Sukses

Cara Merawat Rambut Rontok Nggak Boleh Sembarangan, Begini Tips Ampuhnya!

Kenali cara merawat rambut rontok yang tepat supaya bisa mengatasi masalah ini hingga ke akarnya. Simak tips perawatannya, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi, rambut rontok jadi salah satu masalah umum yang paling sering dialami, baik oleh perempuan maupun laki-laki. Nggak heran kalau cara merawat rambut rontok yang tepat jadi hal yang sering dicari. Jangan sepelekan masalah yang satu ini, karena rambut rontok bisa menyebabkan rambut menipis hingga kebotakan. Pastinya bisa bikin penampilan jadi kurang oke, kan?

Supaya tidak mengalami masalah rambut rontok yang berkepanjangan, yuk intip dulu berbagai tips perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Jangan sampai keliru ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan yang Sering Terjadi

Sebenarnya, rambut rontok itu merupakan hal yang wajar, lho. Faktanya, rambut seseorang akan mengalami kerontokan sebagai bagian dari regenerasi sel agar batang rambut tetap kuat dan sehat. Jadi, selama jumlahnya nggak berlebihan, kerontokan merupakan hal yang wajar.

Namun, saat jumlah kerontokan lebih dari 100 helai per harinya, hal ini harusnya bikin kamu waspada. Selain jumlahnya nggak wajar, kondisi ini biasanya juga diikuti dengan berbagai gejala lainnya, mulai dari kemunculannya diikuti oleh gejala kesehatan lain seperti stres. Ada pun beberapa alasan berikut yang bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan, saatnya waspada ya!

3 dari 14 halaman

1. Stres Fisik maupun Emosional

Stres terbagi atas dua macam, mulai dari yang sifatnya emosional seperti masalah finansial, kehilangan pekerjaan atau mengalami masalah lainnya hingga stres fisik seperti harus lembur setiap malam bisa menjadi pemicu rambut rontok. Kok bisa?

Saat mengalami stres, kondisi ini dapat mempengaruhi sistem imun seseorang. Seiring dengan pertahanan tubuh yang menjadi lemah, kondisi yang sama juga terjadi pada kulit kepala dan rambut yang memicu kerontokan.

2. Lemahnya Akar Rambut

Rambut yang mengalami kondisi rontok berlebihan juga bisa disebabkan oleh lemahnya akar rambut. Akar rambut sendiri memiliki fungsi untuk menyalurkan nutrisi dari tubuh ke seluruh batang rambut. Jika kondisinya lemah, akan membuat rambut jadi mudah rontok. Hal ini juga menjadi pertanda kalau rambut tidak dalam kondisi yang sehat sehingga membutuhkan perawatan khusus.

3. Perubahan Hormon

Kerontokan rambut juga bisa dipengaruhi oleh hormon. Rambut menjadi rapuh dan mudah rontok karena hormon yang nggak stabil. Pada perempuan, hormon estrogen punya pengaruh dalam menumbuhkan rambut lebih panjang. Sementara hormon androgen pada pria memperpendek fase pertumbuhan rambut. Dalam kondisi tertentu seperti hamil dan setelah melahirkan, perubahan hormon terjadi secara signifikan yang membuat kerontokan dalam jumlah besar.

4. Kekurangan Nutrisi

Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Kekurangan gizi bisa mempengaruhi kesehatan rambut, termasuk melemahkan kekuatan akar rambut.

Beberapa zat nutrisi penting yang berperan untuk menjaga rambut tetap sehat seperti vitamin B3, zat besi, seng, dan protein. Jika asupannya tidak terpenuhi, bisa mempengaruhi kerontokan rambut. Jadi, pastikan makanan sehari-hari yang dikonsumsi mengandung zat nutrisi tersebut ya.

4 dari 14 halaman

Cara Merawat Rambut Rontok yang Bisa Dilakukan di Rumah

Rambut yang mengalami kerontokan berlebihan membutuhkan perawatan khusus untuk mengembalikan kondisinya. Beberapa kebiasaan ini bisa mulai dilakukan untuk memulihkan kesehatan rambut agar lebih kuat dan indah. Apa saja?

1. Gunakan Shampo Khusus Rambut Rontok

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan sebagai bagian dari cara merawat rambut rontok adalah memilih produk shampo yang tepat. Bukan hanya sekadar membersihkan rambut, shampo juga berperan untuk menutrisi kulit kepala dan rambut yang membantu menjaga kesehatannya.

Nah, supaya bisa menemukan shampo yang tepat untuk rambut rontok, kenali kandungan apa saja yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Ada beberapa rekomendasi kandungan shampo yang disarankan. Misalnya yang memiliki kandungan ginseng, karena kaya senyawa yang membantu merangsang pertumbuhan rambut baru, meningkatkan sirkulasi kulit kepala, dan menguatkan akar rambut.

Bahan lain adalah jahe yang juga memiliki kandungan antioksidan tinggi dan bersifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kulit kepala dan rambut. Kandungan asam amino juga berperan untuk proses pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

5 dari 14 halaman

2. Jangan Lewatkan Kondisioner

Kondisioner juga diperlukan untuk merawat rambut yang mengalami kerontokan parah. Secara umum, rambut yang kehilangan nutrisi nggak hanya mudah rontok, tapi juga rentan mengalami patah. Nah, penting untuk melakukan perawatan rambut menggunakan kondisioner yang dapat memberikan nutrisi yang diperlukan untuk mencegah rontok dan patah.

Gunakan kondisioner setiap kali keramas yang berperan penting untuk menambah asupan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, perlu diingat sebaiknya gunakan kondisioner hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut saja. Jangan mengenai bagian kulit kepala supaya tidak menyebabkan rambut dan kulit kepala berminyak.

6 dari 14 halaman

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Buat yang punya banyak aktivitas di luar rumah, keramas setiap hari sering jadi pilihan untuk menjaga kebersihan rambut. Terutama di tengah cuaca panas dan berkeringat, keramas bisa terasa menyegarkan. Tapi, sebaiknya hindari keramas setiap hari ya!

Jika ingin menerapkan cara merawat rambut rontok dengan tepat, sebaiknya mulai kurangi frekuensi keramas. Soalnya kandungan zat pembersih di dalam shampo bisa membuat kulit kepala kering jika digunakan secara berlebihan. Akibatnya, rambut jadi semakin banyak yang mengalami kerontokan. Disarankan untuk membuat jadwal keramas sewajarnya saja, misalnya 2-3 kali sehari.

7 dari 14 halaman

4. Hindari Keramas dengan Air Panas

Keramas dan mandi dengan air panas memang bisa memberikan sensasi yang menyenangkan, terlebih setelah melakukan berbagai aktivitas padat. Sayangnya, hal ini sangat tidak disarankan karena bisa bikin rambut rontok makin parah.

Cara merawat rambut rontok yang benar juga perlu memperhatikan suhu air saat keramas. Air yang terlalu panas bisa bikin kulit kepala dan rambut jadi kering, yang kemudian memicu akar rambut melemah dan mengalami kerontokan parah. Selain itu, warna rambut juga bisa jadi tampak kusam, lho.

8 dari 14 halaman

5. Batasi Penggunaan Alat Hair Styling Tools yang Panas

Pemakaian hair styling tools memang sering jadi alternatif untuk membuat rambut tampak cantik secara instan. Sayangnya, hal ini menimbulkan risiko kerusakan rambut. Pasalnya, suhu yang panas dari alat penataan rambut ini bisa membuat kulit kepala kering sekaligus melemahkan akar rambut.

Selain itu, batang rambut yang terlalu sering dicatok atau menggunakan hair dryer juga berisiko jadi lebih tipis serta mudah patah. Disarankan untuk menghindari kebiasaan penataan rambut ini atau gunakan heat protectant untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi.

