Sukses

4 Cara Mudah Mengatasi Biduran, Hanya Butuh Bahan Alami Saja

Liputan6.com, Jakarta Biduran atau urtikaria adalah permasalahan kulit yang disertai dengan rasa gatal dan bentol yang menyebar di seluruh badan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kadar histamin yang berlebihan. Selain itu, ada pula faktor lainnya yang bisa memicu kulit biduran tersebut. Misalnya reaksi alergi, cuaca, paparan sinar matahari, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Berbeda dari gigitan hewan, bentol yang disebabkan oleh biduran umumnya terjadi dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. Ukurannya pun besar, meski tak semuanya sama. Selain itu, permasalahan ini bisa terjadi dalam beberapa hari tergantung masing-masing individu. Namun, biduran ini tentu saja bisa diatasi dengan mudah hanya dengan bahan-bahan alami berikut.

1. Kompres dengan Es Batu

Cara pertama yang bisa diterapkan bila masalah kulit seperti biduran terjadi adalah dengan mengkompresnya menggunakan es batu. Sensasi dingin yang diberikan oleh es batu dapat membantu mengurangi rasa gatal yang ada di permukaan kulit. Selain itu, memakai cara ini juga akan mengecilkan risiko iritasi yang mungkin terjadi akibat biduran.

Dalam menggunakan bahan ini, kamu bisa membungkusnya terlebih dahulu ke dalam kain berbahan lembut. Namun, jika ingin lebih praktis, maka bisa membeli ice pack yang kini sudah ada di mana-mana. Setelahnya, kompres secara perlahan ke area kulit yang memiliki biduran. Rajin melakukan ini setiap hari, dapat menghilangkan gejala yang sedang dialami.

2. Oleskan Gel Lidah Buaya

Selain menggunakan es batu, kamu juga bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang mengalami biduran. Bahan alami ini mampu menenangkan iritasi kulit yang terjadi karena mengandung antiinflamasi. Selain itu, gatal-gatal di area kulit yang terdampak pun bisa dikurangi juga dengan adanya senyawa ini.

Cara memanfaatkan aloe vera sangatlah mudah. Cukup oleskan saja secara merata ke permukaan kulit yang biduran. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga gel tersebut sedikit mengering. Seusai itu, bilaslah dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain atau handuk. 

3. Manfaatkan Oatmeal

Tak hanya bisa dimakan saja, oatmeal faktanya bisa lho digunakan sebagai obat alternatif untuk menghilangkan biduran. Sama seperti dua bahan sebelumnya, oatmeal juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan sensasi gatal pada kulit yang disebabkan oleh biduran. Hal tersebut tentu tak terlepas dari kandungan  antiinflamasi yang terdapat di dalamnya.

Dalam mengatasi permasalahan ini, kamu bisa memakai oatmeal sebagai masker tubuh saat mandi. Hanya perlu menghancurkan beberapa sendok makan saja, dan kemudian oleskan bahan tersebut secara perlahan ke area kulit yang mengalami biduran.

4. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk mengurangi gejala biduran. Pasalnya, bahan tersebut memiliki kandungan anti bakteri dan bisa berfungsi sebagai pelembab pada kulit. Sehingga, cara ini dianggap tepat untuk mengatasi rasa gatal dan panas karena biduran. 

Tak sulit melakukan perawatan yang satu ini. Kamu cukup oleskan saja minyak kelapa yang ada ke tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya yang mengalami biduran. Setelahnya, tunggu hingga kering dan bersihkan menggunakan air. Melakukan tips ini secara rutin, dipercaya dapat menghilangkan biduran secara bertahap pada permukaan kulit.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan guna mengurangi biduran pada tubuh. Tak hanya murah meriah, namun tips ini juga bisa diterapkan di rumah karena hanya membutuhkan beberapa bahan alami. Semoga bermanfaat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS