Sukses

Stok Bertambah, 2,2 Juta Vaksin Pfizer Donasi COVAX Tiba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menerima vaksin Pfizer sebanyak 2.288.520 dosis, yang merupakan donasi melalui COVAX Facility. Kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dalam dua tahap, yakni tahap ke 160 dan 161.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong menjelaskan, vaksin Pfizer tahap ke 160 tiba di Tanah Air pada Rabu, 15 Desember 2021 pukul 22.15 WIB dan tahap ke 161 tiba pada Kamis, 16 Desember 2021 pukul 22.15 WIB.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kedatangan vaksin Pfizer yang berasal dari hibah melalui COVAX," ujar Usman melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat, 17 Desember 2021.

Menurut Usman, kerja sama antar negara-negara di dunia sangat penting dalam upaya penanganan COVID-19 yang telah memakan sangat banyak korban jiwa.

Indonesia berperan aktif untuk menyetarakan akses vaksin COVID-19 bagi negara-negara di dunia. Vaksinasi adalah salah satu kunci untuk melindungi diri dan bangsa dari ancaman COVID-19.

"Tercapainya herd immunity di Indonesia bisa meningkatkan kemampuan bangsa kita untuk segera keluar dari pandemi yang telah berlangsung nyaris dua tahun ini," lanjut Usman.

"Program vaksinasi sudah berlangsung hampir setahun, dan kita telah berada di jalur yang tepat dengan terus mengamankan stok vaksin untuk kebutuhan penduduk Indonesia."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1 Juta Vaksin AstraZeneca dari Australia

Sebelumnya, Indonesia menerima vaksin AstraZeneca donasi pemerintah Australia kembali tiba di Tanah Air pada Rabu, 15 Desember 2021 dalam kedatangan tahap ke 159. Kali ini, jumlah vaksin yang tiba berjumlah 1.095.000 dosis dosis vaksin jadi.

"Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Australia atas kedatangan vaksin ini," ujar Usman Kansong melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Rabu (15/12/2021).

Indonesia juga telah menerima donasi vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Australia .Di antaranya masing-masing 1,2 juta vaksin pada Rabu, 20 Oktober 2021 dan Kamis 11 November 2021 lalu.

"Ini sekaligus menunjukkan dekat dan eratnya hubungan kedua negara tetangga ini, termasuk upaya penanganan pandemi," lanjut Usman.

3 dari 3 halaman

Infografis Pasien Positif dan Kontak Erat Covid-19 Berkeliaran di Ruang Publik

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS