Sukses

Peringati Kelahiran Rasulullah, Ini 9 Tanda Mencintai Nabi Muhammad SAW

Tanda-tanda mencintai Nabi Muhammad SAW menurut Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari.

Liputan6.com, Jakarta - Al-‘Allamah Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari di dalam kitab beliau yang berjudul, an-Nur al-Mubin menyatakan ihwal tanda-tanda mencintai Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat menjadi pengingat bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tiap tanggal 12 Rabiul Awal Hijriyah.

Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari menulis bahwa terdapat tanda-tanda mencintai Nabi Muhammad SAW. Barangsiapa yang dzahir padanya tanda-tanda tersebut, adalah ia benar-benar mencintai Nabi Muhammad SAW. Dan sekiranya tidak, maka cintanya hanya perkataan semata.

Mengutip situs Nahdlatul Ulama Cilacap, Kamis (28/9/2023), tanda-tanda mencintai Nabi Muhammad SAW menurut Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari dalam Kitab an-Nur al-Mubin, sebagai berikut:

1. Meneladani Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Baik dalam percakapan, perbuatan dan ahwal, dzahir dan bathinnya. Ahwal adalah kondisi seseorang yang menunjukkan kedekatannya kepada Tuhan mereka tanpa dilalui latihan-latihan spiritual. 

Dzahir artinya sesuatu yang lahir itu bisa dilihat dan tidak kasat mata.

2. Mengamalkan sunnah-sunnah Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya, berusaha beradab dengan adab Muhammad SAW, dalam semua keadaan, baik di kala susah maupun senang, di kala cergas (tangkas) maupun malas.

3. Mengutamakan apa yang telah disyariatkan Rasulullah Muhammad

Kemudian apa yang digalakkannya untuk dilakukan daripada mengikuti hawa nafsu dan syahwat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rajin Bershalawat

4. Banyak menyebutnya, yakni bershalawat ke atas Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Sebab orang yang mencintai sesuatu, banyak atau sering menyebutnya dengan perasaan rindu kepada yang dicintainya, mengagungkannya, memuliakannya dan mendzahirkan kekhusyu’kan dan rendah diri ketika mendengar nama Baginda Rasulullah Muhammad SAW disebut.

5. Rindu untuk bertemu dgn Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Karena sesungguhnya setiap kekasih ingin bertemu dengan yang dikasihinya.

6. Mencintai mereka yang dicintai oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW 

Yaitu yang punya hubungan dengan Baginda Rasulullah Muhammad SAW seperti ahli bait, para shahabat Rasulullah Muhammad SAW dari kalangan Muhajirin dan Anshar.

3 dari 3 halaman

Mencintai Al-Quran

7. Membenci orang-orang yang dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya

Termasuk memusuhi orang yang memusuhinya, menjauhi orang yang menyimpang dari sunnahnya serta berkeberatan terhadap orang yang menyimpang dari sunnahnya.

8. Mencintai Al-Quran yang diturunkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW

Mencintai Al-Quran berarti membaca, memahami dan mengamalkan segala tuntutan-tuntutannya di dalam mengatur kehidupan kita dan seterusnya memperjuangkannya.

9. Mencintai sunnahnya serta memerhatikan dan memahami hukum-hukumnya.

Mencintai Sunnah

Sahal bin ‘Abdullah at-Tusturi berkata, tanda-tanda mencintai Allah SWT adalah mencintai Al-Quran dan mencintai Nabi Muhammad SAW

Tanda-tanda mencintai Nabi Muhammad SAW adalah mencintai sunnahnya dan mencintai sunnahnya adalah membenci dunia. Tanda membenci dunia adalah enggan mengambilnya melainkan untuk bekalan menuju kampung akhirat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini