangat berarti," kata Robbins.

Untuk mencapai konsistensi. Robbins menyarankan untuk melihat jadwal mingguan dan menemukan waktu paling untuk bangun.  Misalnya, Anda harus masuk kantor pukul 08.00 dengan perjalanan sekitar dua jam dari rumah. Maka paling tidak harus bangun pukul 05.00 setiap pagi. 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Lupa Memberikan Diri Sendiri Waktu Santai

Seseorang selalu dapat mengurangi satu jam ekstra atau lebih jika ingin tidur lebih lama, katanya, dan jangan lupa untuk memperhitungkan minimal 15-20 menit yang diperlukan untuk tertidur. 

Pastikan juga membangun waktu untuk bersantai sebelum tidur, katanya, seperti mematikan elektronik dan membaca buku.

"Setelah itu semua sudah dilakukan, atur jam alarm yang menenangkan setiap hari untuk waktu yang memungkinkan bersantai sekitar 30 menit sebelum tidur," kata Robbins.

"Gunakan alarm untuk mengingatkan kapan harus bangun."

 

4 dari 4 halaman

Tidur yang Sehat

Konsisten dalam waktu tidur mungkin hanya menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang dan akhirnya merasa beristirahat.

"Selama bertahun-tahun, kami telah sangat fokus pada rekomendasi yang berkaitan dengan durasi tidur," kata Robbins. 

"Namun, tidur bersifat multidimensi, dan gambaran kesehatan tidur benar-benar harus mencakup komponen seperti durasi yang cukup, waktu yang konsisten, bangun dan merasa segar, dan tidur yang sebagian besar terkonsolidasi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini