Sukses

Buah Manis Kegigihan, Cita-Cita Kang Tae Oh Saat SD Sudah Terwujud

Liputan6.com, Jakarta Nama Kang Tae Oh melejit usai menjadi aktor utama dalam drama Korea Extraordinary Attorney Woo. Akting apik plus chemistry manis dengan aktris Park Eun Bin membuat namanya kerap dicari di mesin pencarian.

Sebenarnya, sudah banyak drama yang melibatkan Kang Tae Oh. Namun, perannya sebagai Lee Jun Hoo dalam Extraordinary Attorney Woo yang membuat nama pria 28 tahun melejit.

Sebut saja drama berlatar kerajaan di zaman Joseon, The Tale of Nokdu. Lalu, ada Run On dan A Moment of Romance.

Dengan pencapaian yang ada, cita-cita masa kecil Tae Oh tergapai.  Kang Tae Oh sudah tahu betul apa cita-citanya saat duduk di Sekolah Dasar (SD).

Pria berzodiak Gemini kelahiran 1994 ini tak mau jadi guru atau dokter atau pilot. Kang Tae Oh kecil bercita-cita jadi aktor.

"Aku tidak pernah memikirkan (cita-cita) lain. Aku sudah memutuskan menjadi aktor sejak aku duduk di SD," kata Tae Oh dalam wawancara di Marie Claire pada 2019.

Lalu, apakah ia ingin jadi aktor untuk populer? Tae Oh mengatakan tidak. Ia bercita-cita menjadi aktor karena menyukai hal tersebut. Ia memilih terus menjadi aktor daripada hanya jadi publik figur yang terkenal.

"Aku ingin menjadi aktor yang 'tinggal' bersama dengan penonton," katanya lagi.

 

2 dari 4 halaman

Kuliah Jurusan Film

Guna mendukung dirinya meraih cita-cita, saat kuliah di Konkuk University, Tae Oh mengambil jurusan Film.Ada banyak aktor yang alumni universitas swasta di Korea ini memang. Sebut saja Lee Min Ho, Lee Jong-suk, Lee Min Ki hingga Lee Hyeri.

Pada 2013, Kang Tae Oh pertama kali debut akting dalam web drama After School: Lucky or Not pada 2013. Ia memerankan peran penting sebagai Kang Tae Poong di sini.

Selain drama televisi, ia juga memainkan beberapa peran cameo dalam film dan juga film pendek berjudul Wake Up.

 

3 dari 4 halaman

Setiap Peran Tak Mudah

Nyaris sudah 10 tahun kiprah Kang Tae Oh sebagai aktor. Namun hal itu tak membuatnya berpuas diri. Ia merasa selalu harus belajar dari peran yang ia mainkan.

Saat berperan sebagai Lee Jun-ho di Extraordinary Attorney Woo, ia mengatakan tidak mudah. Ada banyak gestur-gestur kecil yang harus diperhatikan dalam drama Korea tentang pengacara autis pertama di Korea itu.

"Lewat tatapan dan reaksi-reaksi, aku harus bisa berakting untuk mengekspresikan pikiran dan dukungan terhadap Yong Woo (diperankan Park Eun Bin)," katanya

"Aku bekerja keras mempersiapkan akting ini, aku berusaha untuk memberikan ekspresi."

Meski bukan aktor baru, Tae Oh merasa harus terus belajar banyak dari orang-orang di sekitarnya. Ia ingin menyerap hal-hal baik dari para aktor lain dan sutradara di tempantnya berakting.

Ia juga sadar bahwa dirinya memerankan peran utama dalam drama Korea yang ditayangkan di ENA dan juga Netflix, tapi baginya semua peran sama penting.

"Terlepas dari seberapa besar peranku, aku merasa beban dan tanggung jawab yang sama," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Berdiskusi dengan Lawan Main

Pria dengan tinggi 179 cm itu juga mengungkapkan diskusi dengan para aktor lain dan sutradara merupakan proses penting dalam proses produksi.

"Di lokasi syuting, aku selalu mencoba berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Menemukan solusi melalui diskusi dengan sutradara atau lawan main. Itu sangat berarati," kata Tae Oh dalam peluncuran drama terbarunya itu