Sukses

Cara Menumbuhkan Rambut Tipis Biar Lebih Lebat dan Sehat, Tanpa Perlu ke Salon Lho

Mau tahu apa saja cara menumbuhkan rambut tipis biar kembali lebat dan sehat? Simak informasi berikut ini sampai habis, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Cara menumbuhkan rambut biar lebih lebat dan sehat mungkin jadi hal yang paling dibutuhkan oleh para pemilik rambut tipis. Yup, memiliki rambut tipis sendiri tentunya jadi hal yang nggak diinginkan. Selain mampu merusak estetika diri secara menyeluruh, rambut yang tipis pun juga sulit untuk distyling, sehingga kurang bisa diandalkan untuk menunjang penampilan sehari-hari. 

Penyebab rambut tipis pada dasarnya dapat berasal dari banyak hal. Mulai dari paparan sinar matahari yang terlalu menyengat, pola hidup yang kurang sehat dan penuh stress, jarang memerhatikan kesehatan dan kecantikan rambut dengan baik, hingga faktor genetik atau kelainan tertentu. Berbagai penyebab rambut tipis ini wajib untuk diketahui agar kamu bisa memberikan perawatan yang terbaik untuk mengatasi rambut rontok parah, yang menyebabkan penipisan hingga kepala botak. 

Setelah mengetahuinya, barulah kamu dapat lanjut ke penerapan ragam cara menumbuhkan rambut biar lebih lebat dan sehat, tanpa harus perlu melakukan perawatan di salon. Adapun tips ini sepenuhnya melibatkan penggunaan sejumlah hair care penumbuh rambut termasuk vitamin rambut, memperbaiki gaya hidup yang lebih baik, hingga penggunaan bahan-bahan alami yang berkhasiat. Mau tahu apa saja tips yang bisa dicoba untuk kembalikan rambut tebal dan sehatmu? Simak informasi berikut ini sampai habis, yuk!

1. Gunakan Shampo yang Menutrisi Rambut hingga ke Akarnya

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat dan paling basic adalah menggunakan shampo yang mampu menutrisi rambut hingga ke akar-akarnya. Rambut rontok parah yang menyebabkan penipisan hingga kebotakan sudah seharusnya diberikan treatment yang tepat agar kondisinya semakin parah. 

Tapi alih-alih memulainya dengan tahapan tingkat lanjut, akan lebih baik bila kamu mencobanya dari perawatan dasar dulu. Untuk itulah, produk hair care penumbuh rambut seperti shampo dapat diandalkan untuk menumbuhkan rambut pitak di area-area kepala tertentu. 

Pilihlah produk shampo yang memiliki kandungan lidah buaya atau aloe vera di dalamnya. Kandungan aloe vera yang terdapat di dalam shampo memiliki khasiat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Cucilah rambut secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu. Jangan terlalu berlebihan melakukannya. Sebab, keramas yang terlalu sering justru nggak bagus karena dapat menghilangkan minyak alami pada rambut.  

2. Pakai Kondisioner yang Tepat

Selain menggunakan shampo, kamu pun juga bisa memasukkan pemakaian kondisioner dalam rangkaian perawatan rambut tipis akibat rontok. Cara menumbuhkan rambut satu ini dinilai efektif karena mampu memberi kelembapan pada batang rambut yang kering dan rontok, sehingga masalah penipisan rambut pun dapat diminimalisir. 

Nyatanya memakai shampo dan vitamin rambut saja nggak akan cukup untuk mengatasi kerusakan rambut yang berujung pada penipisan hingga kebotakan. Perlu adanya penunjang dari produk hair care penumbuh rambut lainnya seperti kondisioner untuk bisa atasi kerontokan dengan tepat dan maksimal. Sebab, rambut yang nggak diberikan kondisioner cenderung akan lebih mudah kusam, bercabang, hingga patah. 

Untungnya, saat ini kondisioner sudah memiliki banyak varian yang dapat dipilih dan bisa dipercaya untuk menjawab kebutuhan orang-orang. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak menggunakan kondisioner untuk menumbuhkan rambut yang tipis supaya lebih lebat dan sehat. Kamu pun juga tinggal pilih saja sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan yang dipunya.

3. Jangan Lupakan Masker Rambut yang Menyehatkan

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat selanjutnya dapat dilakukan dengan pemakaian masker rambut yang menyehatkan. Tahukah kamu bahwa produk hair care penumbuh rambut satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi rambut. Masker rambut yang tepat dapat berguna sebagai treatment efektif untuk memperbaiki ragam kerusakan rambut, lho. Mulai dari kerontokan, rambut patah, rambut kering dan kusam, hingga rambut yang susah tumbuh. 

Menumbuhkan rambut pitak dengan masker rambut pun juga bisa-bisa saja. Sebab, produk ini memiliki sejumlah kandungan sehat seperti pro-keratin complex dan jojoba oil, yang mampu memberikan nutrisi pada rambut rontok parah yang kamu alami. Pakailah masker rambut secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi, jangan memakainya setiap hari, ya. Sebab, pemakaian masker rambut setiap hari justru dapat berdampak buruk pada rambut dan membuat kondisinya semakin rusak. 

4. Pilih Vitamin Rambut Berkualitas

Nah, jika ingin menumbuhkan rambut tipis biar lebih lebat dan sehat, maka penggunaan vitamin rambut tentunya nggak boleh dilupakan. Dalam mengatasi permasalahan rambut tipis akibat rontok, vitamin memegang peranan yang sangat penting, terutama untuk membuat rambut jadi lebih sehat dan mendukung pertumbuhannya. Menggunakan vitamin sebagai cara menumbuhkan rambut pun juga mudah. Terlebih lagi saat ini ada banyak varian vitamin rambut yang bisa ditemui.

Meski begitu, kamu juga wajib pilih-pilih produk hair care penumbuh rambut yang tepat, ya. Dalam memilih vitamin rambut yang bagus, sebaiknya carilah yang dilengkapi dengan Moroccan Oil, Ginseng dan Honey Oil, Vitamin A,C,E & Pro Vit B-5 yang dapat merawat, menutrisi, dan melindungi rambut yang mudah patah dan kasar. Kamu pun juga bisa memilih vitamin rambut yang mengandung Pro Keratin Complex dan Jojoba Oil yang dapat secara intensif merawat, menutrisi dan melindungi rambut yang rusak karena panas dari alat hair styling dan sinar matahari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut Tipis Biar Lebih Lebat dan Sehat

5. Pijat Kulit Kepala secara Lembut dan Perlahan

Tips menumbuhkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah memijat kulit kepala secara lembut dan perlahan. Memijat kulit kepala secara rutin nyatanya dapat meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut, sehingga membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut. Cara menumbuhkan rambut di jidat ini pun juga baik untuk menjaga mencegah terjadinya rambut rontok parah dan bikin rambut jadi lebih tebal. 

Untuk menumbuhkan rambut pitak dengan memijat kulit kepala, kamu bisa menggunakan minyak esensial seperti minyak rosemary atau lavender. Lakukan pijatan lembut selama 5-10 menit setiap hari untuk hasil yang optimal.

6. Gunakan Minyak Alami

Cara menumbuhkan rambut secara alami juga bisa dilakukan bila kamu memiliki permasalahan rambut tipis dan mudah rontok. Minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak argan sendiri memiliki kegunaan untuk membantu melembapkan dan memperkuat rambut. Sebab, di dalam berbagai minyak alami tersebut, terkandung beragam kebaikan yang mungkin saja belum ketahui.

Minyak kelapa, misalnya, mengandung asam lemak yang mampu menembus batang rambut dan mengurangi kehilangan protein. Lalu, ada minyak zaitun yang cocok untuk pemilik rambut kering, karena mempunyai khasiat melimpah, seperti menjaga kelembapan rambut, membuat rambut lebih tebal, mengurangi ketombe dan banyak lagi lainnya. 

Untuk cara menumbuhkan rambut di jidat, kamu cukup aplikasikan minyak alami ke rambut dan kulit kepala, pijat lembut, lalu biarkan selama minimal 30 menit sebelum dibilas. Lakukan secara rutin setiap tiga hari sekali agar permasalahan rambut tipis akibat rontok cepat teratasi.

7. Hindari Penggunaan Alat Pemanas yang Berlebihan

Cara menumbuhkan rambut selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan alat-alat pemanas yang berlebihan. Penggunaan alat pemanas seperti pengering rambut, catokan, dan curling iron faktanya justru dapat merusak rambut dan membuatnya rapuh. Jika penggunaannya nggak diperhatikan dan cenderung dilakukan setiap hari, bisa-bisa kamu akan mengalami rambut tipis akibat rontok.

Nggak mau kan bila penyebab rambut tipis seperti ini sampai terjadi? Itulah mengapa, sebaiknya kurangi proses styling yang menggunakan alat pemanas agar kamu bisa menumbuhkan rambut pitak dengan cepat. Kalaupun ingin bikin penampilan rambut jadi berbeda dengan alat-alat styling, kamu wajib selalu menggunakan pelindung panas dan mengatur suhu ke tingkat yang paling rendah. 

8. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Menjaga apa yang dimakan setiap harinya juga menjadi salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Perlu kamu ketahui bahwa asupan makanan yang bergizi memiliki dampak yang penting dan baik bagi kesehatan rambut. 

Untuk menumbuhkan rambut secara alami sendiri, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Protein dapat ditemukan dalam daging, telur, dan kacang-kacangan, sedangkan vitamin dan mineral bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran. Di dalam bahan-bahan tersebut terkandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk menumbuhkan rambut pitak. Di antaranya yaitu vitamin A, C, D, E, zinc, zat besi, dan omega-3. 

9. Kurangi Stress

Keseringan stress faktanya juga nggak baik bagi kesehatan rambut kamu. Sebab, ini merupakan salah satu penyebab rambut tipis akibat rontok yang harus diwaspadai. Stress yang berlebihan bisa membuat keadaan rambut jadi kurang baik. Ini karena ketika sedang mengalami masalah emosional yang mendalam, telogen effluvium atau alopecia areata yang merupakan penyebab kerontokan bisa saja menjadi aktif. 

Itulah mengapa, ketika ingin menumbuhkan rambut secara alami, penting untuk mengelola stres dengan benar. Kamu bisa mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau melakukan hobi yang disukai untuk mengurangi tingkat stres.

10. Tidur yang Cukup

Selain stress, kurangnya waktu tidur juga bisa menjadi penyebab rambut tipis. Normalnya, orang dewasa memerlukan durasi sebanyak 7-8 jam untuk mengistirahatkan tubuh. Dengan begitu, fungsi organ tubuh bisa bekerja dengan lebih maksimal. Tapi, apa jadinya jika waktu tidurmu kurang? Tentu saja hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan, termasuk pula rambut kamu.

Dalam halnya menumbuhkan rambut secara alami, tidur diperlukan untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-sel rambut. Cara menumbuhkan rambut di jidat memang sederhana, tapi nggak semua orang bisa konsisten melakukannya. Tapi buat kamu yang nggak ingin punya permasalahan rambut rontok parah, sebaiknya pertimbangkan hal ini baik-baik. Jangan sampai kamu terlambat dan menyesalinya.

Well, itu tadi sejumlah tips mudah mengatasi rambut yang tipis tanpa perlu pergi ke salon sama sekali. Dengan menerapkan berbagai cara di atas secara rutin, yakinlah bahwa kamu pasti akan dapat mengatasi permasalahan rambut rontok parah yang nggak diinginkan. Bahkan, tips tersebut juga mampu bikin rambut yang tadinya tipis kembali lebat dan sehat berkilau. 

Ingat ua, konsistensi menjadi kunci utama dalam perawatan rambut. Jadi bersabarlah dan lakukan perawatan ini dengan benar dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga rambutmu bisa kembali sehat dan indah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.