Sukses

Sederet Cara untuk Bantu Tingkatkan Energi di Kala Malas Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga seharusnya jadi kegiatan yang rutin dilakukan sehari-hari demi mencapai tubuh yang aktif dan sehat. Namun tak dapat dimungkiri, rasa malas sangat mungkin untuk ikut menghampiri.

Terdapat banyak alasan mengapa Anda mungkin merasa ngantuk, tidak termotivasi, malas, atau tidak berenergi sebelum berolahraga. Tetapi kabar baiknya, ada banyak cara juga untuk meningkatkan energi di kala tubuh masa untuk berolahraga.

"Jika Anda menemukan bahwa energi cenderung memudar sebelum berolahraga, Anda tidak sendirian. Itu sebenarnya salah satu alasan paling umum mengapa orang tidak berolahraga," ujar fitness trainer, Kari Pearce mengutip Bustle, Rabu (14/9/2022).

"Orang sering merasa lelah dan berpikir bahwa olahraga akan lebih menguras energi mereka. Padahal kebalikannya, olahraga sebenarnya dapat meningkatkan energi Anda," tambahnya.

Sulit rasanya membayangkan diri Anda turun dari tempat tidur untuk lari pagi atau masuk ke tempat gym dalam perjalanan pulang kerja. Selalu lebih mudah untuk tetap di tempat tidur atau terus mengemudi pulang.

Tetapi jika Anda berjanji pada diri sendiri bahwa Anda akan berolahraga, dan tahu Anda akan bersenang-senang begitu memulainya, saat itulah Anda mungkin ingin mencari cara untuk memberi sedikit semangat pada langkah tersebut.

Lalu, apakah cara yang bisa dilakukan agar semangat berolahraga? Berikut beberapa diantaranya.

Isi Perut Dua atau Tiga Jam Sebelum Olahraga

"Makan dua hingga tiga jam sebelum Anda berencana untuk pergi ke gym adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari kehabisan energi," kata ahli diet, Christina Jax.

Jax menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein. Hal tersebut lantaran karbohidrat dapat meningkatkan energi dan protein akan menjadi bahan bakar untuk otot-otot Anda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Belum Berenergi? Makan Camilan Sehat 30 Menit Sebelumnya

Jika Anda masih merasa belum berenergi, maka ambilan camilan yang sehat 30 menit sebelum memulai olahraga. Anda bisa memilih pisang dengan sedikit olesan selai kacang di atasnya.

"Ini adalah camilan yang sempurna karena karbohidratnya mudah dicerna dengan sedikit protein. Kuncinya adalah memilih karbohidrat yang menyebabkan peningkatan cepat untuk glukosa, yang dapat meningkatkan energi," kata Jax.

Hidrasi Tubuh, Minum Air yang Cukup

Dehidrasi adalah penyebab rendahnya energi. Jadi ingatlah untuk minum banyak air sepanjang hari, dan tidak hanya saat Anda hendak ke gym atau berolahraga.

"Jangan menunggu sampai satu jam sebelum berolahraga untuk mulai minum air putih. Minum air yang cukup dapat membantu menstabilkan tingkat energi Anda,” ujar ahli gizi sekaligus pendiri Healthful Lane Nutrition, Amanda Lane.

Mengonsumsi minuman elektrolit juga bisa dijadikan pilihan jika hendak berolahraga. Hal tersebut dikarenakan perasaan lelah dan lesu mungkin akan hilang jika Anda sudah cukup terhidrasi. 

3 dari 4 halaman

Sempatkan Tidur Siang

Kari mengungkapkan bahwa kekurangan tidur yang berkualitas juga dapat meredam energi. Maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memprioritaskan waktu istirahat yang baik setiap malamnya.

"Power nap dapat bekerja dalam keadaan darurat. Cobalah tidur siang sekitar 20 menit dan Anda akan merasa sudah cukup beristirahat dan cukup berenergi untuk olahraga," kata Kari.

Ubah Jadwal Olahraga

Nah, jika Anda selalu merasa lelah untuk berolahraga di penghujung hari, maka cobalah mengubah jadwal tersebut. Anda bisa memilih waktu terbaik sesuai dengan kenyamanan tubuh Anda.

"Pilih waktu ketika Anda dapat memberikan upaya terbaik Anda selama olahraga. Banyak orang menemukan bahwa mereka memiliki lebih banyak energi untuk berolahraga di pagi hari dibandingkan menunggu sampai setelah bekerja," ujar pelatih kebugaran AFAA dan pendiri Workout With Mom, Alayna Curry.

4 dari 4 halaman

Upayakan Suasana Hati yang Baik

Jika Anda bersemangat secara fisik untuk berolahraga, akan sulit untuk mendorong itu secara mental ketika Anda tidak dalam suasana hati yang baik. Maka itu, penting untuk menemukan sedikit cara untuk tetap bersemangat.

"Misalnya dengan mendengarkan lagu favorit Anda dalam perjalanan menuju tempat gym atau menggunakan baju olahraga kesukaan Anda," kata Amanda.

Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih jenis olahraga yang menarik bagi Anda. Jika Anda tidak ingin untuk melakukan treadmill, maka jangan lakukan itu. Anda dapat memilih jenis olahraga lainnya seperti berjalan, naik sepeda, yoga, atau mengikuti kelas zumba.

"Semakin bersemangat Anda menggerakkan tubuh, semakin banyak energi yang Anda miliki," kata Amanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.