9 dari 14 halaman

6. Hindari Menggosok Rambut Basah dengan Handuk

Setelah keramas, biasanya kamu pasti akan mengeringkan rambut dengan bantuan handuk. Namun, perlu berhati-hati banget dalam memperlakukan rambut yang masih basah ya! Sebaiknya hindari menggosok rambut dengan handuk karena bisa membuatnya jadi mudah rontok dan patah.

Sebaiknya tepuk-tepuk rambut dengan lembut menggunakan handuk untuk mengurangi kadar air di dalamnya. Disarankan juga untuk memilih jenis handuk microfiber yang lembut, sehingga meminimalisir pergesekan yang mungkin terjadi.

10 dari 14 halaman

7. Hati-hati Saat Menyisir Rambut

Cara merawat rambut rontok yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pastikan selalu hati-hati saat menyisir rambut. Pasalnya, rambut rontok berada dalam kondisi yang sangat rentan saat tertarik. Jadi, jika asal menyisir rambut, bisa memicu kerontokan rambut yang lebih parah.

Selain itu, hindari juga menyisir rambut dalam kondisi basah. Kandungan air di dalam rambut bisa bikin rambut lebih mudah rontok. Disarankan menggunakan wet brush, yaitu sisir yang khusus dirancang untuk merapikan rambut yang basah.

11 dari 14 halaman

8. Perawatan dengan Masker Rambut Green Tea

Green tea atau yang dikenal juga dengan sebutan teh hijau dikenal kaya kandungan flavonoid, senyawa antioksidan yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Khusus untuk kulit kepala, flavonoid bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara signifikan, sehingga membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut.

Untuk membuat masker dari green tea atau bubuk teh hijau gampang banget. Siapkan 1 kuning telur dan campurkan dengan 2 sendok bubuk teh hijau. Campur semua bahan hingga merata dan membentuk tekstur creamy. Gunakan sebagai masker di area kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15-20 menit, keramas hingga bersih.

12 dari 14 halaman

9. Aplikasikan Masker Yoghurt

Lewat sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, produk olahan susu seperti yoghurt bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami yang berperan untuk membuat rambut lebih panjang dan mengurangi kerusakan rambut. Selain itu, yoghurt juga dapat berperan sebagai kondisioner yang meningkatkan warna rambut.

Nah, kamu bisa mencoba hair mask alami dengan yoghurt yang gampang banget dibuat, lho. Ikuti beberapa langkah praktis ini. Siapkan 1 sdm yoghurt yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm madu. Aduk hingga rata, gunakan masker tersebut secara merata di rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10 menit dan keramas seperti biasa.

13 dari 14 halaman

10. Jaga Asupan Nutrisi

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, salah satu penyebab rambut rontok adalah karena asupan nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik. Jadi, penting untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jangan hanya makan asal kenyang, tapi perhatikan juga kandungan zat gizi seperti omega 3 yang terbukti mengurangi kerontokan.

Selain itu, penuhi juga nutrisi rambut lewat vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, B, C, E, biotin, hingga zinc yang menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Jadi, pastikan makanan sehari-hari yang dikonsumsi bergizi seimbang untuk menjaga kekuatan rambut ya!

14 dari 14 halaman

11. Gunakan Vitamin Rambut

Maksimalkan cara merawat rambut rontok yang kamu lakukan di rumah dengan vitamin rambut. Produk hair care yang satu ini sangat penting untuk melindungi rambut dari efek kerusakan, termasuk kerontokan yang bisa menyerang.

Pastikan produk vitamin rambut yang digunakan mengandung serangkaian bahan alami yang dapat meningkatkan kesehatan rambut. Misalnya saja argan oil yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan merangsang pertumbuhan rambut. Bahan alami ini juga menjaga kelembapan rambut dengan maksimal sehingga meminimalisir risiko rambut patah dan rontok.

Dengan memahami cara merawat rambut rontok yang tepat, kamu bisa memberikan perawatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan rambut. Saatnya ucapkan selamat tinggal pada rambut rontok yuk!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini