Sukses

Murah tapi Ngga Murahan, Ini 4 Keunggulan Ikan Lele yang Perlu Kamu Tahu

Ikan Lele Dikenal Murah tapi Punya 4 Keunggulan Ini

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Lele adalah ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini kerap dijadikan hidangan khas yakni pecel lele dan menu lainnya.

Ikan lele merupakan salah satu pilihan termurah untuk mendapatkan nilai gizi tinggi dari makanan rendah kalori.

Ikan ini menyediakan nutrisi penting seperti vitamin B12, protein, dan omega-3.

"Ikan lele adalah ikan yang terkenal karena harganya yang terjangkau dan tersedia di sebagian besar wilayah. Seperti banyak ikan lainnya, ikan lele memiliki manfaat nutrisi yang luar biasa," kata ahli gizi Kathleen M. Zelman, MPH, RD, LD mengutip WebMD pada Rabu, 8 November 2023.

Spesies ini dikenal memiliki organ indera bernama sungut yang menyerupai kumis sehingga mudah dikenali. Mereka biasanya hidup di danau, sungai, dan kolam.

Orang sering menggambarkan rasa ikan lele lebih lembut dibandingkan ikan lainnya, mirip dengan ikan bandeng.

Tekstur ini menunjukkan bahwa ikan lele dapat dengan mudah dikreasikan dengan makanan kesukaan melalui berbagai resep.

Ikan Lele Pengganti Daging Mahal

Ikan lele, seperti kebanyakan ikan lainnya, memiliki kandungan nutrisi berharga yang membuatnya ideal untuk menjaga pola makan seimbang.

Dikombinasikan dengan rasanya yang ringan dan harga yang terjangkau, ikan lele adalah alternatif yang bagus untuk pengganti daging mahal seperti daging sapi.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Lele

Ikan lele dapat menjadi pilihan karena memiliki beberapa keunggulan dan manfaat seperti :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikan Lele Rendah Kalori

Ikan lele hanya memiliki sekitar 98 kalori dalam porsi 100 gram, menjadikannya pilihan tepat bagi orang yang menjaga berat badan.

Ini juga membuatnya ideal untuk menggantikan daging lain yang lebih berkalori seperti unggas di sebagian besar resep.

Sumber Protein

Lele juga disebut sebagai sumber protein yang luar biasa. Seperti kebanyakan ikan, lele dikenal mengandung banyak protein. Porsi 100 gram lele mengandung 13 gram protein, mewakili 26 persen dari jumlah harian yang disarankan.

Protein sangat penting untuk menjaga dan menumbuhkan sel dan jaringan.

Kaya Akan Vitamin B12

Ikan lele juga kaya akan vitamin B12. Ini adalah senyawa penting untuk fungsi saraf, metabolisme sel, dan produksi DNA.

Kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup vitamin B12 dan ikan lele adalah sumber yang sangat baik untuk itu, melebihi nilai harian yang direkomendasikan dalam satu porsi 100 gram.

Menyediakan Lemak Sehat

Meskipun memiliki sedikit lemak jenuhnya, ikan lele juga menyediakan banyak lipid sehat dalam satu porsi.

Ditambah lagi, ikan juga diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mencegah penyakit jantung, demensia, dan kanker.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Umum Makan Ikan

Di samping lele, ikan secara umum dikenal sebagai salah satu sumber protein dan omega-3 yang paling sehat, dua nutrisi penting untuk pola makan yang sempurna.

Para ahli merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu untuk pola makan seimbang.

Asam lemak omega-3 secara positif dapat memengaruhi pembekuan darah dan penyempitan pembuluh darah sekaligus memperbaiki kondisi seperti detak jantung tidak teratur.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hal ini dapat mengurangi gejala depresi dan kondisi mental lainnya yang disebabkan oleh usia.

"Meskipun Anda tidak suka makan ikan, Anda bisa mendapatkan dosis omega-3 yang disarankan dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Namun, usahakan untuk hanya membeli minyak ikan murni untuk menghindari kontaminan yang tidak perlu," kata Zelman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini