Sukses

Berhenti Merokok di 2023, Ini Tips Bagi yang Mengupayakan Sendiri Tanpa Ahli

Anda bisa mengupayakan berhenti merokok dari diri sendiri. Ini artinya dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri tanpa bantuan ahli seperti dokter maupun psikolog.

Liputan6.com, Jakarta Banyak di antara kita yang memiliki resolusi lebih sehat di 2023. Sebagian diantaranya ingin berhenti merokok. Bila ini adalah Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa lepas dari  rokok.

Anda bisa mengupayakan berhenti merokok dari diri sendiri. Ini artinya dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri tanpa bantuan ahli seperti dokter maupun psikolog.

Guru Besar Spesialis Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Profesor Tjandra Yoga Aditama menuturkan, bila dengan upaya sendiri adalah dengan berhenti total atau menurunkan secara bertahap.

Pada orang yang berhenti merokok dengan langsung berhenti totak kebanyakan angka keberhasilan cukup tinggi meski 'kekambuhan' juga besar.

"Untuk itu, kalau sudah berhasil berhenti merokok secara langsung tanpa bertahap, maka harus ada kegiatan kompensasi sesudahnya, seperti konsumsi buah, olahraga atau hal lain agar tidak kambuh ingin merokok lagi," saran Tjandra.

Sementara itu, bila ingin berhenti secara bertahap yakni dengan menurunkan frekuensi dan jumlah rokok rupanya angka kekambuhannya kecil jika cara ini berhasil. Namun, angka keberhasilan lepas dari rokok dengan cara ini lebih rendah dibandingkan dengan cara berhenti total langsung.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhenti Secara Bertahap

Tjandra mengungkapkan untuk meningkatkan angka keberhasilan merokok secara bertahap ada tiga cara:

- Tentukan jam/waktu merokok dalam satu hari, artinya kita hanya boleh merokok pada jam yang ditentukan, bukan pada waktu ingin merokok.

- Tetapkan secara pasti berapa penurunan jumlah batang rokok yang dihisap dari waktu ke waktu serta kapan tanggal untuk akhirnya berhenti dan tidak merokok lagi.

- Libatkan penuh keluarga dan kerabat untuk ikut mengawasi dan mengingatkan jadwal penurunan batang rokok yang dihisap serta mewanti-wanti tentang kepatuhan pada kesepakatan tanggal untuk pada akhirnya berhenti merokok.

Demi kesuksesan berhenti merokok di 2023, setelah bisa berhenti merokok alangkah baiknya untuk menghindari pertemuan dengan hal-hal yang mengingatkan dengan rokok.

"Sedapat mungkin menghindari kelompok perokok, menyingkirkan asbak dan mungkin korek api yang dulu biasa dipakai serta mengadaptasikan diri dengan lingkungan bersih bebas asap rokok," saran Tjandra.

3 dari 3 halaman

Melibatkan Ahli

Anda juga bisa melibatkan ahli seperti petugas kesehatan, psikolog atau motivator berhenti merokok. Hal ini bisa dengan berkonsultasi perorangan atau kelompok, bantuan lewat telepon, pemanfaatan brosur dan tips tertentu dan lain-lain.

Lalu, bisa juga dapat dilakukan melalui dukungan kegiatan spiritual dan atau pendekatan tertentu.

Bila menggunakan bantuan dari petugas kesehatan, Tjandra mengungkapkan ada dua pendekatan yang digunakan:

- 5A: Ask, Advise, Assess, Assist dan Arrange - Follow-up contact.

- 5 R: Relevance, Risk, Rewards, Roadblocks dan Repetition.

Tjandra menuturkan pendekatan psikososial akan sangat terbantu dengan adanya lingkungan bebas asap rokok dan kebijakan publik yang mendukungnya.

Cara ketiga dengan menggunakan obat dalam upaya berhenti merokok, maka ada beberapa pilihan yang dapat digunakan, walaupun tidak semua tersedia di Indonesia. Yang dapat digunakan antara lain adalah jenis Antidepressant seperti bupropion dan nortriptyline, dan juga Clonidine dan Varenicline. Di luar negeri juga banyak digunakan Nicotine replacement therapy (NRT) yang ada 5 bentuknya, transdermal nicotine patches, gum, lozenges,sprays, inhalers.

"Ketiga cara di atas dapat digunakan, sesuai dengan pertimbangan keadaan. Yang paling pemting adalah adanya niat yang kuat untuk berhenti merokok , disertai dengan dukungan keluarga dan kerabat dekat," kata Tjandra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.