Sukses

Kasus COVID-19 Naik Sedikit, 19 Kabupaten/Kota Dimonitor Ketat

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa secara umum kondisi pandemi COVID-19 di seluruh kabupaten/kota baik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa secara umum kondisi pandemi COVID-19 di seluruh kabupaten/kota baik. Masyarakat diminta tidak perlu khawatir meski begitu ada 19 provinsi yang dalam dua minggu terakhir ada sedikit kenaikan.

"Jadi, ada 19 kota/kabupaten yang kita monitor secara ketat, surveilans secara ketat karena ada kenaikan kasus konfirmasi dalam dua minggu," kata Budi saat update PPKM pada Senin (22/11/2022).

Monitor ketat terhadap wilayah tersebut dilakukan agar pemerintah tidak terlambat bila ada kenaikan kasus yang lebih tinggi.

Melihat adanya peningkatan kasus, perlu dievaluasi hal apa yang perlu diperbaiki agar kasus terkendali. Berdasarkan pemantauan, kota dan kabupaten yang alami peningkatan kasus ada kelemahanan dalam tracing dan testing.

"Kita mengimbau pimpinan daerah agar meningkatkan dan menjaga disiplin tracing dan testing. Ini sangat penting mencegah gelombang baru," kata Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fak-Fak dan Purbalingga Masuk dalam 19 Kabupaten/Kota

Budi menjelaskan bahwa dalam empat minggu berturut-turut terjadi kenaikan kasus konfirmasi walau dalam jumlah sedikit di Fak-Fak dan Purbalingga. Meski ada kenaikan sedikit, positivity rate masih rendah dan tingkat keterisian rumah sakit juga masih rendah.

Lalu, Lampung Utara dalam tiga minggu terakhir ini mengalami kenaikan kasus.  Sisanya ada 16 kabupaten/kota yang alami peningkatan kasus dalam dua minggu terakhir.

3 dari 3 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.