Sukses

Kemenkes Dorong Pemanfaatan Farmasi Hijau untuk Pengobatan Ramah Lingkungan

Obat herbal memiliki hubungan erat dengan masyarakat Indonesia sejak dulu. Ini tergolong dalam green pharmacy yang merupakan bagian dari pengobatan tradisional dan komplementer.

Liputan6.com, Jakarta Obat herbal memiliki hubungan erat dengan masyarakat Indonesia sejak dulu. Ini tergolong dalam green pharmacy atau farmasi hijau yang merupakan bagian dari pengobatan tradisional dan komplementer.

Obat herbal merupakan sumber daya kesehatan yang penting tapi sering diremehkan.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia, Apt, M.Pharm, MARS mengatakan, obat herbal memiliki manfaat dalam banyak aplikasi. Terutama dalam pencegahan dan pengelolaan gaya hidup terhadap penyakit kronis dan dalam memenuhi kebutuhan kesehatan populasi yang menua.

Ia menambahkan, obat herbal menjadi fokus para peneliti dan industri di dunia termasuk negara-negara G20.

Saat ini, semakin banyak negara yang mengakui peran jamu dalam sistem kesehatan nasional mereka. Di Cina, penggunaan obat herbal sudah mapan untuk tujuan kesehatan.

“Di Jepang, 50-70 persen jamu telah diresepkan. Sementara itu, Kantor Regional WHO untuk Amerika (AMOR/PAHO) melaporkan bahwa 71 persen penduduk Chili dan 40 persen penduduk Kolombia menggunakan obat tradisional,” kata Lucia dalam T20 Indonesia Summit Parallel Session 3D: Green Pharmacy’s Role in Supporting Global Health Architecture yang ditayangkan secara daring Selasa (6/9/2022).

Bahkan di beberapa negara maju, obat herbal sangat populer. Penggunaan jamu oleh penduduk di Perancis mencapai 49 persen, Kanada 70 persen, Inggris 40 persen, dan Amerika Serikat 42 persen.

Meski begitu, masih terdapat beberapa tantangan terkait penggunaan obat tradisional. Seperti kurangnya penelitian karena sulitnya dukungan keuangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Indonesia

Tantangan berikutnya adalah kurangnya kemauan politik dan kapasitas untuk memantau keamanan produk obat tradisional. Sistem informasi dan analisis serta integrasi obat tradisional ke dalam sistem kesehatan juga masih kurang.

“Hal ini seharusnya tidak memperlambat potensi produk herbal, kita harus melihat ini sebagai peluang. Indonesia dengan sekitar 143 hektar hutan tropis, dengan 28.000 spesies tumbuhan, 32 ribu bahan telah dimanfaatkan.”

“Indonesia dengan 217 juta penduduk tetap menjadi pemain utama baru untuk farmasi hijau dengan produk jamu.”

Untuk mencapai itu, Kementerian Kesehatan mulai menerapkan transformasi sistem kesehatan dengan 6 pilar.

Ketahanan sektor farmasi merupakan bagian dari transformasi ini. Agenda transformasi ini mencerminkan dukungan Kementerian Kesehatan dalam pengembangan dan pemanfaatan jamu di bidang kesehatan.

“Di lokasi pengembangan, kami mendorong penelitian, pengembangan, hingga penanganan dan pemanenan bahan baku untuk memastikan standar kualitas dalam produksi.”

“Kami menyelaraskan upaya untuk mendukung UKM untuk mengembangkan bisnis dan pasar mereka. Di situs permintaan, kami menyediakan Formularium Fitofarmaka yang diluncurkan pada semester pertama tahun ini.”

3 dari 4 halaman

Dorong Green Pharmacy

Lucia percaya tindakan ini akan membawa pemanfaatan green pharmacy dan memberikan keberlanjutan dalam pengaturan perawatan kesehatan.

Menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk merupakan bagian dari visi SDGs dan tetap menjadi agenda Kementerian Kesehatan, tambahnya.

Hal ini juga sejalan dengan visi Presiden untuk menciptakan masyarakat yang sehat, produktif, dan mandiri. Untuk itu, harus ada lebih banyak tindakan kolaboratif antar pemangku kepentingan untuk meningkatkan ketahanan kesehatan kita.

“Saya menggarisbawahi bagian penting dari green pharmacy dan mendorong semua peserta untuk memberikan rekomendasi berkelanjutan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan dalam mengoptimalkan peran green pharmacy dalam mendukung arsitektur kesehatan global.”

Dalam kesempatan yang sama, Director of Research & Business Development Dexa Group Dr. Raymond Tjandrawinata turut mendukung pengembangan green pharmacy.

Menurutnya, ketika melihat green pharmacy, maka siapapun perlu melihat pada perspektif lingkungan dan ekologi.

“Obat-obatan kimia sangat berharga bagi kita, bahkan seperti yang disebutkan dalam banyak penelitian itu memperpanjang hidup, menurunkan angka kematian, meningkatkan kelangsungan hidup pasien,” kata Raymond dalam kesempatan yang sama.

4 dari 4 halaman

Dampak Obat Kimia

Jadi, lanjutnya, produk kimia memang memiliki dampak besar. Berbagai pengobatan yang dilakukan di Indonesia saat ini sebetulnya berbasis obat-obatan kimia.

“Sekarang perlu diingat bahwa ada juga beberapa excess baggage atau dampak dari obat-obatan kimia. Misalnya mulai dari R&D Manufaktur, distribusi, konsumsi, bahkan hingga pengelolaan limbah, obat-obatan jenis ini memiliki beberapa dampak terhadap lingkungan.”

“Apa jenis dampak yang mereka miliki? Salah satunya, ada beberapa penelitian yang menemukan serapan obat-obatan dari makanan. Kedua, produk obat-obatan kimia dapat berada di air minum akibat pencucian ke air tanah.”

Jadi pengelolaan air limbah yang baik amat penting, sehingga paparan manusia terhadap obat-obatan bisa lebih rendah. Itulah gagasan tentang bagaimana obat-obatan sebenarnya tidak hanya dapat meningkatkan kelangsungan hidup manusia tetapi juga mengurangi paparan manusia dari limbah.

Contohnya, Indonesia memiliki parasetamol, obat yang digunakan di Indonesia mencemari air di Teluk Jakarta. Ini yang perlu diperhatikan, bahwa farmasi memang sangat bermanfaat, tetapi juga mencemari lingkungan karena produksi dan konsumsinya.

“Ingatlah bahwa ekologi adalah sesuatu yang perlu kita jaga. Kita harus memastikan bahwa limbah farmasi kita tidak mencemari lingkungan. Untuk itu, kita perlu banyak memberikan perhatian dan edukasi kepada masyarakat yang tujuannya adalah kelestarian lingkungan.”

“Kita perlu mengembangkan program, dan mengajarkan orang tentang lingkungan untuk mempengaruhi keyakinan dan nilai-nilai manusia.”

Sekarang gencar dibicarakan tentang green pharmacy. Ini adalah alternatif yang sangat baik untuk sebuah negara, kata Raymond.

“Karena green pharmacy berasal dari bumi, kita harus kembali ke bumi. Tidak hanya meningkatkan kesehatan dan gaya hidup masyarakat, tetapi juga meningkatkan keramahan lingkungan.”

“Misalnya, mengurangi emisi NO dan meningkatkan bahan organik, menyesuaikan pH tanah, dan meningkatkan retensi air dan kapasitas menahan. Ketika kita mengembangkan apotek, kita perlu memastikan produk kimia diturunkan dengan lebih banyak green pharmacy,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.