Sukses

Begini Cara Pakai Lidah Buaya untuk Rambut Biar Lebih Sehat dan Terawat, Simak Baik-Baik Ya

Sederet cara pakai lidah buaya untuk rambut biar lebih sehat dan terawat. Apa saja, ya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara alami merawat rambut yang efektif dan bagus yaitu dengan memanfaatkan lidah buaya atau aloevera. Sayangnya, nggak banyak orang yang tahu bagaimana cara pakai lidah buaya untuk rambut. Padahal, bila mengetahui tips mengolah lidah buaya yang benar dan tepat, khasiat dari bahan alami ini bisa didapatkan dengan lebih maksimal.

For your information, lidah buaya merupakan spesies tanaman serbaguna yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Dikatakan serbaguna karena manfaat lidah buaya ini terbilang sangat banyak dan beragam, lho. Misalnya saja untuk dijadikan bahan konsumsi, menjaga kesehatan tubuh, hingga bikin kulit dan rambut jadi lebih sehat dan terawat. 

Yup, di dalam lidah buaya sendiri memang terkandung aneka macam nutrisi yang baik. Mulai dari vitamin A, C, E, hingga antioksidan yang bagus buat merawat kecantikan dan kesehatan rambut. Itulah mengapa, jika ingin mendapatkan rambut yang sehat berkilau dan bebas dari masalah, kamu wajib tahu apa saja cara pakai lidah buaya untuk rambut. 

Termasuk mengolahnya menjadi masker lidah buaya, ini dia sederet tips yang bisa dicoba untuk memanfaatkan lidah buaya. Apa saja sih?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pakai Lidah Buaya untuk Rambut

Tips mengolah lidah buaya agar bisa dimanfaatkan dalam rutinitas merawat dan menyehatkan rambut pada dasarnya gampang bangat. Asal ada bahan dasarnya, yaitu lidah buaya yang asli, maka kamu tinggal mengolahnya saja dengan cara atau metode yang sederhana dan juga praktis.

Salah satu cara mengolah bahan berkulit tebal ini adalah dengan menjadikannya masker lidah buaya. Selain metode ini, ada pula beberapa cara pakai lidah buaya untuk rambut yang simpel dan bisa dicoba langsung di rumah. Ini dia rekomendasinya.

1. Gunakan Langsung ke Kepala sebagai Masker Rambut

Cobalah untuk menggunakan langsung lendir lidah buaya ke seluruh batang rambut kamu. Ini merupakan cara membuat masker lidah buaya paling dasar dan bisa langsung dipraktikkan tanpa perlu tambahan bahan lainnya ataupun metode pembuatan yang ribet. 

Untuk mencoba masker lidah buaya ini, kamu bisa ambil saja lendir lidah buaya secukupnya (sesuaikan dengan seberapa lebat atau banyak rambut yang dipunya). Setelah itu, sisihkan ke wadah kecil yang bersih. Balurkan ke rambut hingga rata. Tunggu sekitar 10-20 menit dan bersihkan dengan sampo serta bilas menggunakan air. 

Sedikit catatan, ketika ingin membalurkan bahan satu ini ke kepala, ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan terlebih dahulu. Lalu, hati-hati pula agar lendir lidah buaya nggak mengenai kulit kepala terlalu banyak. 

Ini wajib dilakukan karena lendir dari lidah buaya yang asli dapat menyebabkan sensasi gatal ketika menyentuh kulit. Tapi, tenang saja, karena sensasi gatal ini disebabkan oleh senyawa aktif yang ada pada bahan tersebut, nggak berbahaya, dan efek sampingnya pun juga cepat menghilang. 

2. Jadikan Lidah Buaya Menjadi Gel

Selain menjadikannya sebagai masker lidah buaya, kamu juga bisa mengubah bahan alami satu ini menjadi gel lidah buaya yang berkhasiat. Sama seperti tips mengolah lidah buaya sebelumnya, cara ini pun juga gampang banget dan nggak makan waktu lama untuk membuatnya.

