Sukses

Mendiang Goo Hara Disebut Sebagai Saksi Kunci Atas Terbongkarnya Kasus Burning Sun

Mendiang Goo Hara Berperan Penting Atas Terbongkarnya Kasus Burning Sun.

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi yang melibatkan dunia hiburan Korea Selatan kembali menjadi sorotan publik dengan munculnya nama mendiang Goo Hara dalam penyelidikan kasus Burning Sun.

Goo Hara, yang merupakan mantan anggota girl group populer KARA, disebut-sebut sebagai tokoh utama dalam pengungkapan skandal besar yang mengguncang industri hiburan tersebut.

Kasus Burning Sun, yang mencuat pada awal 2019, mengungkap berbagai tuduhan serius mulai dari kekerasan, penggunaan narkoba, prostitusi hingga korupsi yang melibatkan sejumlah selebriti papan atas. 

Baru-baru ini BBC mengunggah film dokumenter atas kasus tersebut dengan judul "Burning Sun - Exposing the Secret K-pop Chat Group".

Film tersebut menceritakan tentang dua jurnalis asal Korea Selatan yang berusaha mengungkap lebih dalam mengenai kasus Burning Sun.

Menariknya, ternyata salah satu dari jurnalis tersebut, Kang Kyung Yoon menyebutkan bahwa ia dibantu oleh Goo Hara dalam menelusuri kasus ini. 

"'Reporter-nim, saya Hara' Saya ingat dengan jelas suaranya ketika dia berkata, "Saya benar-benar ingin membantu Anda,'" tutur Kang Kyung Yoon (19/5/2024).

Goo Hara menghubungi reporter Kang setelah mendengar bahwa sang reporter tengah mencari tahu mengenai informasi tentang polisi yang turut andil dalam kasus Burning Sun.

Goo Hara disebut dekat dengan Choi Jung Hoon yang berteman dekat dengan tersangka kasus Burning Sun, yaitu Seungri eks Bigbang dan Jung Joon Young.

Kedekatan Goo Hara dengan Choi Jung Hoon membuatnya sempat melihat hal-hal yang dianggap aneh dalam handphone milik Jung Hoon yang berada pada obrolan grup dengan Seungri dan Joon Young.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengungkap Identitas Polisi yang Terlibat

Mengetahui fakta bahwa Goo Hara dekat dengan salah satu orang yang dapat mengungkap kasus Burning Sun lebih jauh, reporter Kang mengatakan bahwa ia membutuhkan identitas dari sosok polisi yang terlibat.

"Dia bertanya padaku, 'bagaimana aku bisa membantumu?' Saya menjawab, 'saya butuh identitas dari polisi tersebut,'" ucap reporter Kang.

Goo Hara akhirnya mencoba untuk menelepon Choi Jung Hoon atas nama reporter Kang dan memintannya untuk memberi tahu identitas polisi tersebut.

Percakapan tersebut disaksikan langsung oleh saudara laki-laki Goo Hara, Goo Ho-In dimana ia mendengar Goo Hara meminta Choi Jung Hoon untuk memberi tahu reporter kang atas apa yang Jung Hoon ketahui mengenai identitas sang polisi.

Akhirnya, Choi Jung Hoon mengungkap identitas sang polisi yang diketahui bernama Yoon Gyung Eun. Reporter Kang juga berhasil untuk merekam percakapan Goo Hara dengan Choi Jung Hoon secara lengkap dan akhirnya mampu mengungkap kasus Burning Sun dalam dua artikel penting yang ia tulis kemudian.

3 dari 4 halaman

Goo Hara Juga Merupakan Seorang Korban

Salah satu motivasi dari Goo Hara untuk ikut andil membongkar skandal tersebut adalah karena ia juga merupakan seorang korban revenge porn yang dilakukan oleh mantan kekasihnya, Choi Jong Bum pada tahun 2018 lalu. 

Choi Jong Bum diketahui menyebarkan video intim mereka untuk mengakhiri karier Goo Hara. Sayangnya, Goo Hara malah mendapat banyak komentar negatif atas kasus tersebut disaat ia sebenarnya sedang membutuhkan banyak dukungan.

Sedangkan mantan kekasih Goo Hara akhirnya ditahan pada Agustus 2019. 

 

4 dari 4 halaman

Goo Hara Wanita Pemberani

Kasus ini diduga membuat sang idol depresi hingga sempat tak sadarkan diri pada Mei 2019 setelah mengunggah tulisan "Goodbye" pada akun Instagram pribadinya dan membuat sang manajer khawatir.

Saat itu Goo Hara diketahui memang sedang mengalami banyak kesedihan. Disamping kasus revenge porn oleh mantan kekasihnya, ia juga sangat terpukul atas kepergian sahabatnya, Sulli yang meninggal saat Goo Hara sedang berada di Jepang dan tak sempat menghadiri pemakamannya.

Hingga naas, Goo Hara memilih untuk mengakhiri hidupnya pada 24 November 2019 di rumahnya di kawasan Cheongam, Seoul, Korea Selatan.

Reporter Kang menyebut Goo Hara sebagai wanita pemberani atas aksinya dalam membantu mengungkap skandal Burning Sun, "Goo Hara-lah yang turun tangan dan memecahkan masalah. Dia adalah wanita yang luar biasa berani."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.