Sukses

Kasus Omicron RI Kian Naik, Pemerintah Minta Vaksinasi COVID-19 Disegerakan

Intervensi vaksinasi jadi salah satu upaya menghadapi Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Menyikapi peningkatan kasus Omicron di Indonesia, Pemerintah meminta masyarakat menyegerakan vaksinasi COVID-19. Organisiasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, vaksin masih menjadi senjata ampuh mencegah dan melawan COVID-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengatakan, upaya intervensi vaksinasi COVID-19 juga diiringi dengan kepatuhan 3M (pakai masker, mencuci tangan, jaga jarak), 3T (testing, tracing, treatment), dan sirkulasi udara yang baik.

“Terbukti, vaksinasi berperan penting agar terhindar dari gejala sakit berat saat terinfeksi virus COVID-19,, termasuk Omicron,” kata Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 10 Januari 2022 malam.

Seluruh bangsa telah bekerja keras menjalankan akselerasi vaksin COVID-19 dan vaksinasi masih terus berlangsung. Dalam menghadapi Omicron, Pemerintah juga kembali menekankan, masyarakat tidak perlu panik, namun tetap waspada.

"Sebagai tindak kewaspadaan, masyarakat diminta melakukan upaya intervensi, seperti vaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan, terlebih karena bertambahnya kasus transmisi lokal varian ini," lanjut Plate.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Perhatikan Kasus Transmisi Lokal

Jumlah kasus konfirmasi Omicron di Tanah Air terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 8 Januari 2022, ada penambahan 75 kasus, sehingga total jumlah kasus Omicron sebanyak 414 orang.

Angka total ini terdiri atas 136 kasus terdeteksi pada Desember 2021 dan 278 kasus konfirmasi pada awal tahun 2022 (1-8 Januari 2022).

“Data menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kasus Omicron di Indonesia berlangsung cepat,” tandas Johnny G. Plate.

Setiap pihak juga perlu memerhatikan pertambahan jumlah kasus transmisi lokal varian Omicron yang ada.

“Dari 414 orang, mayoritas memang pelaku perjalanan luar negeri, namun 31 di antaranya, merupakan kasus transmisi lokal. Ini berarti proses penularan sudah terjadi di tengah masyarakat," terang Menkominfo Plate.

"Artinya, meski tidak ke mana-mana, kita tetap berisiko tertular. Jadi, upaya intervensi, seperti vaksinasi harus tetap dilakukan."

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Daerah Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.