Untuk cara pakai lidah buaya untuk rambut dengan menjadikannya sebagai gel, kamu bisa membersihkan terlebih dulu bahan tersebut dari kulit, kotoran menempel, dan resin yang berwarna kuning (senyawa yang dapat menyebabkan iritasi). Setelah itu, ambil lendir lidah buaya dengan sendok dan masukkan ke dalam blender. 

Blender lendir lidah buaya hingga berbusa. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah tertutup yang bersih. Apabila ingin lebih awet, kamu dapat menambahkan vitamin A atau E ke dalam gel lidah buaya. Sudah deh, gel lidah buaya siap digunakan setiap 2-3 kali seminggu selama 15 menit per sekali pakai. 

3. Buat Minyak Lidah Buaya

Cara pakai lidah buaya untuk rambut bisa pula dilakukan dengan mengubahnya menjadi minyak lidah buaya. Tips mengolah lidah buaya ini dapat dipraktikkan dengan mencampurkan gel lidah buaya dan minyak kelapa. Lalu, masak campuran tersebut sampai mendidih dan residu berubah warna menjadi gelap. Biarkan minyak dingin, lalu saring minyaknya dan simpan dalam botol yang mudah digunakan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut dengan minyak ini pun mudah banget. Cukup tuangkan sedikit minyak ke atas kepala dan kemudian pijat secara perlahan hingga minyak meresap ke batang rambut. Biarkan selama satu jam sebelum mencucinya dengan sampo ringan.

4. Lidah Buaya dan Perasan Air Lemon

Cara pakai lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah dengan mencampurkan lidah buaya dan perasan air lemon. Tips mengolah lidah buaya bisa dilakukan dengan mencampurkan lendir lidah buaya yang bersih dan perasan air lemon. Setelah itu, aplikasikan ke rambut dan kulit kepala untuk membantu mengurangi ketombe serta mengatasi rambut yang berminyak. Lalu, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. 

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut seperti ini dapat diterapkan secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa menyesuaikan pemakaiannya kembali sesuai dengan kebutuhan yang dipunya. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Setelah mengetahui ragam cara menggunakan lidah buaya untuk rambut, kini saatnya kamu mengetahui apa saja manfaat lidah buaya yang bisa didapatkan. Apabila rajin mengikuti tips seperti di atas, ini dia deretan khasiat yang rambutmu bisa peroleh. 

1. Memberikan Kelembapan untuk Rambut

Manfaat lidah buaya yang pertama adalah mampu mengembalikan kelembapan rambut dan mencegahnya dari masalah rambut kering. Ya, lidah buaya pada dasarnya memiliki sifat pelembap alami yang sangat baik untuk rambut kering dan rusak. 

Di dalam gel lidah buaya, terkandung banyak air dan nutrisi yang dapat menembus batang rambut, serta memberikan hidrasi yang mendalam. Hal inilah yang kemudian mampu membuat rambut lembut dan bebas ketombe. 

Selain itu, rambut yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik pun nyatanya dapat membuatnya terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Dengan kata lain, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya untuk rambut beruban, terutama dalam mengatasi rambut putih dan sekaligus melindungi kepala dari paparan sinar UV matahari.

2. Menjadikan Rambut Berkilau

Bantu mengembalikan kilau alami rambut juga menjadi salah satu manfaat lidah buaya yang bisa didapatkan. Gel lidah buaya sendiri mengandung enzim yang membantu membersihkan folikel rambut dan batang rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Ini membuat rambut tampak lebih bersih dan berkilau, tanpa membuatnya berminyak. Nah, untuk manfaat satu ini, kamu bisa dapatkan dengan rajin memakai masker lidah buaya.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Buat yang memiliki permasalahan rambut tipis atau rontok, cobalah untuk menggunakan bahan alami satu ini. Perlu kamu ketahui bahwa salah satu manfaat lidah buaya ialah membantu merangsang pertumbuhan rambut. Di dalam lidah buaya sebenarnya terdapat enzim proteolitik yang amat kaya, yang berguna untuk membantu memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala.

Enzim ini juga merangsang folikel rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut yang sehat. Itulah mengapa tips mengatasi rambut rontok dan membuatnya menjadi lebih lebat dapat dilakukan dengan penggunaan rutin lidah buaya. Oiya, ini juga bisa menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut beruban juga, lho. Terutama dalam mengembalikan rambut-rambut yang rontok akibat pertambahan usia yang dialami.  

4. Menghilangkan Gatal dan Ketombe

Manfaat lidah buaya berikutnya adalah menghilangkan sensasi gatal yang terjadi di permukaan kulit kepala. Wajib diketahui bahwa kulit kepala yang gatal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kulit kepala kering, ketombe, atau kondisi kulit lainnya. 

Namun, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang memiliki sifat menenangkan dan dapat mengurangi gatal-gatal serta iritasi pada kulit kepala. Selain itu, pemakaian lidah buaya ini juga bisa memberikan efek pendinginan dan menyegarkan.

Di sisi lain, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang efektif dalam mengatasi ketombe. Ketombe sering kali disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau infeksi jamur. Tapi dengan memanfaatkan lidah buaya, kamu bisa dengan mudah mengatasi permasalahan kepala yang satu ini. Cukup rajin saja dalam pemakaiannya. Dengan begitu, rambut lembut dan bebas ketombe akan bisa kamu miliki. 

5. Mengurangi Minyak Berlebih Rambut

Jika memiliki permasalahan rambut berminyak parah dan lepek, mungkin gel lidah buaya atau masker lidah buaya bisa menjadi solusi jitunya. Ya, mengurangi minyak berlebih pada rambut sendiri merupakan salah satu manfaat lidah buaya yang patut kamu ketahui. 

Di dalam lidah buaya sebetulnya terdapat enzim dengan kemampuan pemecah lemak. Jika enzim ini bersentuhan dengan rambut, maka minyak alami yang berlebih tersebut akan hilang sehingga rambut nggak bakal mudah terlihat lepek lagi. 

6. Memperkuat Rambut Rontok

Adapun manfaat lidah buaya selanjutnya yaitu memperkuat batang rambut biar lebih kokoh dan nggak mudah rontok. Melakukan tips mengatasi rambut rontok pakai lidah buaya secara teratur nyatanya dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut. Sebab, di dalam lidah buaya mengandung ragam vitamin dan mineral yang mampu menutrisi dan memperkuat folikel rambut.  

Selain itu, sifat anti-inflamasi lidah buaya pun dapat membantu menenangkan kulit kepala yang meradang, yang sering menjadi penyebab kerontokan rambut. Itulah mengapa, kamu wajib menerapkan tips mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya. 

7. Bikin Rambut Lebih Mudah Ditata

Manfaat lidah buaya yang terakhir adalah membuat rambut jadi lebih mudah ditata atau dirapikan. Rambut yang sulit ditata sebenarnya dapat terjadi karena kondisinya yang sudah cukup rusak. Namun, dengan berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E yang ada di dalam gel lidah buaya, menjadikan bahan alami satu ini berfungsi sebagai antioksidan dan membantu memperbaiki sel-sel rambut yang rusak. 

Itu dia beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk rambut. Setelah mengetahui tips mengatasi rambut rontok serta ragam manfaat dari lidah buaya, nggak heran bila banyak yang menyebutkan tanaman satu ini sebagai bahan alami yang efektif dan serbaguna untuk perawatan rambut. 

Dengan berbagai manfaat mulai dari melembapkan, mengurangi ketombe, hingga meningkatkan pertumbuhan rambut, lidah buaya layak menjadi bagian dari rutinitas perawatan rambut kamu. Dengan penggunaan yang teratur, kamu pun pasti akan bisa menikmati rambut yang lebih sehat, kuat, dan cantik. Selamat mencoba, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini