Sukses

4 Tanda Kesehatan Mental Bermasalah, Harus Diwaspadai!

Untuk mengetahui apakah kamu juga sedang mengalami gangguan mental atau tidak, maka perlu pula untuk mengenali gejala-gejala yang ada. Lantas, seperti apakah tanda-tanda dari penderita gangguan mental?

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan kesehatan mental pada seseorang kerap kali tak diperhatikan dan cenderung diabaikan. Padahal, bila dibiarkan terlalu lama, gejala yang dialami akan menjadi semakin besar pula. Akibatnya, banyak sekali orang yang berakhir stress atau dalam kondisi depresi berat.

Oleh karena, tanda-tanda kesehatan mental yang bermasalah harus bisa dideteksi sedari dini. Untuk mengetahui apakah kamu juga sedang mengalami gangguan mental atau tidak, maka perlu pula untuk mengenali gejala-gejala yang ada. Lantas, seperti apakah tanda-tanda dari penderita gangguan mental?

1. Gangguan Nafsu Makan

Salah satu tanda bahwa kesehatan mental tidak sedang baik-baik saja adalah terjadinya gangguan pada nafsu makan. Perubahan ini biasanya berupa penurunan nafsu makan ataupun sebaliknya. Bila hal ini dialami, maka bisa menyebabkan malnutrisi pada tubuh.

Gangguan seperti ini nyatanya tidak bagus bagi kesehatan badan. Karena berat badan penderita akan mengalami penurunan atau kenaikan yang berujung obesitas. Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera pergi berkonsultasi ke dokter psikolog terdekat agar bisa memastikan keadaan lebih lanjut. 

2. Kesulitan Tidur

Penderita gangguan mental umumnya memiliki kesulitan ketika hendak tidur. Mayoritas dari mereka mengeluhkan waktu tidur yang terlalu banyak atau sedikit. Sehingga, hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas tidur yang dimiliki.

Orang yang mengalami gejala ini biasanya berakhir dengan kurangnya tenaga, lemas, mengantuk, dan tidak bisa berproduktivitas secara maksimal. Tentunya, ini juga memberikan dampak buruk bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya saja bekerja atau bersekolah.

3. Selalu Merasa Lelah

Tanda kesehatan mental yang bermasalah berikutnya adalah tubuh yang terus-menerus merasa lelah. Meskipun sudah tidur dengan cukup, badan tetap merasa lelah dan akhirnya berpengaruh terhadap konsentrasi yang dimiliki. Masalah ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki indikasi awal stres atau depresi.

Bila tidak segera ditangani dengan benar, gangguan ini bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang lama dan memberikan dampak yang tidak baik bagi kehidupan. Yang jelas, hal ini harus segera diobati supaya tidak merambat ke aspek yang lainnya.

4. Perubahan Suasana Hati yang Tidak menentu

Gejala terakhir yang menjadi indikasi ketidaksehatan mental yang dimiliki adalah perubahan hati yang tidak menentu. Perubahan ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan drastis. Artinya, perubahan mood ini bisa dialami tanpa waktu yang ditentukan.

Misalnya saja, penderita yang awalnya bersemangat, namun lima menit kemudian jadi murung dan tidak bersemangat. Perubahan hati ini biasanya terjadi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, gejala ini harus segera dikonsultasikan ke dokter psikolog agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

Itulah 4 tanda bahwa mental sedang tidak baik-baik saja. Apabila kamu mengalami gejala seperti ini, sebaiknya meminta bantuan dari para ahli agar tidak salah mengambil langkah dan memperparah keadaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini